0 Persibo vs Persiba 2 : Kalah dan Kehilangan Varney

Persibo Bojonegoro mengalami kerugian besar saat menjamu tamunya Persiba Bantul di Stadion Wilis Madiun. Selain kalah dengan skor 0-2 juga gagal memanfaatkan peluang untuk kembali menduduki puncak klasemen sementara.

Tak hanya itu dalam pertandingan selanjutnya Persibo juga harus kehilangan Varney Pas Boakay yang terkena kartu merah setelah dua kali mendapatkan kartu kuning dari Wasit Iis Permana. Dengan demikian Persibo Bojonegoro semakin terpuruk di papan tengah klasemen sementara sementara Varney tidak bisa dimainkan dalam pertandingan selanjutnya.

“Meski berstatus tuan rumah namun kita dikerjai habis-habisan oleh Wasit,” kata asisten manajer Persibo Bojonegoro bidang teknis Imam Sardjono kepada radar Bojonegoro. Menurutnya kepemimpinan wasit dalam pertandingan kemarin tidak lagi berat sebelah namun sudah memihak tim tamu.

Betapa tidak sepanjang pertandingan kemarin berkali-kali keputusan wasit merugikan tim tuan rumah. Berkali-kali pula serangan yang dibangun Persibo harus diakhiri dengan peluit wasit tanda offside. Belum lagi pelanggaran yang selalu diberikan kepada Persibo meski yang melanggar adalah tim tamu. Meski sudah beberepa kali pemain maupun ofisial protes namun hal tersebut tak dihiraukan oleh wasit “Untuk lemparan ke dalam yang sepele saja wasit sudah tidak adil saya tidak bisa berkoemntar lagi semua tahu apa yang terjadi dilapangan,” tegasnya

Bermain dengan full team di Stadion Wilis Madiun Persibo Bojonegoro seperti kehilangan naluri bermain. Sempat mendapatkan peluang melalui tendangan bebas sekitar 5 meter dari kotak penalti setelah I Nyoman Adnyana dijatuhkan oleh pemain belakang persiba bantul. Saat itu eksekusi tendangan bebas yang dilakukan Iswandi Da’i melewati pagar manusia dan mengarah keras ke gawang Persiba Bantul. Namun Arisoma penjaga gawang persiba berhasil membloknya. Varney yang berusaha menyambar bola muntah tersebut gagal memaksimalkan peluang menjadi gol setelah tendangannya yang tinggal berhadapan dengan kiper melenceng di sisi kiri gawang lawan.

Sementara peluang yang dimiliki oleh Persiba saat Asep Gunawan menerima umpan dari Kahudi berdiri bebas di kotak penalti. Namun sayang tendangan Asep yang berdiri bebas melenceng disisi kanan gawang Hery Prasetyo.

Meski pertandingan kedua tim berjalan secara cepat menarik namun sampai dengan berakhirnya babak pertama kedudukan imbang tanpa gol bertahan.

Memasuki babak kedua pelan tapi pasti Persibo Bojonegoro menguasai jalannya pertandingan. Namun meski demikian keputusan wasit selalu tidak berpihak kepada tim kebanggan kota ledre. Bahkan puncaknya pada menit ke 85 melalui sebuah serangan balik Seto Nurdiyantoro berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Hery Prasetyo.

Namun meski kemasukan satu gol penderitaan persibo Bojonegoro belum berahir. Selang dua menit Varney Pas Boakay diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran ringan. Tak cukup disitu saat Injury tim kembali Seto Nurdiyantoro memanfaatkan serangan balik cepat berhasil menambah keunggulan tim tamu atas Persibo Bojonegoro menjadi 0-2.

Pelatih Persibo Bojonegoro Bambang Pramuji kepada Radar Bojonegoro menuturkan para pemain sudah berusaha tampil maksimal dan bagus dilapangan. Namun kepemimpinan wasit yang dianggapnya memihak menghancurkan mental para pemainnya. “Ini sudah diluar teknis,” tegansya

Pria itu enggan berkoemntar lebih lanjut terkait Persibo Bojonegoro yang dua kali pertandingan homenya gagal memaksimalkan peluang. Namun dia menuturkan bermain di Stadion Wilis madiun mempunyai atmosfer yang berbeda. “Meski berstatus kandang namun kami tidak nyaman disini,” tegasnya. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)