1 PSIM vs Persibo 1 : Pupus Sudah Harapan ke Papan Atas

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Ditarget poin penuh, tim Persibo Bojonegoro yang meladeni tuar rumah PSIM Jogjakarta hanya mampu bermain imbang 1-1 dalam lanjutan kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia di Stadion Mandala Krida, Jogjakrta kemarin sore.

“Kita mempunyai banyak peluang, tetapi hanya satu yang menjadi gol, ” kata Pelatih Sartono Anwar kemarin.

Hasil imbang ini sekaligus mengulang leg pertama di Stadion Wilis Madiun agustus 2008. Kala itu, Persibo yang bertindak sebagai tuan rumah, karena Stadion Gelora Letjen H. Soedirman dalam perbaikan, dipaksa bermain seri, 1-1.

Torehan satu poin ini cukup disesali oleh Persibo. Sebab, menurut Sartono, barisan depan gagal memaksimalkan peluang yang dimiliki tim kebanggaan Kota Ledre menjadi gol. Sebab, sepanjang pertandingan 2 x 45 menit Persibo lebih banyak mendominasi permainan.

Bahkan, Syamsul Arief dan Varney Pas Boakay berkali-kali berhadapan dengan penjaga gawan PSIM Ony Kurniawan. Namun, lagi-lagi gagal menjaringkan bola.

“Setiap kali gawang ditinggal kiper, bola yang sudah tinggal memasukkan ke gawang masih melenceng. Atau, kadang masih berhasil diamankan penjaga gawang lawan yang sudah tidak memungkinkan.” ungkap Sartono.

Meski hanya bermain mbang, Sartono mengangap hasil tersebut patut disyukuri. Sebab, kemarin sore Persibo bermain di kandang lawan. ”Ini menjadi evaluasi sebelum dua laga kandang terakhir di Divisi Utama,” tegasnya.

Dalam pertandingan kemarin sore, tim berjuluk Laskar Angling Dharma tersebut sempat tertingal lebih dahulu melalui go FX Herminanto pada menit ke-8. Saat itu, Santosa yang berhasil melewati Novan Setya melepaskan tendangan keras. Tendangan tersebut gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Hery Prasetyo, kiper Persibo.

Saat bola muntah itulah Herminanto datang menyerobot dan menyelesaikan dengan heading yang gagal dijangkau oleh kiper Persibo. Gol itu merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal 1-0 membuat Iswandi da’i dan kawan-kawan tampil menyerang. Mereka terus menekan pertahanan PSIM. Usaha itu tak sia-sia. Pada menit ke-18 Abel Cellow yang melakukan solo run dari lapangan tengah dan melewati tiga pemain lawan melepaskan tendangan efek.

Tendangan ini mampu mengecoh penjaga gawang lawan Ony Kurniawan. Bola pun meluncur deras tanpa bisa dibendung. Kedudukan berubah menjadi imbang 1- yang bertahan sampai berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persibo yang menginginkan poin penuh terus tampil menyerang dan menciptakan peluang. tercatat tiga kali Syamsul Arif tinggal berhadapan dengan kiper. Namun, gagal dalam penyelesaian akhir. Sementara Varney sekali tinggal berhadapan dengan kiper, tetapi juga gagal menceploskan menjadi gol. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga ditiup wasit kedudukan 1-1 tetap bertahan. Dengan hasil ini Persibo mengumpulkan 35 Poin hasil dari 10 kali menang, 5 kali seri dan 9 kali kalah dengan selisih memasukkan 30 dan kemasukan 28.(rb/ade/Tn)