1 Arema v Persibo 1 : Bergantung Laga Terakhir

Persibo Bojonegoro belum dapat memastikan satu tiket ke babak kedua Liga Jatim 2008. Sebab, tim berjuluk Laskar Angling Dharma ini hanya mampu mencuri satu poin saat dijamu Arema Malang di Stadion Kanjuruhan Malang.

Dengan hasil tersebut, tim polesan Gusnul Yakin itu hanya mampu mengemas dua poin. Pada laga sebelumnya, Persibo juga hanya memetik hasil imbang 1-1 saat bentrok dengan Mitra Kukar. Raihan dua poin itu belum aman untuk menuju babak kedua.

Nasib Persibo untuk lolos dari penyisihan grup I bakal ditentukan pada laga terakhirnya melawan Persela Lamongan pada 21 Mei nanti. Jika memetik kemenangan, maka kemungkinan besar Persibo akan lolos. Namun, jika seri atau kalah, maka Persibo akan sangat bergantung dari hasil pertandingan Arema Malang melawan Mitra Kukar. Bahkan, bukan tidak mungkin Iswandi Dai dkk menunggu hasil pertandingan di grup lain untuk meraih satu tiket dengan status terbaik ketiga di grup.

Pada laga yang dipimpin wasit asal Surabaya M Rofik kemarin, Persibo menurunkan komposisi agak berbeda dibandingkan saat melawan Mitra Kukar. Stopper asing seleksi Victor da Silva dan striker asal Paraguay Jorge Paredes diturunkan pada menit-menit awal pertandingan.

Sementara kubu Arema juga melakukan perombakan. Pemain inti mereka seperti Alexander Pulalo, Eric Setiawan, A. Bustomi, dan kiper M. Yasir yang disimpan saat lawan Persela, turunkan pelatih Bambang Nurdiansyah.

Meski Arema turun dengan materi pemain lebih baik, pemain Persibo tetap bisa mengimbangi permainan tim berjuluk Singo Edan itu. Bahkan striker Varney Pas Boakai di pertengahan babak pertama sempat memiliki satu peluang emas. Setelah menerima umpan dari Nurhidayat di sektor kanan, striker asal Liberia itu tinggal berhadapan dengan kiper Arema M. Yasir. Namun, tendangannya masih dapat ditangkap penjaga gawang nomor satu Arema tersebut.

Pada babak kedua, Arema dan Persibo tetap berusaha mencuri gol. Arema akhirnya unggul lebih dulu melalui eksekusi tendangan penalti M. Bachtiar di menit ke-48. Hukuman penalti itu diberikan wasit setelah Rudy Onu dianggap melanggar Bahtiar di area terlarang.

Tertinggal satu gol, pelatih Persibo Gusnul Yakin mengubah strategi permainan. Untuk menambah daya dobrak, dia menarik Jorge Paredes dan I Nyoman Adnyana. Sebagai gantinya, pelatih asal Malang itu memasukkan Syamsul Arief dan Abell Cellow Quio.

Pergantian pemain itu membuahkan hasil pada menit ke-74. Berawal dari tendangan sudut yang diambil Nur Hidayat, bola kemudian dioper ke Rudy Onu. Selanjutnya si kulit bundar itu diumpankan ke depan gawang lawan.

Bola itu jatuh di kaki Ahmad Jufrianto. Pemain belakang Arema ini berusaha menendang keras bola itu menjauhi gawang Arema. Namun, tendangannya justru membentur kaki rekannya Richie Pravita dan mengarah ke gawang Arema sendiri. Bola liar yang tidak diduga itu pun gagal dicegah Yasir dan gol!.

Lima menit menjelang bubaran, Persibo nyaris unggul melalui Varney. Namun, tandukan bola hasil umpan dari Syamsul Arief hanya membentur mistar gawang lawan.

Pelatih Gusnul Yakin seusai pertandingan menyatakan puas dengan hasil imbang tersebut. Menurut dia, dibandingkan saat melawan Mitra Kukar, permainanan anak asuhnya meningkat pesat. Gusnul mengaku sudah memperkirakan Arema bakal menurunkan tim yang lebih baik ketimbang saat melawan Persela. “Semuanya bermain bagus,” katanya.

Menurut dia, Persibo nanti sore akan menggelar pertandingan uji coba melawan Persiwa Wamena di Stadion Kanjuruhan. “Kami akan menurunkan pemain yang tidak digunakan di Liga Jatim,” kata Gusnul.

Menurut dia, uji coba nanti sore digunakan untuk menyeleksi para pemain yang belum resmi diikat Persibo. “Saya kira nggak masalah daripada pemain tidak diturunkan dalam pertandingan (Liga Jatim) sehingga tak tahu kemampuan mereka,” tuturnya. (ade)

Hari Ini Uji Coba Lawan Persiwa

DATA DAN FAKTA

Arema : 1 (0)
Pencetak Gol : M. Bahtiar (’48)
Kartu Kuning: A. Bustomi (’80)
Pemain: M Yasir (g), A. Pulalo (c)/Richie PH (’60), A Juprianto, Suroso, Dodik W/Zukikfli (’36), Ronny Firmansayah/Sunarto (’89), Hendra R, A. Bustomi/Ahmad S. (’82), Erik Setiawan, Ali Usman, M. Bahtiar.

Persibo : 1 (0)
Pencetak Gol: Richie Pravita Hari (og) (’74)
Kartu Kuning : Fadly Sanusi (’21)
Pemain: Dwi Kuswanto (g), Aris Tuansyah, Victor Da Silva, M. Hamzah, Wawan T/Rudy Onu (’36), Iswandi Da’i (c), Fadly Sanusi, I Nyoman Adnyana/Abel Cellow Quioh (’72), Nurhidayat/Marwan L. (’88), Varney Pas Boakai, Jorge Paredes/Syamsul Arief (’58).

Stadion: Kanjuruhan Malang
Wasit : M. Rofik (Surabaya)
Cuaca: Cerah
Penonton: 6 ribu
(Sumber : Radar Bojonegoro)

5 Responses to “1 Arema v Persibo 1 : Bergantung Laga Terakhir”

  1. dons
    May 19, 2008 at 11:28 am #

    tunjukkan kita yang terhebat pada laga derby ‘ plat S ‘ , meski kita sementara beda strata , yo gak ??

    [Reply]

  2. lawas
    May 19, 2008 at 11:44 am #

    lawan persela haruslah kita jadikan sebagai adu gengsi meskipun kita sebagai tim yang di bawah kasta mereka kita harus tunjukan bahwa kita layak untuk menang.bener jaraene dons “plat s”persibo kudu menang kudu dadi rojone naok wilayah S yo gak dons??????????)D

    [Reply]

  3. Herta
    May 19, 2008 at 12:01 pm #

    kita dukung persibo berlaga…
    sekarang dan selamanya…
    Persibo…tunjukkan aksimu…
    The Boro…slalu bersamamu…

    [Reply]

  4. schatzi
    May 19, 2008 at 5:06 pm #

    hidup persibo…….

    [Reply]

  5. fphoer
    May 20, 2008 at 8:54 am #

    PERSIBO banTai LamonGan biAR bisa Lolos ke DELAPAN BESAR LIGA JATIM…!
    BARISAN BOROMANIA MALANG (BBM) selalu MENDUKUNGMU

    [Reply]

Leave a Reply