2 Persibo vs Perseman 1 : Amankan Tiga Poin

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro berhasil mengamankan tiga poin jatah laga home di lanjutan kompetisi divisi utama. Tim polesan Sartono Anwar itu kemarin (6/5) sore mengalahkan tamunya Perseman Manokwari dengan skor 2-1 di Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro.

Tiga gol yang tercipta di laga tersebut lahir di babak pertama. Dua gol Persibo diborong striker lokal Samsul Arif pada menit ke-15 dan 38. Khusus gol kedua Samsul, penonton sempat kagum. Sebab, dia menciptakan gol itu melalui tendangan salto. Sementara gol tim tamu dicetak Rahel Tuasalamony pada menit ke-42.

Kemenangan Persibo di laga itu harus dibayar mahal. Striker asing andalannya Varney Pas Boakay dipastikan tak bisa tampil di laga berikutnya melawan Persebaya Surabaya. Sebab, Varney mendapat kartu kuning di laga kemarin. Kartu kuning itu diberikan karena striker asal Liberia tersebut protes kepada wasit di menit ke-33. Bagi Varney, itu adalah kartu kuning keduanya, sehingga dia harus menjalani hukuman sekali larangan bertanding.

“Saya tidak mau komentar karena saya tak tahu peristiwanya,” kata pelatih Sartono Anwar menjawab pertanyaan tentang kartu kuning yang diberikan kepada Varney.

Menurut dia, terpenting dalam pertandingan kemarin adalah Persibo memetik kemenangan atas Perseman. Meski mendominasi pertandingan, Persibo kesulitan mencetak gol lagi setelah unggul 2-0.

Permainan tim tamu yang tak mau menyerah, membuat pendukung Persibo sempat cemas. Beberapa kali serangan anak asuhan Safrudin Fabanyo itu membayakan gawang Persibo yang dikawal Hery Prasetyo. “Kita punya banyak peluang tapi tak hanya dua yang menjadi gol,” tambah Sartono Anwar.

Dia menjelaskan, minimnya jumlah pemain yang dimiliki membuat dirinya tak punya pilihan banyak dalam meracik tim secara utuh.

Sementara itu, pelatih Safrudin Fabanyo usai pertandingan menjelaskan, dibandingkan tim tuan rumah, anak asuhnya bermain lebih baik. Namun, banyaknya peluang yang diciptakan anak asuhnya tidak bisa diselesaikan menjadi gol. “Tapi permainan cukup bagus,” katanya.

Dengan hasil kemenangan itu, Persibo berpeluang memperbaiki posisi di klasemen sementara. Saat ini, Persibo berada di posisi ke-7 dengan mengumpulkan 38 poin hasil 11 kali menang, 5 kali seri, dan 9 kali kalah. Sementara Perseman tetap berada di peringkat ke-6 dengan 39 poin, 12 kali menang, 3 kali seri, dan 9 kali kalah.

Jika pada pertandingan melawan Persebaya 10 Mei nanti Persibo menang dan Perseman kalah dari Gresik United, maka Iswandi Da’i dkk akan menggeser posisi Perseman di klasemen akhir. (rb/ade)