Ada Apa Dengan BTN?

Dikirim oleh : Purnomo, fphoer (fphoer_ring@yahoo.com)

Pemain Persibo Tidak Dipanggil Timnas Lantaran Tinggi Badan!
Membaca Jawa Pos Edisi Rabu, 4 Maret 2009 Terkait dengan Nominasi pemain SEA Games 2009 yang telah dirilis Badan Tim Nasional (BTN). Namun, di antara 28 pemain dalam daftar yang dirilis BTN, ternyata masih banyak nama pemain yang terlewatkan. Ada apa dengan Badan Tim Nasional dalam mengumumkan daftar timnas U-23?

Dalam nominasi BTN, pemain-pemain yang notabene menjadi pilar Utama di masing-masing klub dan memiliki kualitas yang tidak kalah. Sebut saja Immanuel Wanggai, Alan Aronggear, Ghery Setia Adhi Nugraha, dll. Selain itu juga ada striker PERSIBO BOJONEGORO “Samsul Arif” yang merupakan pilar utama dan menjadi top scorer sementara dalam COPA DJI SAM SOE INDONESIA juga tidak masuk dalam deretan pemain yang dipanggil Timnas, alasannya hanya sepele yaitu MASALAH TINGGI BADAN.

Kalau ukurannya tinggi badan, mengapa T.A Musafri pemain Persiba Balikpapan bisa menghuni tim nasional senior, padahal secara kasat mata pemain tersebut juga memiliki ukuran tinggi badan yang kurang ideal. Apa karena untuk pemain senior Indonesia tidak memiliki stok pemain yang bagus, sehingga dengan terpaksa memanggil T.A Musafri untuk memperkuat timnas dalam menjalanai babak kualifikasi Piala Asia, ataukah ada alasan lainnya. Hanya BTN yang bisa menjawabnya.

Mungkin maksud BTN bagus, yaitu dengan pemain yang memiliki postur ideal akan mampu mengembangkan permainan lebih bagus, karena dapat memadukan permainan bola-bola pendek cepat dan bola atas. Mungkin alasan inilah yang dipakai BTN sehingga pemain-pemain yang memilki tinggi badan kurang ideal tidak masuk dalam daftar pemain yang dipanggil TIMNAS. Tapi apakah hanya tinggi badan yang menjadi kriteria dalam perekrutan pemain?? Biarkan BTN yang memberikan alasannya.

Sebenarnya kalau kita mau berpikir obyektif justru pemain-pemain yang memiliki kualitas dan kecepatan dalam bermain adalah pemain yang memiliki tinggi badan Ideal, sebut saja Firman Utina, Eka Ramdani, dll. Pemain tersebut memiliki tinggi badan kurang Ideal tetapi punya skill dan kualitas luar biasa dalam mengatur irama permainan, dan pemain tersebut sudah menjadi langganan timnas sejak beberapa tahun terakhir.

Kami tidak masalah pemain PERSIBO “Samsul Arif’ tidak masuk daftar TIMNAS, justru sebagai BOROMANIA kami bersyukur meskipun agak sedikit Kecewa. Bersyukurnya karena dengan tidak dipanggil ke TIMNAS, maka komposisi pemain PERSIBO akan selalu komplit, tidak terganggu dengan adanya TC, dan yang lainnya sehingga akan PERSIBO akan tetap FIGHT dalam mengarungi ketatnya persaingan Liga Indonesia dan Copa Dji Sam Soe Indonesia.

Terakhir kalinya mudah-mudahan dalam perekrutan pemain kelak BTN memiliki dasar yang jelas dan sistematika yang dapat dipertanggungjawabkan. Dan bagi pemain-pemain yang tidak masuk daftar TIMNAS khususnya Samsul Arif jangan berkecil hati. Buktikan bahwa Anda tidak kalah kelas dengan senantiasa konsisten menampilkan permainan terbaik.