3 Persibo vs Arema 1 : Pecundangi Arema

Persibo Bojonegoro memastikan diri lolos ke babak 32 besar setelah menang 3-1 atas Arema Malang dalam laga kedua Copa Indonesia di Stadion Wilis, Madiun, kemarin. Persibo unggul dengan agregat gol 4-3 setelah sebelumnya kalah dengan skor 1-2 di kandang Arema Malang pada laga pertama.

Kemenangan kali ini seakan menjadi ulangan Copa Indonesia setahun lalu. Saat itu Persibo mampu menjungkalkan tim besar Persik Kediri dan lolos ke babak 32 besar. Sebelumnya, pada tahun yang sama Persibo juga menjungkalkan Persela Lamongan di babak penyisihan Liga Katim. Dengan sederet kemenangan atas tim besar tersebut seakan mengokohkan sebutan Persibo sebagai Ther Real Giant Killer.

Pada babak selanjutnya Persibo bakal bertemu dengan PPSM Sakti Magelang yang pada 6 November lalu mengalahkan Persis Solo. Namun, jadwal pertandingan belum ditentukan oleh Badan Liga Indonesia.

“Ini kemenangan yang luar biasa,” kata Manajer Persibo Dadang Hendrayudha kepada Radar Bojonegoro kemarin.

Dia menyatakan bahwa kemenangan itu diraih atas hasil kerja keras semua unsur tim. Yakni, pelatih, manajemen, Boromania, dan masyarakat luas. Pria yang juga Dandim 1813 Bojonegoro ini menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Persibo sehingga bisa mengalahkan tim sebesar Arema.

Dalam pertandingan kemarin, meski “dikepung” Aremania (pendukung Arema), para pemain Persibo tak surut mental. Dukungan Boromania yang jumlahnya mencapai seribu orang, juga patut diacungi jempol. Sepanjang perandingan, loyalis Persibo ini bernyanyi dan memberikan dukungan, meski kalah jumlah.

Tanpa mengesampingkan pemain lain, Samsul Arief menjadi pahlawan Persibo dengan dua golnya. Sedangkan gol Varney pada menit ke-82 memastikan kememangan Persibo atas tim berjuluk Singo Edan tersebut.

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Setiono asal Sidoarjo kemarin Persibo langsung tampil menggebrak. Bahkan, di babak awal tersebut Persibo mendominasi pertandingan, sehingga gol tinggal menunggu waktu.

Puncaknya pada menit ke-27 babak pertama. Sebuah serangan yang rapi dari lini belakang menggunakan kerja sama umpan pendek pemain Persibo berhasil menerobos pertahanan anak asuh Gusnul Yakin. Saat itu Yellow yang memberikan umpan kepada Varney diteruskan kepada Iswandi Da’i yang kemudian diumpankan ke Samsul Arief. Samsul pun menerusakn dengan tendangan keras ke sisi kiri gawang Roly Yasin yang gagal dijangkau. Bola keras dan datar itu pun menggetarkan jala gawang lawan dan mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Persibo. Kedudukan ini bertaha sampai berakhirnya pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua Arema yang tampil jauh di bawah performance-nya mulai melakukan rotasi dengan mengganti sejumlah pemain asingnya. Namun, lagi-lagi justru Samsul berhasil mencetak gol lagi pada menit ke-65. Tak lama kemudian, Iswandi Da’i hands ball di kotak terlarang. Bachtiar, pemain pengganti Arema, akhirnya berhasil mencetak gol dari titik putih.

Meski berhasil memperkecil ketinggalan, performance Arema tak kunjung naik. Sebaliknya, Persibo justru semakin menjadi-jadi. Puncaknya, pada menit ke-82 Varney juga berhasil mencetak gol melalui serangan balik yang cepat. Tendagan keras pemain asal Liberia iini mengubah skor menjadi 3-1.

Skor itu bertahan sampai berakhirnya seluruh pertandingan, sekaligus membuat Persibo yang tidak dunggulkan melawan Arema lolos ke babak 32 besar. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)