2 Arema vs Persibo 1 : Menang Tipis, Arema Bahaya

Arema Malang memenuhi ambisinya, memenangi pertandingan first leg babak 48 besar Copa Indonesia 2008. Tim besutan Gusnul Yakin itu berhasil mengalahkan tamunya, Persibo Bojonegoro, 2-1 (1-0) di Stadion Kanjuruhan kemarin sore (22/11).

Hanya, kemenangan yang diraih Singo Edan (julukan Arema) belum menjadi garansi bahwa mereka bakal lolos ke babak berikutnya. Jika tak hati-hati, Arema bisa tergelincir di second leg yang rencananya dihelat di Stadion Wilis, Madiun, pada Rabu mendatang (26/11).

Hasil tersebut seolah menjadi sinyal bahaya untuk Arema pada leg kedua nanti. Sebab, Persibo cukup menang 1-0 untuk lolos ke babak 24 besar. “Kami memang sudah menang di laga pertama ini. Tapi, kami harus berjuang lebih keras lagi di Madiun. Jika ingin lolos, anak-anak harus menang,” kata Gusnul dalam konferensi pers sesudah laga.

Untuk lolos ke babak berikutnya, Arema cukup menahan seri Persibo. Tapi, bagi Gusnul, target seri tak pernah ada di benaknya. Dalam setiap laga yang dimainkannya, kemenangan adalah buruan utama.

Dia berharap agar anak didiknya bisa tampil lebih bagus daripada kemarin dalam laga di Madiun nanti.

Menurut Gusnul, penampilan anak didiknya di laga perdana copa tak sesuai dengan harapannya. Suroso dan kawan-kawan banyak melakukan kesalahan mendasar, misalnya kesalahan passing. Selain itu, aliran bola dari lini tengah ke lini depan sangat kurang.

Akibatnya, kendati berstatus sebagai tuan rumah dan bekal kasta lebih tinggi di Indonesia Super League (ISL), Singo Edan menemui kesulitan untuk membungkam Persibo yang notabene tim Divisi Utama. Untung, jelas mantan pelatih Persibo tersebut, pemainnya tampil tenang dalam menghadapi tekanan tim lawan.

Zulkifli Syukur merupakan pemain yang mampu menghapus kebuntuan. Mantan pemain Persmin Minahasa itu mencetak gol pada menit ke-28 setelah memanfaatkan umpan Benny Wahyudi. Namun, striker Persibo Syamsul Arif berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-84. Nyaris saja laga berakhir imbang. Tapi, Emaleu Serge mampu memastikan kemenangan Arema pada menit ke-87 setelah memanfaatkan blunder pemain belakang Persibo.

Sayang, kemenangan Arema harus dibayar mahal. Kiper utama Dadang Sudrajat, tampaknya, harus absen dalam laga second leg. Mantan kiper Persitara Jakarta Utara tersebut mengalami cedera cukup parah pada hidungnya.

Sementara itu, pelatih Persibo Sartono Anwar menyatakan cukup puas dengan permainan anak didiknya. “Kami memang kalah. Tapi, saya tak menyangka pemain Persibo bisa tampil begitu luar biasa. Itu di luar dugaan saya,” jelas Sartono. (fir/abm/jpnn/ko)
sumber : jawa pos