2 Persema vs Persibo 1 : Pulang tanpa Poin

Sebelum melakoni laga melawan Persema Malang, manajemen Persibo Bojonegoro memasang target tinggi. Mereka mematok kemenangan bagi tim kebanggaan warga Kota Ledre ini. Namun, alih-alih bisa menang, seri saja Persibo tak mampu.

Pada laga yang digelar di Stadio Gajahyana Malang kemarin sore (28/10), tim polesan Sanusi Rahman itu harus pulang dengan kepala tertunduk. Mereka harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan kompetisi divisi utama.

Persibo bahkan harus tertinggal dua gol ketika turun minum. Dua gol tim tuan rumah dilesakkan striker asingnya Christian Lenglolo pada menit ke-16 dan 32. Satu-satunya gol balasan Persibo dicetak Iswandi Da’i pada menit ke-64.

Persema yang tampil di hadapan publiknya tak ingin menuai malu. Tim polesan Subangkit itu menerapkan pola menyerang sejak menit-menit awal babak pertama. Beberapa kali aksi Supaham dkk sempat mengancam gawang Persibo Bojonegoro yang kemarin dijaga Heri Prasetyo.

Pada menit ke-16, tuan rumah mendapatkan hadiah tendangan penjuru. Bola yang diumpankan ke depan gawang Persibo mampu dimanfaatkan Lenglolo dengan baik.

Tertinggal satu gol, pemain Persibo mencoba bangkit. Mereka melayani permainan menyerang yang diperagakan Persema. Namun, upaya untuk menyamakan kedudukan gagal. Persibo justru kebobolan kembali pada menit ke-32. Dan Lenglolo yang kembali menggetarkan jala gawang Heri. Gol kedua ini lahir setelah Lenglolo melakukan aksi solo run, melewati empat pemain Persibo sekaligus.

Setelah itu, pelatih Sanusi Rahman mencoba melakukan perubahan dengan menarik keluar Fadly Sanusi satu menit menjelang turun minum. Dia digantikan Morrys A.P Bayour.

Memasuki babak kedua, Persema yang sudah unggul mengendurkan serangan. Kesempatan ini dimanfaatkan Persibo untuk menekan lawan. Serangan yang dibangun tim jawara divisi I ini akhirnya membuahkan hasil setelah Iswandi mencetak gol pada menit ke-64.

Setelah itu, Persibo berusaha menambah gol lagi untuk menyamakan kedudukan. Namun, di pertengahan babak kedua striker Syamsul Arief mengalami cedera. Dia pun digantikan Agusmanto.

Menjelang bubaran, gawang Persibo sempat dua kali terancam melalui aksi Bima Sakti. Namun, ketenangan Heri membuat gawangnya tak kebobolan lebih banyak.

“Kami hanya kurang beruntung,” kata pelatih Persibo Sanusi Rahman berasalan.

Pelatih yang akrab disapa Uci itu menjelaskan, baik Persibo maupun Persema sama-sama mempunyai peluang banyak. Namun, tim tuan rumah lebih beruntung karena mampu memaksimalkan peluang menjadi gol. “Ya itu tadi, kita kurang beruntung,” ulangnya.

Sementara itu, manajemen Persibo juga tak terlalu kecewa dengan kekalahan tersebut. “Kalau kalah 2-1 ya masih wajar, meski kita ingin menang,” kata Manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha.

Dia menjelaskan, kalah dengan skor tipis di kandang lawan merupakan sesuatu yang cukup menggembirakan. “Tapi tugas di pertandingan selanjutnya menjadi lebih berat dan itu perlu kerja keras semua. Bukan hanya tim, tapi pemain, pelatih dan manajemen, serta dukungan masyarakat,” katanya.

Jika manajemen tim tak terlalu kecewa, maka lain halnya dengan kelompok suporter Boromania. Kekalahan tersebut menjadikan luka mereka semakin menganga. Kelompok suporter ini kembali menyerukan agar Uci dipecat. “Kita sudah ngomong berulang-ulang untuk segera ada perubahan,” kata Jasmo Priyanto, ketua harian Boromania.

Menurut dia, kekalahan 2-1 atas Persema merupakan bukti tambahan yang memperkuat argumen bahwa Persibo perlu ganti pelatih. Yayak, dirijen dari Boromania, menambahkan, tuntutan pergantian pelatih tidak bisa ditawar lagi. “Ini sudah merupakan kebutuhan jika tidak Persibo akan degradasi,” katanya.

Sebelumnya, Boromania pernah menuntut agar Uci mundur. Bahkan, mereka mengancam akan melakukan demo. Namun, ancaman itu ternyata hanya gertakan. Tak ada demo penuntutan Uci lengser dari kursinya. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)

24 Responses to “2 Persema vs Persibo 1 : Pulang tanpa Poin”

  1. dons
    October 29, 2008 at 8:48 am #

    TARGET REALISTIS PERSIBO 2008 : SING PENTING ORA DEGRADASI !!!! PLEASE ……….

    [Reply]

  2. Andie2x lumut
    October 29, 2008 at 9:03 am #

    “Kami hanya kurang bruntung” kata pelatih PERSIBO sanusi rahman

    matamu klebon 1-0 pelatih nyantai ae..G enek reaksi blas…

    Jarene sdah menemukan kerangka permainan.Kerangka tulang kekalahan to py?

    Ws mancing nek pinggire omhQ ae ci..Ci ora usah ngelatih PERSIBO.Nggarahi nyepet-nyepeti boromania…

    [Reply]

  3. rejz.boromania.ngalamraya
    October 29, 2008 at 9:37 am #

    waduh kalah maning-kalah maning…

    bwt pak manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha yang terhormat… menanggapi argumen bapak saya pikir kurang tepat, mosok kalah kq tetep bangga iki py?? “Kalau kalah 2-1 ya masih wajar, meski kita ingin menang”

    pak meskipun kita kalah (1-0 atau 10-0 ataupun brapa sekornya) kekalahan tidak akan mendapatkan nilai alias enoll gede!! jadi please jangan bilang kekalahan adalah hal yang wajar.. bapak boleh bilang kekalahan adalah wajar jika memang anda mematok target dari persibo adalah terdegradasi!!

    [Reply]

  4. fphoer_BORomaNi@maLang
    October 29, 2008 at 11:28 am #

    WAH KekaLahan kemarin tu gara2 kesaLahane PeLatih,,!!! yaitu memasukkan Fadhli Sanusi “Anak Sanusi Rahman” yang gak becus,,,,!!!!!!!!! buktinya setelah Sanusi di ganti pada akhir babak kedua PERSIBO banyak memiliki peluang dan akhirnya dapat memperkecil ketinggalan lewat Iswandi Da’i.!!!!
    Pelatihnya harus profesional dong……!!!! Jangan mentang2 anaknya menjadi Line Up inti PERSIBO..!!!!!
    di PASURUAN PERSIBO WAJIB MENANG……….!!!!!!!!

    [Reply]

  5. Inthul
    October 29, 2008 at 12:09 pm #

    Kalah lg ya Bro? Sabar Bro..Smua msh wajar bl mliat pjuangan para pemain yg sdh maksimal..Apa pjuangan smua pihak kmrn g perlu diapresiasi? Hwahaha..TETAP SEMANGAT Bro!! Ayo pak San-uci,maju perut pantat mundur, mundur,mundur, mundur,mundur æ Ci kowe Ci!

    [Reply]

  6. Boromania354
    October 29, 2008 at 12:35 pm #

    Buat apa beli pemain Asing klo malah jadi Cadangan/malah ga’ main…. [bukan hanya dlm dunia politik saja ada KKN tapi dlm sepakbola juga terjadi] yaitu Fadhli Sanusi “Anak Sanusi Rahman” yang mentang-mentang anake pelatih di maino[maine ELEK piyan]… klo targetnya “hanya tdk Degradasi” mendingan gak usah ikut kompetisi sekalian!!!daripada buang-buang uang APBD percuma!!!! gak ada kebanggaan yang didapat..[boromania butuh prestasi bukan sensasi]…??! piye pak manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha yang terhormat……….

    [Reply]

  7. dons
    October 29, 2008 at 12:53 pm #

    ngene wae piye … kalau abis putaran 1 point persibo nggak bisa 18, nggak boleh kurang , pelatih harus angkat kaki dari persibo. Setuju nggak … pelatih juga harus di target dengan target yang jelas.

    [Reply]

  8. Andhie2x lumut
    October 29, 2008 at 1:03 pm #

    Kbr dr radar malang varney d incar Arema. Mohon mas sweed d upload britanya d radar malang agr boromania mengetahui….Thanks

    [Reply]

  9. rejz.boromania.ngalamraya
    October 29, 2008 at 1:43 pm #

    Dikutip dari radar malang (jawa pos group)
    —————————————————

    Varney Masuk Bursa

    Intensif Lakukan Komunikasi dengan Persibo

    MALANG – Striker Persibo Bojonegoro Varney Pas Boakay dikabarkan masuk bursa pemain asing yang akan memperkuat Arema pada putaran kedua nanti. Kabar bergabungnya pemain asal Liberia tersebut semakin santer terdengar setelah komunikasi antara Arema dan Persibo semakin intensif.

    Dibangunnya hubungan baik antara Persibo dan Arema diakui pelatih Arema Gusnul Yakin. Namun, hubungan itu dibangun bukan hanya sekadar untuk mengincar Varney. “Saya kemarin (Selasa) bertemu dengan orang-orang Persibo di tempat mereka menginap. Tapi, bukan dalam rangka membicarakan Varney. Anda dapat kabar darimana kalau Varney akan ke Arema, saya kok malah tidak tahu,” elak Gusnul.

    Selain itu, Gusnul juga langsung datang ke Stadion Gajayana untuk menyaksikan laga Persibo menghadapi tuan rumah Persema dalam laga lanjutan divisi utama di Stadion Gajayana, kemarin. “Saya tak khusus memantau Varney. Kebetulan Arema libur latihan, jadi saya sempatkan untuk nonton,” tambah pria yang pernah memoles Persibo tersebut.

    Selain hubungan yang baik antarklub, kabar yang semakin menguatkan Varney ke Arema adalah faktor kedekatan pemain berusia 25 tahun tersebut dengan Gusnul. Selama dua tahun melatih di Bojonegoro, Gusnul selalu menjadikan Varney sebagai pemain andalannya. Bahkan, Gusnul merupakan orang terdepan di Bojonegoro yang menggandoli Varney ketika dia akan direkrut klub lain.

    Bukan hanya Gusnul yang datang ke stadion untuk memantau Persibo. Asisten Manajer Arema Muhammad Taufan juga tampak menyaksikan laga di Gajayana. Sama halnya dengan Gusnul, Taufan mengelak bahwa kedatangannya ke stadion untuk mendekati Varney. “Saya sudah lama tak menyaksikan Persema bertanding. Mumpung ada kesempatan, saya sempatkan untuk nonton. Jadi, bukan karena memantau Varney,” kilah Taufan.

    Adanya hubungan yang intensif antara Arema dan Persibo juga diakui oleh manajemen tim berjuluk Laskar Angling Dharma tersebut. Asisten Manajer Persibo Imam Sardjono mengatakan, antara Arema dan Persibo sudah terjalin hubungan yang sangat baik. Beberapa kali, kedua kesebelasan terlibat pembicaraan informal.

    Hanya saja, lanjut Sardjono, sampai saat ini belum ada pembicaraan apapun mengenai Varney. “Kemarin (Selasa), saya bertemu dengan Pak Gusnul. Tapi, nggak ada pembicaraan mengenai Varney,” ucap Sardjono.

    Tapi, menurutnya, tak menutup kemungkinan, Arema memang berniat untuk mengambil striker Persibo itu. Bagi Persibo sendiri, pada dasarnya tak mempermasalahkan bila Arema memang membutuhkan tenaga Varney. “Tentunya harus melalui prosedur yang ada. Misalnya melalui mekanisme transfer,” imbuh dia.

    Menurut Gusnul, hingga saat ini dia belum mau membicarakan pemain-pemain yang akan diambil Arema pada putaran kedua nanti. Sebab, dirinya masih fokus menghadapi laga terakhir Singo Edan di putaran pertama Indonesia Super League menghadapi Persib Bandung di Stadion Jalak Harupat, pada 2 November nanti. (fir/abm)

    [Reply]

  10. Yudhi
    October 29, 2008 at 1:55 pm #

    jangan pantang menyerah. ayo kalah terus!!!!!!
    Masukkan gol sebanyak mungkin ke gawang sendiri!!!!!!

    [Reply]

  11. rejz.boromania.ngalamraya
    October 29, 2008 at 1:56 pm #

    Dikutip dari Jawa Pos (29/10/08)
    —————————————
    Gusnul Cari Teman

    MALANG – Gusnul Yakin bakal punya teman dari Persibo. Sebab, Arema Malang dikabarkan tengah mendekati Varney Pas Boakay, penyerang Persibo, untuk direkrut pada putaran II Indonesia Super League (ISL) 2008/2009.

    Gusnul pernah menangani Persibo sebelum hengkang ke Singo Edan -julukan Arema. Kabar bergabungnya pemain asal Liberia itu santer terdengar setelah komunikasi antara Arema dengan Persibo semakin intensif.

    Dibangunnya hubungan baik antara Persibo dengan Arema tersebut diakui Gusnul. Namun, hubungan itu dibangun tidak sekadar untuk mengincar Varney.

    “Saya kemarin (Selasa, Red) bertemu dengan orang-orang Persibo di tempat mereka menginap. Tapi, bukan membicarakan Varney. Anda dapat kabar dari mana bahwa Varney akan pindah ke Arema, saya kok malah tidak tahu,” ucap Gusnul.

    Selain itu, Gusnul juga langsung datang ke Stadion Gajayana untuk menyaksikan laga Persibo menghadapi tuan rumah Persema dalam laga lanjutan Divisi Utama di Stadion Gajayana kemarin. “Saya tak khusus memantau Varney. Kebetulan Arema libur latihan, jadi saya sempatkan untuk nonton,” tambah pria yang pernah memoles Persibo tersebut.(fir/abm/jpnn/diq)

    [Reply]

  12. Aries 13
    October 29, 2008 at 6:45 pm #

    Selamat malam mas wied……
    Maaf mas wied saya mw ngomentari orang2 yg uda ngasih comont buat kekalahan persibo kmrn.
    klo misal anda lht sendiri kstadion gajayana kmrn,itu penampilan terbaik persibo selama ph uci pegang persibo mulai vs PSIR…..
    skrg kita realistis aja,skrg persibo ada di kasta divisi utama bukan ISL…!!semua tim besar(di divisi utama) dengan dana yg besar juga pasti akan ngelakuin sgala cara buat kemenangan timnya,termasuk mslh nonteknis(wasit mksdya)….klo wasit kmrn fair pasti uda ngash pinalti buat persibo, wong jelas2 pemain persema handsball….itu yg pertama..
    yg kedua….kmrn yg dilawan persibo adalah tim dgn materi pemain yg bagus2…tp persibo bisa kurung mreka sepanjang ba2k kedua….cuma emang kita kurang beruntung..sepakbola juga ada foktor LUCKY mas…
    Jadi saya mohon buat yg BENER2 CINTA SAMA PERSIBO TETEP DUKUNG PERSIBO SAMPE KAPANPUN…JANGAN MAU MENANGNYA AJA,SEMUA TIM PASTI PENGEN MENANG TP TIAP PERTANDINGAN ADA MENANG KALAH…SAYA SEBAGAI PEMAIN JUGA PENGEN BISA MENANG TERUS MAS…MAAF MAS ITU CUMAN COMENT DARI SAYA BUAT SEMUA YG BENER2 CINTA PERSIBO….

    [Reply]

  13. sweedia
    October 29, 2008 at 9:31 pm #

    Malam juga mas Aries,

    Terima kasih sudah memberi penjelasan langsung kepada kami. Kemarin saya juga di telpon sama mas Darto (yang juga menyaksikan langsung dari Stadion Gajayana) katanya sih Persibo secara permainan gak kalah (terutama di babak kedua) sama Persema yang notabene memang berisi pemain yang kenyang pengalaman di Divisi Utama, peluang kedua tim juga sama banyak, mungkin bener kata sampean faktor luck berbicara disini.

    Kalo soal dukungan, jangan ragukan saya dan Boromania yang lain mas, insyaAllah selama Persibo masih ada kita tetap loyal dukung Persibo untuk tetap berada dijalur yg benar, kalo sudah keluar jalur, kita akan coba bantu mengembalikan ke jalurnya. Kalau bukan Boromania siapa lagi yang bakal memberi dukungan buat Persibo. hehe,,,

    Mungkin Boromania sudah kadung punya ekspektasi tinggi pada tim ini, semenjak penampilan bagus Persibo di Liga Jatim dan mengalahkan Persebaya di awal Liga Divisi Utama.

    Kalah menang sudah biasa mas dalam pertandingan, tapi kalau kalah terus itu adalah sebuah pertanda. hehe,,,

    Maju terus mas Aries,,, Persibo,,,,, tebus poin di Pasuruan. Kalo lawan Persema saja kita bisa mengurung mereka, lawan Persekabpas harusnya bisa menang mas. 3 poin.

    Btw kemarin golnya Iswandi Da’i keren tuh, mas Aries, bilangin sama Varney jangan puasa bikin gol hehe,,,

    Duh, kok curhat wekekeke

    [Reply]

  14. sweedia
    October 29, 2008 at 9:36 pm #

    @dons :
    sepengetahuan saya untuk Grup timur ini yang degradasi hanya 1 tim saja, saya rasa kalau untuk terhindar dari degradasi itu bisa.

    Kalau menurutku targetnya adalah jangan sampe dibawah Gresik United hehehe,,, gengsi bos

    [Reply]

  15. soel-9
    October 29, 2008 at 9:57 pm #

    maaf nek ngecewain…..,
    mksh dah dukung psbo…….
    kami mencoba bangkit…

    [Reply]

  16. sweedia
    October 30, 2008 at 12:21 am #

    makasih samsul arif sudah berkunjung disini,,, sering-sering main kesini bos hehe,,,

    [Reply]

  17. Inthul
    October 30, 2008 at 1:42 am #

    Sugeng enjèng,dulur.. Alhamdu Lillah, komunakasi tbangun, antara “yg mdukung” dg “yg didukung”..Smg pemæn læn bs ikt nimbrung.. Btw,m’antisipasi kmungkinan tburuk;Varney dboyong Arema,pye kang sams(ul arif) siap po ra:-(?..Truz, dr pemæn mnanggapi mslh Varney ke AREMA pye? Tul ga sih brita itu?

    [Reply]

  18. dons
    October 30, 2008 at 8:44 am #

    mas wid , opo bener iku samsul arif pemain ? jangan jangan samsul maarif he..he..

    [Reply]

  19. sweedia
    October 30, 2008 at 10:08 am #

    hehe,,, percoyo ae mas, samsul arif, penggemar lionel messi :) bocah e sering online friendster e :) gayane nulis masih keliatan abg mas, senengane disingkat-singkat koyo smsan, wekeke

    [Reply]

  20. Idhem yo Podho
    October 30, 2008 at 1:30 pm #

    Kalah kok terussss, trus kapan menange. wes duwek e masyarakat bojonegoro ga sah di gawe bal2 an. mending di dumno wae. Lawong masyarakat e sek akeh seng mlarat, mangan sego tiwul jangan lumbu sek sak ngon2.

    [Reply]

  21. Inthul
    October 31, 2008 at 7:36 am #

    Hwahahaha..Iso æ mas wied,ki..

    [Reply]

  22. dons
    October 31, 2008 at 11:05 am #

    wah fenomena bagus tuh mas wid , komunikasi dua arah antara fans dengan pemain. kalau bisa semua pemain sering sering online dimari ( he..he pinjem ” dimari ” nya di shotbox , padahal punya orang tangerang tuh.. ). Jadi kita mau komen apa aja biar pemain baca sendiri langsung. Kalau bisa ya balas di komen. Buat SA9 ( ben podo karo CR7 ) , bikin goal yang buanyak yo……….

    [Reply]

  23. sweedia
    October 31, 2008 at 12:45 pm #

    iya, saya juga berterima kasih sama ari VOC yang sudah memberitahu keberadaan web ini ke pengurus, syukurlah kalo akhirnya ada pemain yang gabung disini

    buat mas Aries 13 sama SA9 ajakin juga tuh il capitano kita ID15 (Iswandi Da’i 15), gw ngefans sama tendangan jarak jauhnya tuh, btw mas Aries mana yah kok belum komen biasanya sehari sebelum pertandingan minta doa restu dulu disini heheh,,,

    hyuk mari hehe,,,

    [Reply]

  24. aan
    October 31, 2008 at 2:07 pm #

    maju terus persibo sebenernya kita dak kalah sama persema cuman wasite iku lagek belajaran dadine ngawor. PERSIBO pasti juara

    [Reply]

Leave a Reply