APBD 2008 Tak Anggarkan untuk Persibo?

Persibo Bojonegoro benar-benar terancam tidak mendapatkan dana dari APBD 2008. Sesuai hasil konsultasi DPRD Bojonegoro ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) baru-baru ini, institusi yang berwenang mengaudit penggunaan keuangan APBD tersebut melarang adanya alokasi anggaran negara atau daerah untuk sepak bola.

“Dari konsultasi kami bersama BPK, tahun depan APBD dilarang memberi anggaran untuk sepak bola,” tegas Ketua DPRD Bojonegoro Tamam Syaifuddin kepada Radar Bojonegoro kemarin.

Karena itu, jika tidak ada revisi Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, bisa dipastikan manajemen Persibo harus memeras otak agar tim kebanggaan warga Kota Ledre ini dapat berlaga di kasta divisi utama tahun depan. Sebab, DPRD tak berani mengambil risiko hukum dengan menabrak aturan jika tetap dipaksa mengalokasikan anggaran untuk Persibo.

Menurut Tamam, tahun ini (2007) adalah tahun terakhir bagi Persibo untuk menerima kucuran anggaran dari APBD. Sebab, jika tahun depan tetap ada anggaran dari APBD untuk Persibo, maka pihaknya akan disalahkan karena sudah melanggar peraturan menteri.

Sementara itu, Ketua Harian Persibo M. Maftuchin mengatakan, manajemen Persibo hanya bertugas mengantarkan tim berkostum oranye tersebut ke divisi utama. Dan tugas itu telah dilaksanakan dengan baik. “Selanjutnya ya terserah pemilik klub, yakni bapak bupati,” ujarnya.

Meski demikian, dari pertemuan yang dia lakukan bersama Sekjen PSSI, ada kemungkinan permendagri tersebut bakal direvisi. Jika tidak, dia menyebut 98 persen klub sepak bola yang selama ini ditopang APBD, termasuk Persibo, bakal kolaps.

Sementara itu, Ketua Tim Anggaran Eksekutif sekaligus Sekkab Bojonegoro Bambang Santoso menegaskan, jika memang aturan melarang pengalokasian anggaran untuk sepak bola, pihaknya tidak akan memaksakannya.

“Jika memang dilarang, ya tahun depan kita tidak akan anggarkan (Persibo, Red) dalam APBD dong,” jelasnya.
(sumber: Radar Bojonegoro / Website Pemkab Bojonegoro)

12 Responses to “APBD 2008 Tak Anggarkan untuk Persibo?”

  1. dons
    September 6, 2007 at 10:40 am #

    lagi semangat semangate entuk kabar koyo ngene. tapi tenang , persibo harus kreatif… salah satunya cari sponsor.. kalau kita main bagus banyak kok sponsor mau dateng , tiket pertandingan dioptimalkan … , penjualan merchandiser dikelola dengan benar , dan jurus terakhir , patungan seluruh boromania baik di bjn maupun yang udah merantau di penjuru manapun, sediakan account no sendiri untuk persibo , saya rasa yang gila persibo pasti mau bantu. sitik sitik nek dikumpulno kan dadi akeh juga. oh ya .. kan kita ada exxon mobile dan petro china .. kok susah susah amat … kan bisa di palak he..he ..he

    [Reply]

  2. ali
    September 6, 2007 at 10:59 am #

    Memang berat kalau Persibo tanpa di bantu APBD, apalagi untuk sekelas divisi utama, minimal butuh anggaran Rp 12 M. Tapi manajemen jangan berkecil hati. Masih banyak cara yang harus dilakukan. Kita kan punya Exxon, Petro China, BUMD, Kontraktor, Pabrik Rokok, Kontraktor dan masih banyak lagi…..Mereka harus mau bantu Persibo….
    Tapi aku juga yakin, Kepmendagri tsb pasti akan direvisi kok, walau gak sedrastis. Tapi kalau nanti aturan itu udah direvisi, manajemen jangan manja ya…tetap cari dukungan dana dari pihak swasta. Aku percaya kok manajemen Persibo pasti bisa…
    Ok jangan berkecil hati Persibo dan pecintanya…kita pasti bisa berjaya kedepannya…dan ingat sekarang kita fokus dukung Persibo dulu di Solo tuk menjemput tropi juara I kompetisi 2007 ini. Salam untuk semuanya…..Boromania Tanah Rencong..

    [Reply]

  3. sweedia
    September 6, 2007 at 11:05 am #

    tenang…, pak bupati kan duite akeh :)

    kalo produk rokok boleh nggak ya? dulu kan sponsor persibo produk rokok lokal, sam liok kioe, 369 yg mirip dji sam soe.

    tp kalo gak kaya’ gini klub gak bakal profesional, Arema mungkin bisa dibuat contoh. tp kalo melihat kondisi saat ini kaya’nya bakal banyak klub yg gulung tikar. repot…

    [Reply]

  4. onnosz
    September 6, 2007 at 3:40 pm #

    mas sweedia BENER!!
    pak bupati duite akeh, opo maneh wayahe PILKADA!!
    wahahahaha..
    pisss!!
    cuma guyon..

    [Reply]

  5. idhem
    September 6, 2007 at 5:22 pm #

    Re: onnosz, pak bupati duite akeh, opo maneh wayahe PILKADA!!

    Setuju bgt…iki wayahe yo wong cilik entok kecipratan duit teko para peserta kontestan PILKADA tentunya, lebih bagus lagi klo para konstestan PILKADA berlomba2 tuk jd donatur tetap nya PERSIBO… di jamin dech ga bakalan rugi kok. Mgkin malah banyak mengundang simpati para pecinta PERSIBO tentunya…

    Tp jgn di manfatin sbg ajang kampaye lo… (kata mbah: ga’ ilok)

    [Reply]

  6. crossroadboys
    September 6, 2007 at 11:59 pm #

    anger ora di korupsi yo akeh sing gelem nyeponsori hehehhehhe…. wis nasib tenen pas lagek iso munggah lha kok ngono hehehhe sing penting bupati ne seneng gak karo bal- balan ? ora mung seneng pas wayahe kampanye thox bar kui yo ra urus modar lak wis hehehheeh
    UDAH NASIB MEN……MOGA SUKSES DI SOLO “PERSIBO” TUNJUKKAN KEMAMPUAN MU JADILAH JUARA DIVISI 1,HANYA KAMU(PERSIBO) DOLANANE/HIBURANE WONG CILIK,ojo gawe gelo wong cilik………

    [Reply]

  7. reza
    September 7, 2007 at 6:15 am #

    tenang2 kakang lan mbakyu. sing penting saiki kan dadi juara opo ora? nek iso dadi juara lan maine ciamik mesti gampang cari sponsor (opo maneh d BJN enek Exxon, Petro China, BUMD, Kontraktor, Pabrik Rokok, Kontraktor) tul g???!!!!

    [Reply]

  8. dika
    September 9, 2007 at 6:35 pm #

    sip yoo……….. tenang ae pak bupati akeh duite….hehehee…..
    seneng gak seneng bola pak bupati kudu nyumbang donk gak gitu pak santoso heheheee….

    kan salah satu orang lain di indonesia tau kota bojonegoro ya…. lewat sepakbola
    jangan kayak duu saya keluar jawa di tanyak asal nya dari bojonegoro jawatim pada gak ada yg tau……..piz……love persibo from ank cyber net bojonegoro….

    [Reply]

  9. ROndy
    September 12, 2007 at 12:12 am #

    halah saiki kasar2 ran ae sopo seng ra gelem mbantu PERSIBO
    di GOROX ae setuju ga,,,???
    wong ndue prestasi koq di sia2kan py tho,,!!?
    lek koyo ngene kpn majune ,,?
    seneng tho lek kecelok kota banjir thok trus,,,?

    from: BOROMANIA – JAKARTA

    [Reply]

  10. niko_boromania_aremania
    September 12, 2007 at 10:41 am #

    wew…..repot juga klo APBD untuk persibo ditiadakan……tp gak papa deh…semoga pengurus persibo lebih cepat bertindak, dan jangan terlalu berharap pada pemerintah aja…klo perlu gak usah pake anggaran daerah deh…ribet…cari sponsor kaya arema tuh sip bgt….supporternya juga asik bgt…hubungi cak im aja di garis tepi kalitidu untuk minta sponsor ke exxon mobile.hwhahhahahahaa………yoopo cak im sanggup ta gak…? kudu sanggup….nek gak sanggup, dicoret dari kewargaanya alias gak diakui keberadaanya di bojonegoro….yoopo..?
    salam satu jiwa untuk semua boromania

    [Reply]

  11. niko
    October 8, 2007 at 11:49 am #

    wah, kalau memang tidak dianggarkan saya pikir persibo jangan hanya menunggu saja dari pemerintah. lebih baik cari sponsor sendiri, kalau terus menunggu kapan dialirkan? lha wong, APBD nya sendiri dirancang agar bisa juga memperoleh keuntungan pribadi.

    ajukan saja proposal ke perusahaan-perusahaan yang ada di Bojonegoro seperti Radar, Sam Liok Kioe atau perusahaan minyak. PENGURUS PERSIBO JANGAN HANYA NUNGGU!CEPAT BERGERAK MUMPUNG BELUM BERGULIR KOMPETISINYA!!

    BOROMANIA

    [Reply]

  12. notok
    October 13, 2008 at 4:11 pm #

    Mending dana APBD dibuat untuk olahraga yang sudah pasti punya prestasi,
    daripada untuk nggaji pemain asing yang tak bermutu dan bermanfaat …
    Gunakan potensi diri sendiri (lokal Bjn)…

    Hidup olahraga tidak hidup olaharga yang suka keroyokan !!!!

    [Reply]

Leave a Reply