5 Sriwijaya FC vs Persibo 0 : Terpuruk di Palembang

Copa IndonesiaKesempatan Persibo untuk membuat kejutan dengan lolos ke babak semifinal Copa Indonesia 2008/2009 semakin berat setelah dikalahkan tim asal Superliga, Sriwijaya FC dengan skor telak, 5-0. Pertandingan ini digelar di Stadion Jakabaring, Palembang, Kamis. 28 Mei 2009.

Pada leg pertama babak 8 besar Copa Indonesia 2008/2009 ini, Sriwijaya FC sebenarnya harus kehilangan Budi Sudarsono dan Ngon A Djam. Kedua striker itu absen karena terkena kartu merah dan akumulasi kartu kuning pada duel sebelumnya.

Sebagai gantinya, pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan mendorong Obiora sebagai tandem Keith Kayamba Gumbs. Kesempatan ini langsung dijawabnya dengan dua gol di babak pertama.

Gol pertama Obiora terjadi pada menit ke-19. Lewat umpan terobosan yang disodorkan Zah Rahan, Obiora berhasil merobek jala Persibo yang dijaga Herry Prasetyo. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Tak lama berselang, Obiora kembali menebar ancaman. Lewat sebuah kemelut di depan gawang Persibo pada menit ke-24, Obiora mencetak gol keduanya bagi Sriwijaya FC.

Gol kedua ini berawal dari tendangan keras yang dilancarkan oleh M Nasuha yang masih mampu diblok oleh Herry. Sayang bola rebound jatuh ke kaki Obiora. Kesempatan ini langsung dimanfaatkan Obiora untuk merobek jala Persibo dan merubah skor menjadi 2-0.

Persibo mencoba mengejar lewat aksi Syamsul Arif dan Varney Pas Boakay. Sayang hingga babak pertama usai skor tak berubah 2-0 untuk Sriwijaya FC.

Babak Kedua
Memasuki babak kedua, tim tamu Persibo yang berasal dari kasta Divisi Utama mencoba untuk mengambil alih permainan. Lewat kerjasama Syamsul Arif, Varney Pas Boakay, dan Abel C Quioh, Persibo beberapa kali mampu mengancam gawang Sriwijaya FC.

Bahkan pada menit ke-57, Syamsul Arif berhasil menyarangkan bola ke gawang Ferry. Memanfaatkan umpan silang dari Abel C Quioh dari sisi kiri pertahanan Sriwijaya FC, Syamsul berhasul merobek jala Ferry.

Sayang, gol ini akhirnya dianulir oleh wasit Yandri. Dia menilai Syamsul telah berada dalam posisi off side sebelum melesakkan gol ke gawang Sriwijaya FC.

Keputusan ini sempat mendapat protes dari pemain Persibo. Namun wasit tetap pada pendiriannya dan melanjutkan pertarungan dengan skor 2-0 untuk Sriwijaya FC.

Mendapat tekanan dari Persibo, tuan rumah mencoba untuk bangkit. Hasilnya, Charis Yulianto akhirnya mencetak gol ketiga bagi Sriwijaya FC pada menit ke-68. Memanfaatkan umpan sepak pojok, Charis berhasil mengecoh Herry dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Unggul 3-0 tak membuat Laskar Wong Kito puas. Sebaliknya, Sriwijaya FC justru lebih beringas. Lewat aksi individu yang memukau, gelandang Sriwijaya FC Zah Rahan kembali memperlebar jarak pada menit ke-76.

Setelah mendapat umpan dari Obiora, pemain asal Liberia itu dengan cerdik melewati satu pemain belakang Persibo sebelum akhirnya menaklukkan Herry. Skor pun kembali berubah menjadi 4-0 untuk Sriwijaya FC.

Di menit kw-80, giliran striker Sriwijaya FC yang membobol gawang Persibo. Keith Kayamba Gumbs yang mendapat umpan dari Zah Rahan berhasil melepaskan tendangan keras tepat di depan gawang Persibo. Skor pun kembali berubah menjadi 5-0.

Pemain-pemain Persibo sebenarnya memiliki beberapa peluang emas lewat kaki Syamsul Arif dan Boakay. Sayang, aksi gemilang Ferry Rotinsulu berhasil meredam kesempatan emas tersebut. Hingga babak kedua selesai, skor tak berubah 5-0 untuk Sriwijaya FC.

Leg kedua akan digelar di kandang Persibo, 15 Juni 2009. Pada pertandingan ini, tuan rumah Persibo dituntut untuk menang minimal 6 gol bila masih menginginkan satu tempat di babak semifinal.(viv)