Akankah Strategi Paulo Camargo Tetap Berhasil di Putaran Kedua?

Persibo Bojonegoro di putaran pertama Indonesian Premier League (IPL) membuat kejutan.Tim yang baru semusim merasakan kompetisi level tertinggi ini langsung finis di puncak klasemen mengusur tim-tim mapan.

Berbicara soal perjalanan Persibo,tentu tak lepas dari strategi yang diterapkan Pelatih asal Brasil Paulo Camargo.Berbekal pemain yang tak cemerlang,strategi yang diusungnya cukup memberikan warna tersendiri bagi persepakbolaan nasional. Meski,harus diakui terlalu dini menilai prestasi Camargo di Persibo. Tapi,secara umum,gaya permainan yang ditunjukkan tim asuhan Camargo memberikan nuansa lain dibanding kebanyakan tim yang berlaga di IPL. Keberanian Camargo memakai tiga striker dan tiga bek dengan pola 3-4-3 harus diacungi jempol. Tidak banyak pelatih asing maupun lokal di Indonesia yang cukup bernyali memakai formasi ini.

Dalam beberapa dekade terakhir,Indonesia hanya akrab dengan pola 3-5-2 atau 4-4-2. Tidak ada evolusi yang benar-benar sukses di luar dua skema tersebut.Kalau pun ada klub yang mulai menerapkan 4-2-3-1,itu pun baru beberapa musim terakhir. Formasi yang tengah umum di Eropa ini mulai benar-benar akrab kala Arema FC dilatih Robert Rene Albert dan menjuarai ISL 2009-2010.

Kembali ke Persibo,pola 3-4-3 sebenarnya sudah sempat diusung Camargo saat masih melatih Tangerang Wolves.Sayang di sana dia tak begitu sukses dan hanya membawa timnya di papan bawah Liga Primer Indonesia (LPI) kala itu. Jadi? “Pemain yang ada di Persibo cocok dan bisa mencerna permainan dengan pola 3-4-3.Sebenarnya semua skema mempunyai kemiripan,namun dengan 3-4-3 pemain dituntut lebih disiplin.Karena penekannya adalah menyerang,maka pemain juga bertanggungjawab ikut bertahan,”jelas Asisten Pelatih Persibo Wanderley Junior.

Khusus barisan depan,trisula Persibo sejauh ini memang mengundang senyum. Samsul Arif,Jairon Feliciano dan Nur Iskandar,plus pemain cadangan Wahyu Teguh menjadi kombinasi yang mumpuni walau belum mempunyai kelas mentereng di sepak bola nasional. Jika dilihat dari perolehan gol,strikerstriker Laskar Angling Dharmamenempati urutan nomor satu di antara kontestan IPL lain.Tiga pemain,Samsul Arif,Nur Iskandar dan Wahyu Teguh total sudah mengoleksi 13 gol dalam 11 pertandingan putaran pertama dan itu belum disamai tim lain.

Berlanjutkah kegemilangan trisula Persibo di putaran dua? Ini masih menjadi pertanyaan yang teramat sulit dijawab. Statistik di putaran pertama membuat publik Bojonegoro harus banyak berdoa di putaran dua nanti.Bagaimana tidak,gol Persibo hanya mengalir deras saat bertanding di kandang sendiri. Sedangkan di luar kandang,tim Oranye sama sekali belum mencetak satu gol pun. Empat laga away yang dilakoni di putaran pertama dilalui tanpa mampu menjaringkan bola ke gawang lawan,yakni kontra Semen Padang (0-0),Arema FC (2-0), Bontang FC (2-0) dan Persema (1-0).

Ini menjadi peringatan besar bagi anakanak Paulo Camargo mengingat di putaran kedua nanti Persibo harus melakoni tujuh laga away dan hanya empat home.Jika tetap tidak mampu membolongi jala lawan di partai away,maka sudah bisa ditebak bagaimana posisi di papan klasemen nanti. “Benar,itu masih menjadi pekerjaan rumah (PR) buat kami.Kami kurang begitu bagus secara produktifitas di luar kandang, tapi pelatih sudah berupaya untuk memperbaikinya.Kami berharap semua tim berjuang lebih keras karena kami juga dituntut untuk menang di luar kandang,” kata Manajer Persibo Nur Yahya.

Realita itulah yang menjadikan Boromania,suporter Persibo,keburu panik dan menginginkan adanya perbaikan di lini depan dengan mendatangkan striker anyar. Mereka khawatir trisula yang dimiliki timnya tidak cukup kompetitif jika tidak ada nama baru yang lebih menjanjikan. Sementara putaran kedua IPL bakal menjadi saat paling berat bagi striker Persibo Jairon Feliciano.Bagaimana tidak, dia bakal mendapat tekanan berat karena harus menghadapi ‘serangan’ suporter yang terus menginginkan dia angkat kopor dari Bojonegoro. (http://www.seputar-indonesia.com)

4 Responses to “Akankah Strategi Paulo Camargo Tetap Berhasil di Putaran Kedua?”

  1. Yogane pak rt09
    April 5, 2012 at 2:19 pm #

    Maju teruz

    [Reply]

  2. Adikè pak rt"08
    April 5, 2012 at 3:15 pm #

    Jair0n di bangku cadangkan saja,
    Wahyu Teguh di skuad utama,
    Bikin Hidup Lebih Hidup,
    buat yg di papua salam SATU HATI,
    tuk BORO~mania SA~DA~BE

    [Reply]

  3. ELKO
    April 5, 2012 at 4:04 pm #

    what?? Jairon mengundang senyum? Hahahahaha..mantab!

    [Reply]

  4. aku boromania
    April 5, 2012 at 4:13 pm #

    semoga menang,, dan membawa pulang 3 point.

    [Reply]

Leave a Reply