2 Persibo vs Sriwijaya FC 2 : Tak Sesali Hasil Imbang

Kesebelasan Sriwijaya FC memastikan diri melangkah ke semifinal Copa Dji Sam Soe 2009. Pada pertemuan kedua di babak delapan besar Copa melawan Persibo Bojonegoro, Senin (15/6) di Stadion Kanjuruhan Malang, Sriwijaya FC berhasil menahan imbang tuan rumah Persibo dengan skor imbang 2-2.

Hasil tersebut tidak sebagus saat pertemuan pertama mereka di Stadion Jaka Baring Palembang kala itu, di mana tuan rumah Sriwijaya FC menang telak 5-0. Dengan hasil leg kedua ini, Sriwijaya FC lolos dengan agregat 7-2.

Pada laga ini, kedua kesebelasan sebenarnya menurunkan skuad terbaiknya. Hanya saja permainan terlihat lambat panas. Permainan mulai berkembang usai menit ke-25, sejak wasit Ole Hadi dari Tangerang meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.

Di menit ke-28, gelandang serang Sriwijaya FC, Obiora, memanaskan pertandingan setelah tendangannya memanfaatkan umpan menyamping dari Wijay, gagal diantisipasi kiper Persibo, Heri Prasetyo. Kedudukan 1-0 bagi keunggulan sementara “Laskar Wong Kito”.

Kebobolan terlebih dahulu, para pemain Persibo terlihat lebih senang berkutat di lini belakang. Akibatnya, dengan mudah barisan penyerang Sriwijaya FC kembali mengobrak-abrik lini belakang mereka.

Enam menit setelah gol pertama, Obiora kembali berhasil memaksa kiper Persibo memungut bola dari dalam jaringnya. Kali ini, aksi individu Obiora gagal dihentikan oleh pemain-pemain belakang “Laskar Angling Dharma”.

Kedudukan 2-0 untuk tim tamu. Keunggulan ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Sriwijaya FC mengganti sejumlah pemainnya seperti pemain belakang Tsim J.Joel dan Safrudin, serta pemain penyerang, Non A Djam. Sementara Persibo, tetap mempertahankan skuad yang dipakainya sejak awal.

Babak kedua ini rupanya Persibo mulai tampil lebih agresif dan percaya diri. Mereka lebih berani melakukan umpan-umpan panjang ke depan, dan bertarung langsung di lini pertahanan lawan.

Model permainan tersebut cukup efektif, karena di menit ke-52, striker Persibo Varne Pas Boakai berhasil memperkecil ketertinggalan setelah tendangannya memanfaatkan bola muntah dari tangan kiper Sriwijaya FC, Ferry Rotensulu, mampu menjebol gawang lawan. Kedudukan berubah 2-1, masih bagi keunggulan tim tamu.

Gol kedua Persibo lahir di menit ke-82 dari kaki gelandang Abel Cielo, setelah berhasil mengecoh stoper Srwijaya FC, M. Nasuha. Kedudukan 2-2 bertahan hingga permainan usai.

Sartono tampak puas dengan performa timnya meski gagal memenuhi target meraih kemenangan. Mereka mampu memberi perlawanan meski menghadapi tim elit Liga Super.

“Meski gagal, tapi kami bermain bagus. Serangan dan pertahanan kami cukup baik. Mereka bermain bagus dan termotivasi untuk memberi perlawanan terhadap tim kuat seperti Sriwijaya FC,” ungkap Sartono.

“Kita harus mengakui, Persibo memang kalah dari Sriwijaya FC, sehingga tidak ada yang perlu disesali,” kata Manajer Persibo, Dadang Hendrayudha, Senin.

Adapun Pelatih Sriwijaya FC, Rachmad Darmawan menuturkan bahwa pada laga tersebut ia tetap menurunkan skuad intinya, sebagai bentuk uji coba menjelang semifinal dengan Persijap Jepara, Sabtu (20/4) mendatang di Jepara.

“Saya tetap menurunkan pemain-pemain inti sebab sekaligus uji coba bagi pertandingan berikutnya. Strategi seperti ini pula yang akan kami pakai pada pertemuan mendatang. Meski begitu, tadi di babak kedua pemain-pemain yang mendapatkan kartu kuning segera saya tarik agar tidak terkena akumulasi kartu. Persibo kali ini bermain bagus,” ujar Rachmad.

Memang nanti pada pertemuan dengan Persijap, Rachmad mengaku skuad pemain intinya bisa seluruhnya turun. Tidak ada yang terganjal akumulasi kartu atau cedera.(kmp)

Tags: