Abel Cielo Quioh, Mesin Baru Persibo Bojonegoro

Kebanjiran Tawaran Klub Israel dan Turki
Gelandang Persibo Bojonegoro Abel Cielo Quioh sedang on fire. Jika musim lalu hanya mendulang dua gol, kini dia sudah menceploskan sebelas gol. Itu membuatnya dilirik banyak klub, termasuk klub mancanegara.

Abel Cielo Quioh terlihat sangat serius menonton laga Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung dalam lanjutan Piala Indonesia (13/5). Meski gerimis mengguyur Gelora 10 Nopember, Surabaya, Abel enggan beranjak dari tempat duduknya.

Dia begitu serius karena laga tersebut memang sangat menentukan langkah Persibo di Piala Indonesia. Semisal Persib kalah, Persibo berpeluang melaju ke babak perempat final. Syaratnya, Laskar Angling Dharma -julukan Persibo- mampu mengalahkan Bontang FC dengan margin minimal empat gol.

Sayang, Persebaya bermain imbang dengan Persib. Kandaslah harapan Persibo untuk maju ke fase selanjutnya. Berapa pun skor kemenangan Persibo melawan Bontang tetap membuat Abel dkk out dari turnamen.

Meski demikian, Persibo tetap bermain atraktif, menarik, dan sangat profesional. Mereka tampil ngotot dan mengalahkan Bontang dengan skor 2-1. Persibo duduk di peringkat ketiga klasemen grup K dengan nilai 4. Mereka berada di bawah Persebaya (7) dan Persib (5). “Meski tidak lolos, saya tetap senang. Banyak pengalaman bertanding yang saya dapatkan,” kata Abel.

Pemain kelahiran Monrovia, Liberia, tersebut memang punya ekspektasi tinggi di Indonesia. Untuk itulah, sejak tiba di Indonesia dua tahun lalu, Abel selalu berusaha menunjukkan permainan terbaik. Puncak permainan Abel terjadi pada musim ini.

Abel mencetak sebelas gol di kompetisi Divisi Utama grup III. Bersama rekan setimnya, Perry Sah Kollie, Abel menjadi pencetak gol terbanyak di grupnya. Sedangkan pencetak gol terbanyak sementara di Divisi Utama adalah striker Semen Padang Edward Junior Wilson. Padahal, musim kompetisi sebelumnya, Abel hanya menceploskan dua gol.

Meski bermain sebagai gelandang, Abel sangat rajin mencetak gol. Karena performanya yang gemilang itu, dia mengantarkan Persibo sebagai runner-up grup di bawah Persiram Raja Ampat.

Artinya, Persibo bisa berlaga di babak delapan besar Divisi Utama mulai 18 Mei mendatang. Mereka bergabung di grup 2 bersama tuan rumah Deltras Sidoarjo, Persidafon Dafonsoro, dan Persipasi Bekasi. “Saya memang menargetkan bisa jadi top skor. Semoga saja bisa tercapai,” katanya.

Abel menambahkan, sejauh ini dirinya sangat menyukai kompetisi di Indonesia. Permainan di Indonesia, kata Abel, sangat keras, namun tetap menarik karena kompetisinya yang ketat. Dia juga menilai Persibo sebagai tim yang bagus. Baik permainan, jajaran pelatih, maupun manajemennya. “Saya betah di Bojonegoro. Namun, masa depan siapa yang tahu,” ungkapnya. (*/c9/ang/jpnn,A. Ainur Rohman)

Biodata
Nama : Abel Cielo Quioh
Tempat, Tanggal Lahir: Monrovia, Liberia, 28 September 1988
Posisi : Gelandang serang
Nomor Punggung: 10
Karir Klub :
– Roza FC (Ghana) 1999-2000
– Buduburam (Ghana) 2001-2002
– E Roots (Liberia)2003-2005
– PR Coilers (Liberia) 2006-2007
– Persibo Bojonegoro 2008-sekarang