3 Persibo vs Persipura 4 : Kena Pengaruh Latihan Fisik

Latihan fisik yang dilahap para pemain Persibo beberapa hari terakhir menimbulkan situasi antiklimaks. Atas hal itu pula, Persibo harus bertekuk lutut di hadapan penguasa Djarum Indonesia Super League (DISL) Persipura dengan skor 3-4 (2-0) di Stadion Petrokimia Gresik kemarin (17/12).

Padahal, Iswandi Dai dkk sempat unggul 2-0 hingga babak pertama berakhir melalui Samsul Arif pada menit ke-10 menit dan Varney Pas Boakay pada menit ke-33. Satu gol tambahan Laskar Angling Dharma, julukan Persibo, kembali dicetak Samul di menit ke-72.

Sementara, empat gol Persipura dihasilkan melalui tendangan penalti Boaz Salossa pada menit ke-48, tandukan Bio Paulin Pierre menit ke-54, serta sontekan Ernest Jeremiah di menit ke-60 dan 82.

Pelatih Persibo Sartono Anwar mengatakan bahwa secara umum uji coba tersebut berjalan cukup ketat. Kedua tim saling menyerang. Soal skor akhir, ayah defender timnas Nova Ariyanto tersebut mengatakan bahwa hasil akhir tak lepas dari kondisi pemain yang kelelahan.

“Beberapa hari terakhir kami terus melakukan latihan fisik,” ujar Sartono. Dengan begitu, lanjut dia, stamina pemain banyak yang sudah terkuras.

Di sisi lain, laga uji coba tersebut juga dikatakannya sebagai instrumen untuk melihat kemampuan dua pemain seleksi di Persibo. Menurut Sartono, saat ini pihaknya sedang menyeleksi Joni Budiarto dan Charles Uchena. Namun, dia masih menutup rapat hasil penilaiannya.

“Hasilnya, besok (hari ini) baru kami rapatkan,” paparnya.

Sementara itu, pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengatakan, uji coba tersebut dianggapnya sebagai pelajaran berharga. “Kali ini tim kami juga mendapatkan banyak tekanan,” ujar mantan pelatih Persebaya itu.

Menurut dia, hasil evaluasi dari pertandingan tersebut akan dijadikannya bekal untuk kembali memoles tim berjuluk Mutiara Hitam di Papua. (uan/diq)
(Sumber : Jawapos)