2 Persekabpas vs Persibo 1 : Terlambat Bangkit

Persibo Bojonegoro kembali menelan kekalahan. Kali ini tumbang di kandang lawan. Bertandang di markas Persekabpas Pasuruan, Stadion R. Soedarsono, Pogar, Bangil, Persibo takluk dengan skor 2-1.

Dengan kekalahan ini posisi Persibo kian tenggelam di papan bawah klasemen sementara kompetisi Divisi Utama wilayah timur. Hasil buruk ini juga semakin menambah panjang catatan kekalahan Persibo di ajang kompetisi kelas dua di tanah air tersebut. Karena itu, kans Persibo untuk lolos ke superliga kian tipis.

Sebenarnya, dalam laga kemarin Persibo sedikit lebih dominan dibandingkan tuan rumah dalam penguasaan bola. Bahkan, sejumlah peluang emas dimiliki Persibo. Tercatat, dua kali striker Persibo Varney Pas Boakai memiliki peluang emas sepanjang babak pertama.

Peluang itu terjadi saat Varney menerima umpan dari sayap kanan. Varney yang berdiri bebas kemudian menyundul bola. Namun, heading Varney masih melebar di sisi kanan gawang lawan yang dijaga Ari Kurniawan. Peluang Varney juga didapat saat pemain ini berhasil lolos dari pemain belakang lawan. Varney yang tinggal berhadapan dengan kiper lantas menendang bola. Tapi, bola masih bisa diblok kiper.

Terlalu asyik menyerang, membuat Persibo lengah dan kebobolan. Gol tuan rumah terjadi setelah M. Ilyas menjatuhkan pemain depan lawan. Wasit Muzair Usman dari Palu pun menghadiahi tuan rumah dengan tendangan bebas di menit 37. Panco T. mengambil tendangan bebas itu.

Tendangan Paco sempat membentur mistar gawang Persibo yang dijaga Hery Prasetyo. Tapi, bola kemudian mengarah ke bawah mistar dan membentur tubuh mantan penjaga gawang PON Jatim itu dan masuk. Kedudukan 1-0 untuk tuan rumah bertahan sampai peluit panjang babak pertama.

Memasuki babak kedua Persibo kembali kebobolan melalui kaki Ferry Liga pada menit 52. Ferry dengan mudah melewati lini belakang Persibo dan menceploskan bola ke gawang yang dijaga Hery Prasetyo.

Setelah tertinggal 2-0 Persibo baru bangkit. Mereka lebih gencar menyerang. Hasilnya, pada menit 77 Persibo berhasil memperkecil kekalahan melalui skema kerja sama apik antara Varney dan Iswandi Da`i. Gol berawal saat Varney menyisir sisi kanan pertahanan lawan. Dia lantas mengirimkan umpan menyusur tanah ke depan gawang Persekabpas dan disambut dengan tendangan first time Iswandi dan gol. Usai memperkecil kekalahan Persibo terus menekan. Namun, hingga laga usai skor tetap 2-1 untuk tuan rumah.

Manajer Persibo Letkol Inf Dadan Hendrayudha mengakui pada babak pertama ada kesalahan strategi dari pelatih. Karena itu, pada babak kedua manajemen memberikan saran kepada pelatih. “Dan setelah itu memang bagus mainnya,” katanya.

Menurut dia, kekalahan ini selain karena faktor bermain di kandang lawan, juga lantaran lini depan tumpul akibat Samsul Arief absen. Dia menyatakan, pihaknya sudah memberi peringatan keras kepada pelatih atas kesalahan strategi Persibo terlambat bangkit. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)