2 Persiba vs Persibo 0 : Peluang Papan Atas Menipis

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro harus mengakui keunggulan tuan rumah Persiba Bantul, 2-0, dalam lanjutan Liga Esia di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (28/4). Ini skor yang sama seperti hasil duel putaran pertama lalu, yang juga dimenangi Persiba. Dengan kekalahan ini, peluang Persibo untuk naik ke posisi empat besar semakin menipis.

Laga babak pertama baru berjalan empat menit, Persiba sudah unggul. Gol pembuka kemenangan Persiba Bantul dihasilkan melalui sundulan kepala Seto Nurdiantoro pada menit empat setelah menerima umpan matang dari Johanes Yuniantara.

Sedangkan gol ke dua Persiba Bantul dicetak Ugik Sugiyanto pada menit 47 setelah menerima umpan matang dari Ezequiel Gonzalez.

Ugik yang berdiri bebas di depan gawang langsung mengarahkan bola melalui tendangan setinggi lutut tepat di sisi kiri penjaga gawang Persibo Heri Prasetyo yang terlambat mengantisipasi gerakan Ugik.

Persiba tidak mendapat kemenangan dengan mudah, karena di babak kedua, praktis Persibo mengurung rapat pertahanan Persiba, namun beberapa peluang gagal dimanfaatkan sehingga pertandingan berakhir dengan kedudukan 2-0.

Dalam pertandingan tersebut wasit Adi Riyanto dari Kendal, Jawa Tengah mengeluarkan empat kartu kuning, salah satunya untuk pemain Persibo Bojonegoro, Varney Pas Boakai karena memprotes keputusan wasit.

Pelatih Persiba Nandar Iskandar, seusai pertandingan, mengatakan, anak-anak bermain bagus kecuali pada babak kedua. “Saya harap tadi, pemain depan kami bisa menahan bola cukup lama kala menyerang. Tapi tidak. Bola jadi cepat direbut Persibo untuk balik menyerang,” katanya .

Sedangkan Pelatih Persibo Sartono Anwar mengatakan, para pemainnya tak bisa memanfaatkan peluang. “Persiba main cukup bagus, tapi sebenarnya kami punya peluang. Sayang tidak gol,” ujar Sartono.

Data dan Fakta:
Gol: 27. Seto Nurdiantoro 4′, 22. Ugik Sugianto 47′ (Persiba)
Kartu Merah: –
Kartu Kuning: Arif Musafak, Ugik S. (Persiba), Varney P. Boakay, M. Gani Pulhele (Persibo)

Persiba:
12. Arif Musafak, 4. Kahudi Wahyu, 14. Hari S., 32. Michael Ndubuisi, 3. Yohanes Yuniantara, 8 Chairul Anam, 16. Febi Martika, 23. Gani Nugraha, 27. Seto nurdiantoro, 9. Ezequiel Gonzales, 22. Ugik Sugianto

Persibo:
1. Herry P., 6. M.Hamzah, 13. A. Aries Tuansyah, 18. M. Gani Pulhele, 3. Achmad Sumardi, 10. Abel Cielo Quioh, 22. Morrys Power Bayour, 15. Iswandi Dai, 88. Nurhidayat, 9. Samsul Arif, 7. Varney Pas Boakay