1 Persis vs Persibo 0 : Makin Sulit Tembus DISL

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Kebangkitan Persibo Bojonegoro berakhir di Stadion Sriwedari Solo kemarin sore (16/2). Menghadapi tim juru kunci Persis Solo, tim besutan Sartono Anwar itu menyerah dengan skor tipis 0-1 (0-0) dalam pertandingan Kompetisi Divisi Utama Wilayah Timur.

Kekalahan ini cukup di luar dugaan. Sebab dalam laga sebelumnya Persibo mampu menahan PSS Sleman yang jauh lebih kuat dibandingkan Persis. Apalagi dalam pertandingan kemarin tim kebanggaan warga Kota Ledre itu tampil full team termasuk Varney Pas Boakay yang sebelumnya absen.

Dengan hasil tersebut peluang Persibo untuk menembus Djarum Indonesia Super League (DISL) musim depan akan semakin sulit. Sebab, dengan kekalahan tersebut membuat posisi Persibo Bojonegoro turun satu peringkat ke posisi delapan dengan nilai 22 hasil dari 17 kali main, enam kali menang, empat kali seri, dan tujuh kali kalah. Sebab, pada saat yang sama Perseman Manokwari yang bermain di kandang mampu unggul atas Persiba Bantul dengan skor 2-1. Selain itu Persiku Kudus dan dan PSS juga menang.

Dalam laga kemarin sore itu, Persibo menampilkan permainan terbuka dengan berani keluar menyerang. Meski demikian tuan rumah yang tak ingin malu di hadapan pendukungnya, juga tampil menyerang.

Hal ini membuat Persibo mengalami kesulitan menembus pertahanan Persis. Berkali-kali bola yang di bawa Samsul Arief dan Varney Pas Boakay berhenti di kaki pemain lawan. Luis Edmundo serta Wahyu Wiji menjadi tembok kokoh bagi pemain Persibo. Ditambah lagi kesalahan mendasar yang dilakukan para pemain membuat bola dengan mudah direbut pemain Persis.

Bahkan tuan rumah memiliki peluang pada menit ke-21. Saat itu sang kapten Persis, Moukwelle berhasil menembus pertahanan kanan Persibo. Dia melepaskan tendangan keras ke arah gawang Persibo. Beruntung tendangan keras Moukwelle digagalkan Kiper Persibo Herry Prasetyo. Sementara Persibo sepanjang babak pertama tak memiliki peluang bagus untuk mencetak gol.

Memasuki babak kedua Persibo langsung mendapatkan peluang. Kerjasama Samsul Arief dan Nurhidayat mampu menerobos barisan pertahanan lawan. Sayang, tendangan keras Nurhidayat ke gawang Persis membentur pemain belakang lawan. Bahkan selama sepuluh menit babak kedua Persibo tampil menekan tuan rumah. Mereka memiliki banyak peluang namun belum satupun gol tercipta.

Memasuki meni ke-11 Persis bangkit. Bahkan beberapa menit setelah itu ganti mereka menekan pertahanan Persibo. Pada menit ke 23 babak kedua Sumardi melakukan pelanggaran pada Eko Budi Santoso tipis di luar kotak penalti.

Meski tendangan yang dilakukan Persis mental dari tangkapan kiper Persibo Herry Prasetyo. Bola liar tersebut langsung disambar Eko Budi Santoso yang tepat berada di depan bola terjatuh.dan dengan mudah pemain pengganti tersebut menceploskan bola ke gawang Persibo. Gol itu mengubah kedudukan 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Unggul 1-0 para pemain tuan rumah tampil menekan. Hal ini membuat barisan pertahanan Persibo di obrak-abrik Eko Budi Santoso dan kawan-kawan. Sementara setiap serangan Persibo selalu kandas di kaki Wahyu Wiji. Berkali-kali Eko mengancam pertahanan gawang Persibo meski belum berhasil menambah keunggulan.(ade/jpnn/ko)
(Jawapos)
Susunan Pemain:

Persis: Wahyu Tri (g), Luis Edmundo, Tomy A, Wahyu Wiji, Bambang Sulistyo, Nurkholik, Moukwelle , Isprianto/Eko Budi Santoso(57), Imam Rohmawan, Anindito, Yanuar Puspito/Dodik/ Machia Malock(39/60),

Persibo : Herry Prasetyo (g), Aris Tuansyah, M. Hamzah, A Gani Pulhelle, A. Sumardi, Morrys P Bayour, Iswandi Da’i , Nurhidayat/Yonas Sinere (60), Abel Cellow Quioh, Samsul Arief, Varney Pas Boakay.