2 Arema vs Persibo 1 : Menang Tipis, Arema Bahaya

Arema Malang memenuhi ambisinya, memenangi pertandingan first leg babak 48 besar Copa Indonesia 2008. Tim besutan Gusnul Yakin itu berhasil mengalahkan tamunya, Persibo Bojonegoro, 2-1 (1-0) di Stadion Kanjuruhan kemarin sore (22/11).

Hanya, kemenangan yang diraih Singo Edan (julukan Arema) belum menjadi garansi bahwa mereka bakal lolos ke babak berikutnya. Jika tak hati-hati, Arema bisa tergelincir di second leg yang rencananya dihelat di Stadion Wilis, Madiun, pada Rabu mendatang (26/11).

Hasil tersebut seolah menjadi sinyal bahaya untuk Arema pada leg kedua nanti. Sebab, Persibo cukup menang 1-0 untuk lolos ke babak 24 besar. “Kami memang sudah menang di laga pertama ini. Tapi, kami harus berjuang lebih keras lagi di Madiun. Jika ingin lolos, anak-anak harus menang,” kata Gusnul dalam konferensi pers sesudah laga.

Untuk lolos ke babak berikutnya, Arema cukup menahan seri Persibo. Tapi, bagi Gusnul, target seri tak pernah ada di benaknya. Dalam setiap laga yang dimainkannya, kemenangan adalah buruan utama.

Dia berharap agar anak didiknya bisa tampil lebih bagus daripada kemarin dalam laga di Madiun nanti.

Menurut Gusnul, penampilan anak didiknya di laga perdana copa tak sesuai dengan harapannya. Suroso dan kawan-kawan banyak melakukan kesalahan mendasar, misalnya kesalahan passing. Selain itu, aliran bola dari lini tengah ke lini depan sangat kurang.

Akibatnya, kendati berstatus sebagai tuan rumah dan bekal kasta lebih tinggi di Indonesia Super League (ISL), Singo Edan menemui kesulitan untuk membungkam Persibo yang notabene tim Divisi Utama. Untung, jelas mantan pelatih Persibo tersebut, pemainnya tampil tenang dalam menghadapi tekanan tim lawan.

Zulkifli Syukur merupakan pemain yang mampu menghapus kebuntuan. Mantan pemain Persmin Minahasa itu mencetak gol pada menit ke-28 setelah memanfaatkan umpan Benny Wahyudi. Namun, striker Persibo Syamsul Arif berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-84. Nyaris saja laga berakhir imbang. Tapi, Emaleu Serge mampu memastikan kemenangan Arema pada menit ke-87 setelah memanfaatkan blunder pemain belakang Persibo.

Sayang, kemenangan Arema harus dibayar mahal. Kiper utama Dadang Sudrajat, tampaknya, harus absen dalam laga second leg. Mantan kiper Persitara Jakarta Utara tersebut mengalami cedera cukup parah pada hidungnya.

Sementara itu, pelatih Persibo Sartono Anwar menyatakan cukup puas dengan permainan anak didiknya. “Kami memang kalah. Tapi, saya tak menyangka pemain Persibo bisa tampil begitu luar biasa. Itu di luar dugaan saya,” jelas Sartono. (fir/abm/jpnn/ko)
sumber : jawa pos

40 Responses to “2 Arema vs Persibo 1 : Menang Tipis, Arema Bahaya”

  1. fphoer-BOROMANI@malang
    November 23, 2008 at 12:00 pm #

    Seandainya pemain PERSIBO lebih tenang pada menit-menit terakhir dan pemain belakang tidak melakukan blunder mungkin PERSIBO tidak akan mengalami kekalahan..!!!!!!!!
    gpp di MADIUN PERSIBO harus menang minimal 1- 0.
    Samsul Arif kamu telah memenuhi janjimu bwt cetak GOAL di Malang…!!!!!!!

    [Reply]

  2. BLEDEXZ MANIA
    November 23, 2008 at 7:22 pm #

    Salut buat ‘PERSIBO’yang mempermainkan sepak bola menyerang,semaNGAT&GAIRAHMU tunjukkan lagi dimadiun nanti.KAMU PANTAS MENANG KLO KAMU BISA MEMPERTAHANKAN PERMAINANMU,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,BRAVO&FIGHTING PERSIBOKU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    [Reply]

  3. BlenK
    November 23, 2008 at 9:43 pm #

    walo kalahSecara keseluruhan saya pribadi puas dengan permainan PERSIBO kemaren. pertahankan terus permainan Cantik PERSIBO….. salam satu jiwa buat BOROMANIA nusantara….

    [Reply]

  4. rejz.boromania.ngalamraya
    November 24, 2008 at 7:44 am #

    mas aris-13 sing sabar ya, ojo gampang pecah konsentrasi d menit2 akhir boz…

    yakin tanggal 26 nov, bakalan luwih trengginas maneh…

    buat “bang ghani” sangar maine, di terusne boz…

    [Reply]

  5. Andie2x lumut
    November 24, 2008 at 7:48 am #

    Tetep bngga mskipun kalah…Permainanny udah sip tggal pertahananny msh keropos…

    Pertahankan PEMAIN PERSIBO varney dkk.Agr tdk te2p bisa brgabung dlm putaran k 2 nti.Bny club ISL yg minat untk putaran 2…

    [Reply]

  6. dons
    November 24, 2008 at 8:32 am #

    pemain belakang latihan lagi menahan tusukan dari sayap , juga latihan halau bola bola silang dari sayap. Andalan penyerangan Arema sepertinya banyak dari kedua sayapnya. Waspadai Zulkifli , bahaya banget tuh anak. Btw permainan persibo tempo hari ciamik dah …
    Balas di Madiun.

    [Reply]

  7. Ayiep
    November 24, 2008 at 8:49 am #

    Yang penting sudah berusaha keras, kalah menang itu bukan hak kita yang menentukan. Dengan permainan yang telah kembali trengginas kemarin kami sebagai boromania sangat berharap Persibo kembali ke jalan yang benar di kompetisi divisi utama (MENANGAN). Lawan Persebaya yang notabene pimpinan klasemen saja kita sanggup menang apalagi yang lain. Tetap Semangat, Konsentrasi sampai akhir pertandingan, Jangan cepat puas.. Yakinlah selalu ada jalan bagi yang selalu berusaha.. KAMI BOROMANIA SELALU BANGGA DENGAN PERSIBO. Maju terus Persibo….dan menangan

    [Reply]

  8. Inthul
    November 24, 2008 at 10:12 am #

    Scr pmainan qt ga kalah,qt cm kalah di “hasil akhir” kmrn, coz permainan msh sdkt bs mengimbangi..Isih ono ksmptn,nyaplok singo neng Madioen.. Hehehe

    [Reply]

  9. DODO
    November 24, 2008 at 10:16 am #

    bagus, tp tetep waspada karna di madiun nanti arema sudah turun dengan kekuatan penuh. jaga konsentrasi sampai detik terakhir.

    [Reply]

  10. aanzp
    November 24, 2008 at 12:53 pm #

    panggil saja Ali Usman dan I Komang Mariawan yg akan di putus kontraknya oleh arema. persibuo butuh striker tambahan tuk mengarungi divisi utama putaran 2 nanti. pasti mereka mau bergabung dg kita. ayo cepat management panggil mereka………pastikan tuk lolos ISL tahum dpan…..persibo matoh

    [Reply]

  11. bejo
    November 24, 2008 at 1:30 pm #

    sipp..joss gandos

    [Reply]

  12. Boromania Sejati
    November 24, 2008 at 1:34 pm #

    Meski kalah kamu tidak boleh putus asa………..!!!!!!aku tetap mendukungmu, trima kasih buat SAMSUL ARIF telah mencetak gol di hari itu….!!!!!!!!!!takhlukan saja arema di madiun!!!!!!!OK

    [Reply]

  13. fphoer-BOROMANI@malang
    November 24, 2008 at 2:44 pm #

    Sekitar 5.000 AREMANIA siap menyerbu stadion WILLYS MADIUN untuk mendukung tim AREMA MALANG, Bagaimana dengan BOROMANIA…????? Sebagai tuan rumah harusnya kita mampu ORANYEKAN stadion Willis MADIUN..!!!!!
    SALAM DAMAI BERSAUDARA buat BOROMANIA dimanapun berada..!!!!

    [Reply]

  14. dons
    November 24, 2008 at 4:26 pm #

    kita sewa jakmania ke madiun , nanti kan wilis jadi oranye…he 3x , guyon bos.
    tapi kalau boromania gak pada ke madiun ya kebangetan lah. tunjukkan kita tuan rumah , jadi warna dominan di stadion harus oranye , bukan biru !

    [Reply]

  15. manchunia_aremania
    November 24, 2008 at 5:07 pm #

    he he arema 2 tahun ini bukan biru bos…hitam (kenek skorsing Hinca)

    Jadi ceritane besok Aremania menghitamkan wilis..

    ayas budal….!!!

    [Reply]

  16. aanzp
    November 24, 2008 at 7:06 pm #

    peluang persibo pasti bisa teraih,buktikan dulu saja persibo bisa menjungkalkan persik di copa yg notabene pemainnya banyak yg berbandrol mahal. biasanya harga itu berbicara,tapi bagi persibo tak seperti itu kenyataannya. yang penting semangat bertanding,niat,yakin harus menang,tak remehkan lawan,tak keder dg kwalitas lawan,percaya pertandingan pasti ada kalanya menang dan kalah,yg penting berusaha semaksimal mungkin,tak membiarkan peluang,terapkan strategi&bukan otot saja,bermain dg berganti2 pola(jangan sampai permainan kita mudah dibaca lawan). yakin Allah SWT selalu bersama kita

    [Reply]

  17. aanzp
    November 24, 2008 at 7:13 pm #

    ****************************** Ayo bikin malu Arema *******************************
    bantai bantai bantai arema. bantai arema di wilis kita.
    yg penting hasil akhir,prediksi besok persibo pasti unggul satu gol dari arema.
    Persibo vs Arema 1-0 skor segitu aza kita sudah puas.
    yg penting Arema bisa terjungkalkan. Setelah Persik Aremalah yg layak jadi korban Laskar Angling Dharma.
    Siapa yg setuju dg skor ini?
    ********************************** BOROMANIA ***********************************

    [Reply]

  18. aremania
    November 24, 2008 at 7:37 pm #

    Semoga Arema dapat menggilas untuk kedua kalinya di Std.Wilis,Aremania akan memenuhi stadion wilis utk yang kesekian kalinya..

    [Reply]

  19. antokkalitidu
    November 24, 2008 at 8:21 pm #

    saya bangga dengan PERSIBO doaku menyertaimu….
    buat samsul arif kowe pancen siip……..

    [Reply]

  20. tono
    November 24, 2008 at 10:21 pm #

    waduh…. pada semangat nih….
    Tp yang kasih komentar pada meng-orange-kan madiun apa tidak??
    masak cm lwt komentar doank hehehe….

    [Reply]

  21. fphoer-BOROMANi@malang
    November 25, 2008 at 9:20 am #

    Mas Wid Kok gak di Update yo… beritanx PERSIBO…!!!!!

    [Reply]

  22. fphoer-BOROMANi@malang
    November 25, 2008 at 9:21 am #

    gimana berapa ribu BOROMANIA yang sudah berangkat ke MADIUN…..???????

    [Reply]

  23. ggg
    November 25, 2008 at 9:24 am #

    seng bener maine neng wilis opo delta sih?

    [Reply]

  24. fanzboromania
    November 25, 2008 at 9:28 am #

    mas wied sibuk mas phoer

    [Reply]

  25. fphoer-BOROMANi@malang
    November 25, 2008 at 10:16 am #

    Mas Darto gak ke Madiun ta????
    Oia Bagi BOROMANIA yang tidak bisa mendukung langsung di Stadion Willis bisa mendengarkan langsung via Radio On Line dengan Klik: senaputra.com
    buat BOROMANIA Malang Raya bisa mendengarkan di Radio RCB Fm dengan Frekuensi 89.50 Mhz.

    [Reply]

  26. aan zp
    November 25, 2008 at 10:24 am #

    klo aremania yg datang ke madiun skitar 5rb brarti boromania yg datang pasti 10rb termasuk warga madiun yg mendukung persibo………….bravo persibo,tumbangkan arema dg kekuatan kita

    [Reply]

  27. aan zp
    November 25, 2008 at 10:44 am #

    Samsul Oke, Manajemen Optimistis
    BOJONEGORO – Kondisi Samsul Arief yang sudah fit 100 persen dan bisa diturunkan dalam second leg (laga kedua) di Copa Indonesia menjamu Arema Malang di Stadion Wilis, Madiun, Rabu (26/11) besok membuat manajemen Persibo Bojonegoro optimistis timnya bakal meraih hasil maksimal.

    ”Karena bermain di kandang, target kita adalah menang,” kata Manajer Persibo Bojonegoro Dadang Hendrayudha kepada Radar Bojonegoro di sela-sela menyaksikan latihan rutin Persibo di Sekolah Model Terpadu (SMT) Sukowati, Kapas, Bojonegoro, kemarin (24/11).

    Dadang menjelaskan, optimisme itu bukan tanpa alasan. Dia menyebut yang membuat optimistis manajemen adalah semua pemain sudah dalam keadaan fit. ”Termasuk Samsul (striker) sudah 100 persen fit, meski sempat dikhawatrikan tak bisa tampil karena cedera,” katanya.

    Selain itu, lanjut dia, performa permainan tim berjuluk Laskar Angling Dharma itu terus naik. Bahkan, meski kalah tipis dengan Arema Malang pada first leg Sabtu (22/11), secara permainan tim Persibo bisa mengimbangi. ”Kalau di kandang lawan bisa mengimbangi kan tentu di kandang sendiri bisa lebih unggul,” tegasnya.

    Prinsipnya, lanjut pria yang juga komandan Kodim 0813 Bojonegoro itu, Iswandi Da’i dan kawan-kawan harus bekerja keras dan tampil seperti laga pertama. Dan yang lebih penting lagi, tambah dia, pemain harus lebih bersemangat untuk bisa mengalahkan tim besar.

    ”Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bisa mengalahkan Arema Malang sebagai tim dari Superliga,” ungkapnya.

    Dia juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat Bojonegoro agar Persibo bisa tampil maksimal besok sore. Paling tidak, bantuan doa seluruh masyarakat Bojonegoro bisa menjadi modal spirit tim.

    ”Peluang ada di depan mata. Kita hanya butuh (kemenangan, Red) 1-0, sehingga harus dimaksimalkan atau terhenti di Copa pada babak awal,” katanya. (ade)

    [Reply]

  28. aan zp
    November 25, 2008 at 10:47 am #

    Persibo Berangkat Pagi Ini, Arema Kemarin
    Tim Persibo Bojonegoro sebagai tuan rumah di second leg Copa Indonesia melawan Arema Malang bakal berangkat menuju kota Madiun, tempat laga digelar. Sedangkan Arema sebagai tim tamu sudah berada di Kota Brem itu sejak kemarin (24/11) sore.

    ”Kita berangkat besok pagi (pagi ini) dari mes (Persibo),” kata Asisten Pelatih Persibo Bambang Pramuji kepada Radar Bojonegoro kemarin.

    Menurut dia, Persibo selanjutnya akan menginap di Balai Diklat milik Perhutani. Sore harinya, tim baru akan menjajal lapangan di Stadion Wilis, Madiun. Hal ini dianggap bukan masalah karena Persibo pernah ber-home base di sana. ”Ini kan hanya masalah teknis,” katanya.

    Bambang menambahkan, kemarin sore Arema Malang telah berada di Madiun. Tim ini akan menginap di Hotel Merdeka. ”Mereka menjajal lapangan besok pagi (pagi ini, Red),” ungkapnya.

    Saat ini, lanjut dia, semua pemain dalam kondisi fit. Buktinya, dalam latihan kemarin tidak ada pemain yang absen. ”Karena itu, semua sudah tidak ada masalah, termasuk Samsul,” tegasnya.

    Mengenai jumlah pemain yang akan dibawa Bambang menyatakan mungkin hanya 18 orang. Hal ini sama dengan saat Persibo main di kandang Arema Sabtu (22/11). ”Nggak masalah karena memang hanya sekali main,” ujarnya.

    Sementara itu, latihan Persibo kemarin sore di SMT Sukowati, Kapas, dipimpin langsung Pelatih Persibo Sartono Anwar. Usai pemasanan, para pemain diminta melakukan game kecil dengan tim yang dibagi dua. Setelah itu dengan menggunakan setengah lapangan dan tiga gol para pemain melakukan game. (ade)

    [Reply]

  29. aan zp
    November 25, 2008 at 11:40 am #

    main dg tenang lawan arema.pasti persibo menang.jangan beri kesempatan pemain arema masuk di jantung pertahanan kita

    [Reply]

  30. aan zp
    November 25, 2008 at 11:53 am #

    PSM,Persik lagi bangkrut mungkin management bisa lobi club ini tuk ambil pemain yg sesuai dg kebutukan tim

    [Reply]

  31. W1n Bong Londo
    November 25, 2008 at 12:34 pm #

    Bocah2 bojonegoro sing guanteng2, ayooooo… kita dukung laskar Angling Dharma, ben iso sampe mlebu final.
    oce…

    [Reply]

  32. W1n Bong Londo
    November 25, 2008 at 12:39 pm #

    nek iso sampe masuk final, tak jak mlaku2 ndek dufan & muuaaangan sak kenyange ndek resto marinara-sarinah sudirman jkt…
    oce….

    [Reply]

  33. topa&roup cah mbalen
    November 26, 2008 at 10:42 am #

    sok apan maen ndok bjn?

    [Reply]

  34. topa&roup cah smk talun
    November 26, 2008 at 10:44 am #

    arema mesti ceblok, persibo mesti maju…!!!

    [Reply]

  35. topa margomulyo
    November 26, 2008 at 10:56 am #

    skrang persibo di klasmen berapa yaaa??

    [Reply]

  36. roup mbulaklo
    November 26, 2008 at 10:57 am #

    salam buat para pemain bersibo dari bocah mbulaklo

    [Reply]

  37. W1N Bong Londo
    November 26, 2008 at 8:45 pm #

    “KHUSNUL OH KHUSNUL”
    dulu kebahagiaan kau berikan
    prestasi kau toreh
    senyummu slalu di bawa kemenangan
    tapi setelah kau khianati & tinggalkan DE ORANGE
    tergiur dengan kemewahan & kesenangan semu
    sekarang tampak
    rautmu sedih
    mata lebam
    sapa yg menanam pastikan menuai
    dulu kau kecewakan PERSIBO
    sekarang ganti kau dikecewakan PERSIBO
    3-1 bukan score untung2an
    tp itu ungkapan balas dendam KAMI (persibo/Boro)
    Slamat meratap & jd CUNDANG…
    daaaaaaaa…….
    KAMI skrg dah bisa BERDIRI DI KAKI SENDIRI tanpamu

    [Reply]

  38. antokkalitidu
    November 27, 2008 at 10:08 am #

    siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip

    [Reply]

  39. rur-boro x-td
    February 17, 2009 at 9:47 am #

    ayo persibo…
    bkn persija yg orange sejati tp qt phutune mbh dharma

    [Reply]

  40. rur-boro x-td
    February 17, 2009 at 10:30 am #

    persiboku jayalah selalu…!
    persibo bjn oke…

    cah bjn y boromania…

    [Reply]

Leave a Reply