1 Persibo v Gresik United 0 : Belum Aman !

Persibo Bojonegoro kembali menunjukkan sebagai tim yang sulit dikalahkan saat bertanding di kandang. Dalam laga leg pertama babak 32 besar Copa Indonesia kemarin sore, tim berjuluk Laskar Angling Dharma tersebut mampu mengalahkan Gresik United dengan skor 1-0.

Gol semata wayang kemenangan Persibo dicetak melalui tendangan keras striker Varney Pas Boakai pada menit ke-34.

Bermain menekan sejak menit awal pertandingan, para pemain Persibo kerap mendapatkan peluang emas. Namun, dari beberapa peluang yang ada, hanya satu yang berbuah gol, yakni melalui aksi Varney Pas Boakay. Sementara peluang lainnya seperti yang dimiliki striker lokal Syamsul Arief gagal membuahkan gol. Tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Wawan Hariono, pemain bernomor punggung 19 itu kurang tenang dalam menendang bola. Akibatnya, bola pun meluncur ke luar garis gawang Gresik United.

Memasuki babak kedua, Gresik United mulai mengimbangi permainan tim tuan rumah. Tak jarang para pemain belakang Persibo harus bekerja keras untuk membendung serangan Marcos Santana dkk. Hadirnya Kacung dan Orry Kambuaya yang dimasukkan pelatih Sanusi Rahman menggantikan Masdar dan Ainur Rochiem merubah warna permainan Gresik United. Sementara Persibo yang sudah unggul satu gol mencoba menambah kemenangan melalui umpan-umpan panjang dengan mengandalkan kecepatan duet striker Ali Usman dan Verney Pas. Menjelang berakhirnya pertandingan, Ali Usman sempat mengira tendangan keras mendatarnya menggetarkan jala gawang lawan. Mantan pemain Persela Lamongan ini pun kemudian mengisap jempol tangannya, ciri khas dia seusai menciptakan gol, sambil berlari kecil. Namun, setelah tahu tendangannya hanya menyamping di sisi kanan gawang gresik United, Ali pun tersenyum kecut. Hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup wasit Endra Kardiyana asal Sleman, skor 1-0 untuk keunggulan Persibo tetap bertahan.

Dengan hasil tersebut, Persibo memperpanjang rekor kemenangan atas Gresik United. Pada kompetisi divisi I tahun lalu, tim berkostum kebesaran oranye itu juga menang 1-0 di Stadion Letjen H. Soedirman. Namun, kemenangan tipis di leg pertama kemarin menjadikan posisi Persibo belum aman untuk melenggang ke putaran 16 besar Copa Indonesia. Pesibo harus bisa memetik hasil seri atau kalah 1-2, 2-3, dan seterusnya di kandang Gresik United pada leg kedua nanti. Jika Persibo kalah dengan selisih dua gol, Bambang Sumantri dkk harus angkat koper di ajang ini.

Pelatih Gresik United Sanusi Rahman menjelaskan bahwa pertandingan kemarin berjalan menarik. Dia memuji penampilan wasit yang dinilainya sangat fair saat memimpin laga tersebut. “Dan saya kira meski kalah, ini hasil yang sudah bagus,” tuturnya.

Mantan pelatih Persibo itu tetap yakin anak asuhnya bisa lolos ke babak selanjutnya. “Kami yakin bisa balas di kandang dan lolos ke babak selanjutnya,” katanya.

Sementara itu, pelatih Persibo Gusnul Yakin menyatakan anak asuhnya bermain bagus dan memiliki banyak peluang di laga kemarin. Namun, peluang tersebut kerap disia-siakan para pemainnya, “Saya kira anak-anak terbebani, apalagi pertandingan ini disiarkan lansung,” tuturya.

Gusnul Yakin pasukanya bisa bermain imbang saat leg kedua di Gresik nanti. “Kami tetap yakin bisa lolos, apalagi kami sudah menang di sini sehinga beban kami lebih ringan,”katanya.

(Sumber: http://www.bojonegoro.go.id/baru/index.php?pModule=info_olahraga&pSub=detail&pAct=view&id=63)

No comments yet.

Leave a Reply