3 Poin Perdana

Di tengah guyuran hujan cukup lebat, akhirnya Persibo Bojonegoro berhasil menggasak tamunya, Persigo Gorontalo dengan skor meyakinkan 4-1.

Hingga akhir babak kedua, Persibo unggul 4-1 atas tamunya saat bermain di Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro, Minggu (29/11/2009). Hampir 60 persen lebih pertandingan dikuasai anak-anak Laskar Angling Dharma, tiga dari empat gol Persibo diciptakan oleh penyerang kanannya, Abel Cello Quioh.

Sementara itu, satu gol lainnya disarangkan oleh Pierre Sah Kollie. Sejak awal pertandingan, para pemain Persibo terus menekan pertahanan Persigo yang dikoordinasi oleh Kardi Gani dan Sylla Bamba.

Akhirnya, Persibo berhasil memecah kebuntuan pada menit ke 30 melalui sundulan kepala Pierre Sah Kollie, setelah menerima umpan panjang dari M Hamzah dari sebelah kiri pertahanan Persigo. Saat memasuki babak kedua, para pemain Persibo Bojonegoro terus meningkatkan intensitas serangan, sehingga pada menit ke 65 berhasil menambah keunggulan, melalui Abel Cello.

Melalui serangan balik yang cukup cepat, Jajang Paliama membawa bola dari belakangan dan tik-tak satu dua sentuhan dengan Pierre dan langsung diumpan panjang ke Abel.

Dengan ciri khasnya, Abel meliuk-liuk melewati tiga pemain Persigo sebelum mencocor bola ke sebelah kanan gawang Iswan Karim. Bola sebelumnya menerpa tiang gawang sebelah kanan dan memantul ke sebelah kiri, dan akhirnya bola bergulir ke jala Persigo.

Belum selesai para bobotoh Persibo yang biasa dijuluki Boromania bersorak, lagi-lagi Abel Cello membuat barisan belakangan Persigo kelabakan pada menit 74 babak kedua. Dua orang pemain dilewati begitu saja dan dengan tendangan keras kaki kanannya, bola kembali masuk ke gawang yang melompong.

Pada menit ke 85, bintang dari segala bintang pada pertandingan sore tadi kembali membuat Stadion Letjen H Soedirman bergemuruh. Abel Cello membuat tiga gol di laga perdana Persibo di Divisi Utama Liga Indonesia.

Unggul empat gol, para pemain laskang Angling Dharma mengendorkan permainan, sehingga dimanfaatkan tim tamu untuk memperkecil ketinggalan.

Berawal dari tendangan bebas, penjaga gawang Persibo Herry Prasetyo terganggu dengan pergantian pemain yang dilakukan pelatih Sartono Anwar. Ia belum siap, saat Wahyudi Hidayat yang bernomor punggung 27 melepas tendangan kaki kiri hingga begitu saja masuk ke jala Herry. Saat itu tepat memasuki menit ke 87 babak kedua. Dan skor 4-1 tetap bertahan sampai peluit akhir ditiup wasit Abdul Kadir asal Pare-Pare. [air/dul] Susunan Pemain

Persibo: Herry Prasetyo (pg), Victor Da Silva (c), Steven Kasangke, Slamet Sampurno, M Hamzah, Nur Hidayat/Novan Setya, Jajang Paliama, Kukuh Andriyanto/Samsul Huda, M Irfan, Abel Cello Quioh, Pierre Sah Kollie.

Persigo: Iswan Karim (pg), Kardi Gani, Wahyudi Hidayat, Sylla Bamba, Burhanuddin Nihe, Hendri Suge, Marwan Muhammad (c), Iksan Ali Bakar, Bassobeck Henry Joel, Andri A Bakar, Hendra Dumaco.