Arema vs Persibo : Pantang Bertahan!

Satu poin telah digenggam Persibo Bojonegoro di klasemen sementara grup B putaran delapan besar Liga Jatim 2008. Namun, poin tersebut belum cukup bagi tim Laskar Angling Dharma ini untuk memastikan tiket ke babak empat besar alias semifinal.

Iswandi Da’i dkk dituntut meraih poin di dua laga tersisa. Tantangan terberat bakal dihadapi pasukan Gusnul Yakin ini nanti sore. Mereka akan menghadapi kandidat juara Arema Malang di Stadion Kanjuruhan Malang. “Meski kalah kelas, tapi segala kemungkinan masih bisa terjadi,” kata Gusnul Yakin.

Pada pertemuan di babak penyisihan lalu, Persibo memang sukses menahan tim berjuluk Singo Edan itu dengan skor 1-1. Namun, hasil itu tidak bisa dijadikan patokan. Sebab, tim asal Ngalam itu dipastikan akan menurunkan kekuatan berbeda nanti sore. Duet striker asing Emaleu Serge dan Emile Bertrand Mbamba yang pada babak penyisihan disimpan, nanti sore bakal diturunkan. Demikian juga gelandang Souleymane Traore.

Kekuatan baru Arema tersebut sempat diperlihatkan saat melumat Gresik United dengan skor 4-1 Minggu lalu. “Kami harus mewaspadai pemain seperti Mbamba serta center back mereka yang tangguh,” katanya.

Menurut Gusnul, pada pertandingan nanti sore anak asuhannya tidak diunggulkan. Sebab, materi pemain Arema merupakan pemain kelas satu di Indonesia. Sehingga, secara skill dan teknik, Suroso dkk lebih unggul dibandingkan pemain Persibo.

Dengan posisi tak diunggulkan, Gusnul berharap para pemain tim kebanggaan Kota Ledre ini bisa bermain lepas.”Tapi bukan berarti kami akan main bertahan. Jika ada peluang menyerang, maka ya harus dilakukan (menyerang),” ujarnya.

Terpenting dalam laga nanti sore, kata pelatih asal Malang itu, para pemain Persibo tidak silau dengan nama besar Arema. Apabila tim berkostum kebesaran oranye ini menampilkan permainan seperti saat babak pertama melawan Persema Malang, kata Gusnul, anak asuhnya akan bisa mengimbangi permainan tim Arema. “Ditanya target, kalau bisa menang kenapa tidak diambil,” tuturnya.

Kesempatan menang, lanjut dia, tetap ada. Apalagi, beberapa pemain pilarnya seperti I Komang Adnyana, Nurhidayat, dan Victor da Silva yang sempat cedera saat melawan Persema, kondisinya mulai membaik. “Tapi saya kan cek terakhir besok (hari ini, Red) pagi. Kalau siap, akan kami turunkan,” katanya. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)