2 Persibo v Gresik United 5 : Gagal Lolos Semifinal

Gresik United (GU) menempatkan diri sebagai salah satu semifinalis Liga Jatim VI (Piala Gubernur 2007). Kepastian itu didapat setelah tim polesan Sanusi Rachman tersebut mengalahkan tuan rumah Persibo Bojonegoro pada leg kedua babak delapan besar di Stadion Petrokimia, Gresik.

Dalam pertandingan itu, GU mengempaskan Persibo dengan skor 5-2 (2-2). Sedangkan pada leg pertama (16/12), Persibo dikalahkan oleh GU dengan skor 4-1. Dengan demikian, GU memiliki agregat gol 9-3.

Dalam laga kemarin (18/12), legiun asing GU Junior Ondoua mencetak hat-trick. Masing-masing terjadi pada menit ke-41, ke-58, dan ke-68. Dua gol lainnya disarangkan oleh Ory Kambuaya pada menit ke-45 dan Ainur Rochim pada menit ke-77.

Kemenangan besar tersebut sejatinya harus dilalui dengan perjuangan berat. Absennya Lexe Anderson membuat lini belakang GU mudah ditembus lawan pada menit-menit awal. Buktinya, Persibo berhasil mencuri gol pada menit ke-11 melalui Beni Hertanto yang memanfaatkan kemelut di depan gawang GU, dan gol dari tendangan bebas Iswandi Da’I pada menit ke-37.

Angin mulai berbalik saat memasuki sepuluh menit terakhir babak pertama. Pada menit ke-41, Junior mencetak gol pertama GU melalui tendangan penalti setelah pemain GU Andri dijatuhkan di kotak terlarang. Selang empat menit kemudian, sundulan Ory membobol gawang Persibo yang dikawal Nugroho Brahmantiko. Pada babak kedua, Persibo harus kehilangan Nasrul Hariono yang dikartu merah oleh wasit Karyono karena men-tackling Andri. Buntutnya, lahir tiga gol tambahan bagi GU. Dua di antaranya dicetak oleh Junior pada menit ke-58 dan ke-68. Satu gol lagi disarangkan oleh Ainur Rochim pada menit ke-77.

Sasi Kirono, asisten pelatih GU, mengungkapkan rasa syukurnya atas kemenangan itu. “Kami memang sempat tidak fokus sehingga kecolongan dua gol. Untung, kami berhasil bangkit dan membalikkan keadaan,” terangnya.

Sementara itu, pelatih Persibo Gusnul Yakin menerima kekalahan tersebut dengan lapang dada. “Kami bermain dengan materi minim. Ya, itu merupakan yang terbaik yang bisa kami lakukan,” tuturnya. “Saya hanya menyayangkan penonton yang meniup peluit sehingga mengganggu konsentrasi pemain Persibo,” imbuhnya.

Dalam babak semifinal nanti, GU bersua dengan Arema Selection yang menyingkirkan Persida Sidoarjo pada babak perempat final. Leg pertama dijadwalkan dimainkan pada 21 Desember mendatang di Malang. “Semoga saat menghadapi Arema nanti, kami bisa bermain lebih baik sehingga dapat melaju ke final,” ujar manajer GU Ali Mukhid. (nar/ko)

Susunan Pemain:

Persibo: 22-Nugroho Brahmantiko (g), 2-Novan Setya (k), 23-M. Zaini, 14-Supriyadi, 5-Nasrul Hariyono, 25-Bambang Sumantri, 13-M. Budiana, 15-Iswandi Da’i, 8-Reggi Radityo/4-Hari Purnomo (’55), 10-Beni Hertanto, 28-Ali Usman/9-Rono Irawan (’87).

Gresik United: 20-Wawan Hariyono,13-,Aries Tuansyah, 15-Steven Eko, 14-Fery Hadi/2-George Weah (’82), 18-Andri, 10-Dominic Wisseh, 6-Yossi A.P./8-Ainur Rochim (’66), 16-Yance Katehokang, 24-Wawan Effendi/29-Khabib Syukron (’70), 11-Ory Kambuaya/19-Nanang (’89), 9-Junior Ondoua.
(sumber : Indopos)

One Response to “2 Persibo v Gresik United 5 : Gagal Lolos Semifinal”

  1. boy jkt
    January 23, 2008 at 3:17 pm #

    loh kok kalah sich????????ayo buktikan kalo juaraa divisi 1,tetap semangat yaaa semoga dengan dukungan dari pemkab(dengan anggaran daerah 10M).dan masy. bojonegoro di divisi utama kita juara lg.merdekaaaa

    [Reply]

Leave a Reply