3 Persibo vs PSS Sleman 1 : Akhir Manis Putaran Pertama

Persibo Bojonegoro berhasil mengakhiri putaran pertama kompetisi divisi utama wilayah timur dengan manis. Menjamu PSS Sleman di Gelora Delta Sidoarjo, tim berjuluk Laskar Angling Dharma itu memetik kemenangan dengan skor 3-1 kemarin (16/11) sore.

Dua dari tiga gol kemenangan Persibo dilesakkan kapten kesebelasan Iswandi Da’i, masing-masing pada menit ke-65 dan 67. Sementara satu gol lainnya dicetak Syamsul Arief di menit ke-78. Sedangkan satu-satunya gol tim tamu diciptakan Ricardo Diaz pada menit ke-38.

Dengan hasil tersebut, Persibo menutup putaran pertama dengan koleksi 15 poin. Tim berkostum kebesaran oranye tersebut mampu memenuhi target menembus papan tengah di akhir putaran pertama kompetisi kelas dua di tanah air ini.

Pada pertandingan kemarin, Persibo tampil menggebrak sejak awal babak pertama. Sejumlah peluang sempat diperoleh Varney dan Abel C Quioh. Namun, sejumlah peluang itu gagal diselesaikan menjadi gol. Justru tim tamu sempat mencuri gol pada menit ke-38 melalui Ricardo Diaz. Gol itu tercipta karena pemain belakang Persibo kurang cepat menutup pergerakan Ricardo saat Anton Hermawan mengumpankan bola ke arah gawang Dwi Adi N.

Sebenarnya, tendangan Ricardo sempat diblok Dwi Adi. Bola yang muntah itu disambar lagi oleh Ricardo. Tendangan kedua tersebut juga bisa diblok Dwi Adi. Namun, Ricardo kembali menyambarnya dan Dwi pun tak berkutik.

Memasuki babak kedua, Persibo mencoba tampil lebih tenang. Usaha menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-65. Berawal dari aksi Syamsul, si kulit bundar lalu diumpankan ke Iswandi Da’i. Kapten Persibo ini lalu melepaskan tendangan keras ke pojok kiri yang gagal dijangkau kiper Agung Prasetyo. Skor pun berubah menjadi 1-1 di menit ke-65.

Dua menit kemudian, Iswandi mengantarkan Persibo leading 2-1. Proses gol dia pun hampir sama. Namun, kali ini yang memberikan operan Nurhidayat. Unggul 2-1, Persibo semakin menguasai jalannya pertandingan. Puncaknya, terjadi pada menit ke-78. Skrimit di depan gawang PSS berhasil dimanfaatkan Syamsul Arief. Dia mencocor bola hingga menggetarkan jala gawang lawan untuk ketiga kalinya.

Pelatih Persibo Sartono Anwar menyatakan, hasil kemenangan tersebut patut disyukuri. Meski demikian, dia mengakui ke depan masih perlu peningkatan dari tim secara keseluruhan. “Ini kerja keras pemain. Dari tertingal menjadi menang adalah sesuatu yang luar biasa,” katanya senang.

Sementara itu, Manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha menyatakan, setelah melalui masa-masa sulit, dirinya berharap hasil positif di dua pertandingan terakhir Persibo bisa diteruskan. “Namun banyak yang harus tingkatkan setelah kemenangan ini. Dan saya akui ini hasil yang cukup manis,” katanya. (ade)
( Sumber : Radar Bojonegoro )