Arema vs Persibo : Tak Ada Kata Meremehkan

Langkah pertama Arema dalam Copa Indonesia 2008 akan dimulai sore nanti. Menjamu Persibo Bojonegoro di Stadion Kanjuruhan harus dijadikan modal awal menuju tangga juara. Seperti target yang sudah dicanangkan manajemen ataupun Yayasan Arema kepada anak didik Gusnul Yakin tersebut.

Arema ingin mengulang memori manis sebagai kampiun copa dua kali berturut-turut pada 2005 dan 2006. Karena target sudah dicanangkan, laga sore nanti tak boleh dilepas apapun alasannya. Sebab sekali gagal menuai poin penuh di kandang, akan sulit bagi Arema meraih poin penuh di luar kandang. Dampaknya, Arema bisa terlempar pada babak-babak awal copa seperti yang terjadi pada 2007 lalu. Di mana Arema harus tersungkur di babak 32 besar setelah disingkirkan Persekabpas Pasuruan.

Bagi Arema, meraih poin penuh melawan Persibo secara teknis tak ada persoalan. Secara skill, pemain Singo Edan tersebut berada satu kelas di atas Persibo. Mahfum, Arema dipenuhi oleh pemain-pemain berkualitas Indonesia Super League (ISL). Sedangkan lawannya hanyalah pemain yang selama ini berkompetisi di tingkat Divisi Utama.

Apalagi, pada sore nanti Arema dipastikan akan mendapatkan dukungan penuh dari ribuan suporter fanatiknya. Namun, Gusnul menyadari, kelebihan yang dimiliki timnya tak otomatis membuat Arema bisa meraih hasil maksimal. “Anak-anak harus bekerja keras. Jangan sampai meremehkan lawan. Sifat meremehkan harus dihilangkan,” pinta Gusnul.

Menurutnya, Laskar Angling Darma tak bisa dianggap sebelah mata. Itu karena Persibo memiliki materi pemain yang cukup bagus. Gusnul mengetahui pasti kekuatan Persibo. Itu karena dirinyalah yang membentuk tim Persibo pada awal persiapan kompetisi Divisi Utama lalu. Namun, di tengah perjalanan, dia harus meninggalkan Persibo karena mendapatkan tawaran untuk melatih Arema.

“Saya mengetahui benar kekuatan dan kelemahan Persibo. Sebaliknya, pemain Persibo juga tahu pasti strategi yang biasanya saya gunakan,” lanjut mantan pelatih Persiba Balikpapan tersebut.

Kekuatan Persibo bukan terletak pada materi pemainnya. Di Persibo tak ada pemain yang berstatus pemain bintang. Namun, yang perlu diwaspadai adalah gaya permainan kolektifnya. Termasuk juga motivasi pemainnya yang cukup tinggi.

Di turnamen yang bersifat turnamen home and away tersebut, Gusnul mengharapkan agar anak didiknya bisa meraih kemenangan. Sedangkan mengenai jumlah gol yang akan dilesakkan ke gawang Persibo, berapapun jumlahnya dia tak mempermasalahkan. “Yang penting bisa menang dulu,” sambungnya.

Gusnul sendiri memastikan dirinya tak akan meremehkan bekas klubnya tersebut. Dia akan menurunkan pemain-pemain yang paling siap. Termasuk juga menurunkan tiga pemain asingnya yakni Souleymane Traore, Esaiah Pello Benson, dan Emaleu Serge.

Sementara Persibo tampaknya tahu diri dengan kekuatan yang dimilikinya. Pelatih Persibo Sartono Anwar mengakui, secara kualitas, timnya memang kalah kelas jika dibandingkan dengan Arema. Namun, kekalahan kelas itu bukan berarti Persibo akan melepas laga tersebut. “Kami tahu diri dengan kekuatan kami. Tapi, kami tak pernah mengenal kata melepas pertandingan,” ucap Sartono.

Persibo akan berusaha berlaga semaksimal mungkin. Syukur-syukur bisa mencuri poin di kandang singa. Kalaupun harus kalah, dia berharap tak akan menelan kekalahan telak. “Namun, pemain datang ke Malang bukan untuk kalah,” lanjut mantan pelatih PSIS Semarang tersebut.
( Sumber : Radar Bojonegoro )

4 Responses to “Arema vs Persibo : Tak Ada Kata Meremehkan”

  1. Orange gal's
    November 23, 2008 at 8:56 pm #

    Saatnya esok pembalasan 26 november….kita musti menang.

    [Reply]

  2. Orange gal's
    November 23, 2008 at 8:58 pm #

    Ya….kekalahan bisa jd pemacu untuk kekuatan kedepan. so…….semangat guys, kita ketemu besok di willys….kita buat willys orange

    [Reply]

  3. Boromania sejati
    November 25, 2008 at 12:50 pm #

    Tunjukkan kalau kamu memang si pembunuh raksasa!!!!!!
    kamu pasti BISA………tak ada kata menyerah cz BOROMANIA akan datang ke Madiun hanya untuk mendukungmu……..PERMALUKAN Arema!!!!! OK..

    [Reply]

  4. W1N Bong Londo
    November 26, 2008 at 8:32 pm #

    DE ORANGE mmg bener2 pembunuh BUTO
    BUTO SINGO dikunyah 3-1
    welehweleh…..

    [Reply]

Leave a Reply