1 PERSIBO V PERSIPRO 0 : Hanya Menang Tipis

Persibo Bojonegoro hanya mampu menang tipis 1-0 saat menjamu tim tamu Persipro Probolinggo kemarin sore dalam laga lanjutan kompetisi divisi I. Satu gol itu pun tercipta dari titik putih melalui kaki Iswandi Da’i pada menit ke-64.

Kekhawatiran Pelatih Persibo Gusnul Yakin bakal diterapkannya negative football oleh tim tamu terbukti. Menempatkan delapan pemain di barisan pertahanan serta seorang pemain gelandang dan striker, Persipro sempat mampu mengimbangi permainan tim tuan rumah. Meski demikian, memasuki pertengahan babak pertama permainan menjadi tidak seimbang dan lebih banyak dikuasai Bambang Sumantri dan kawan-kawan dari Persibo.

Hanya, meski mendominasi permainan Vaerney Pas Boakai dan Ali Usman gagal mencetak gol. Padahal, saat itu berkali-kali keduanya memiliki peluang bagus. Karena ketatnya barisan pertahanan Persipro yang dikawal Khairil Anwar itulah anak asuh Gusnul Yakin seperti kehilangan cara memasukan bola ke gawang lawan. Sampai dengan pertandingan pertama berakhir, kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Persibo terus tampil menekan. Namun, karena tak kunjung membuat gol, Gusnul Yakin kemudian memasukan Syamsul Arief yang menggantikan Eugene Jlah Gray. Persibo juga mengubah pola permainan dengan formasi 4-3-3.

Meski menggunakan tiga striker, sampai 15 menit babak kedua belum tercipta gol. Hingga akhirnya pada menit ke-64 saat Syamsul Arief membawa bola di kotak penalti dan dikawal dua pemain lawan terjatuh setelah ditarik bajunya oleh Khairil Anwar. Wasit pun menunjuk titik putih.

Meski sempat mendapatkan protes keras dari kubu Persipro, Iswandi Da’i yang mengeksekusi penalti sukses melepaskan tembakan membobol gawang lawan. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Persibo.

Tertingal satu gol, tempo permainan Persipro meningkat dan menjurus ke permainan kasar. Namun, wasit membiarkan pelangaran demi pelangaran terjadi begitu saja.

Meski demikian, bukan berarti Persibo tak mempunyai peluang. Berkali-kali tendangan keras yang dilancarkan dari luar kotak penalti membahayakan gawang Persipro. Karena arah kurang tepat sasaran, sejumlah peluang berlalu begitu saja.

“Permainan Persibo tidak terlalu istimewa,” kata Jessie Mustamu, pelatih Persipro kepada wartawan koran ini usai pertandingan.

Menurut dia, meski diperkuat pemain asing, permainan Persibo biasa-biasa saja.

Sementara itu, Gusnul Yakin mengaku bahwa negative foot ball yang diterapkan lawan membuat anak asuhnya kesulitan membuat gol. “ya itu tadi, sesuai perkiraan saya sebelumnya, tapi kita bersukur masih bisa menang,” katanya.

Pria asal malang itu menuturkan, kurang gregetnya Bambang Sumantri dan kawan-kawan juga karena adanya perasaan meremehkan lawan. Sebab, saat ini Persipro merupakan tim paling lemah di grup III. “Saya berharap hal ini tidak terjadi saat lawan Persid Jember nanti,” katanya. (Radar Bojonegoro)

One Response to “1 PERSIBO V PERSIPRO 0 : Hanya Menang Tipis”

  1. Arie patjoel
    May 18, 2009 at 9:27 am #

    Y sykurlah,qta msh bs mnang!
    Lwan jember,hruz bs mnang!

    [Reply]

Leave a Reply