Ayo Dukung Persibo

Dikirim oleh : Purnomo, Fphoer (fphoer_ring@yahoo.com)

Boromania Suporter Cinta Damai dan Anti Anarkis

Hari ini di Stadion Letjend Soedirman akan digelar pertandingan super Big Match lanjutan Copa Dji Sam Soe Indonesia antara tuan rumah Persibo melawan Pelita Jawa Barat. Hampir dipastikan ribuan masyarakat Bojonegoro “Boromania” akan berbondong-bondong datang ke stadion guna menyaksikan laga super seru tersebut. Namun sangat disayangkan komunitas kelompok pendukung persibo perantauan yang menamakan dirinya “Boromania Cyber Community” tidak semuanya bisa hadir di Stadion Letjend Soedirman guna mendukung tim kesayangannya. Menurut sumber yang kami peroleh Komunitas suporter dunia maya ini tidak bisa datang menyaksikan langsung karena kesibukan masing-masing individu yang tidak bisa ditinggalkan “tidak hari libur”. Meski tidak bisa mendukung di stadion kebanggaan masyarakat Bojonegoro, mereka masih bisa menyaksikan langsung lewat salah satu televisi nasional, karena menurut rencana pertandingan Persibo Bojonegoro melawan Pelita Jawa Barat akan ditayangkan live.

Berhubung Stadion Letjend Soedirman tidak memiliki lampu penerangan, maka kick off babak pertama dimulai pada pukul 15.00 WIB. Seperti kita ketahui pada turnamen macam Copa Dji Sam Soe, pada pertandingan Leg ke 2 dimungkinkan akan terjadi suatu penambahan waktu apabila skor akhir adalah imbang (total home-away). Namun apabila dalam pertandingan kali ini Persibo mampu mampu memperoleh hasil minimal seri sudah dapat mengantarkan anak asuh Sartono Anwar melenggang ke babak 8 (delapan) besar. Lewat manajernya pihak Persibo optimis laskar Angling Dharma akan melaju ke babak selanjutnya, apalagi sebelumnya Persibo mampu mengalahkan Pelita di Stadion Jalak Harupat Soreong kabupaten Bandung.

Apa yang disampaikan manajemen cukup beralasan terkait dengan target yang ingin digapai oleh laskar Angling Dharma. Dengan raihan positif yang diperoleh pada laga sebelumnya tentunya menjadi modal tersendiri bagi kesebelasan yang memiliki pendukung fanatik Boromania ini, selain diuntungkan dengan kondisi lawan yang tidak mampu menunjukkan performa terbaik pada dua laga terakhir, Persibo juga diuntungkan dengan recovery yang lebih baik daripada tim Pelita Jawa Barat karena pada laga sebelumnya tim tamu baru menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dari Makassar menuju ke Bojonegoro.

Meski laga tersebut disiarkan langsung oleh salah satu televisi nasional, namun semangat masyarakat Bojonegoro untuk datang langsung ke Stadion dipastikan sangat tinggi. Dengan tingginya antusias suporter yang memadati Stadion Letjend Soedirman, tentunya sangat rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, oleh karena itu kesigapan Panpel dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi dan kesadaran tinggi masing-masing suporter untuk dapat mengontrol luapan emosi sangat dibutuhkan. Sehingga dalam mendukung tim tetap pada koridor-koridor yang baik yaitu: secara positif, Kreatif, Inovatif, menghibur, dan tentu saja Anti Anarkis. Jangan sampai kejadian memilukan kemarin waktu Persibo menjamu Persema Malang terulang di Stadion kita tercinta.

Sebab peritsitwa tersebut menjadi noda negatif bagi kemenangan Iswandi Da’I dkk. lebih tragisnya lagi kabar tersebut menjadi headline berita-berita baik di media cetak maupun di media elektronik, tentunya pecinta bola tanah air sangat kecewa dengan ulah oknum suporter yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana tidak tim Persibo yang mampu menunjukkan performa menawan waktu menjamu laskar ken Arok dan memperoleh hasil maksimal jadi ternoda dengan ulah pendukungnya yang kurang bertanggung jawab.

Disini memang kita tidak bisa memvonis begitu saja kepada kelompok suporter Persibo bahwa kericuhan yang terjadi kemarin merupakan mutlak kesalahannya, kalau kami cermati justru kesigapan panpel dan petugas keamanan yang kurang tanggap meminimalisir insiden-insiden yang menjurus kearah anarkis tidak segera teratasi. Sehingga oknum suporter dengan mudah mengaktualisasikan dirinya guna memanfaatkan celah-celah yang ada. Oleh karena itu harusnya jumlah petugas keamanan yang mengamankan pertandingan babak 16 besar Copa Dji Sam Soe bisa ditambah. Karena apabila jumlah aparat keamanan yang ada tidak seimbang dengan jumlah luberan suporter yang memadati Stadion, maka tindakan-tindakan yang kurang bertanggung jawab akan mudah terjadi dalam pertandingan tersebut.

Sebagai pecinta bola pastinya menginginkan pertandingan yang tersaji dalam babak 16 besar Copa Dji Sam Soe antara tuan rumah Persibo Bojonegoro menjamu Pelita Jawa Barat ini dapat berlangsung secara Fair play dan memberikan menjadi hiburan yang menyenangkan. Sehingga pertandingan tersebut dapat menjadi suguhan dan tontonan menarik bagi insan bola diseluruh penjuru nusantara yang rindu akan suatu pertandingan tanpa ada aksi anarkis atau kericuhan-kericuhan dan tindakan lain yang dianggap kurang terpuji.

Oleh karenanya ayo dukung Persibo dengan penuh totalitas, tapi Ingat Boromania suporter cinta damai dan anti Anarkis, apabila ada oknum suporter disekitar kita melakukan tindakan yang tidak bertanggungjawab harus ditindak tegas, jangan sampai kita semua menangis karena mendapat sanksi berat dari pihak komdis PSSI. Apabila hal itu sampai terjadi, maka kita semua sebagai penggila bola yang akan rugi dan menyesal dikemudian hari.

18 Responses to “Ayo Dukung Persibo”

  1. "syarief"
    March 12, 2009 at 7:50 am #

    @ j_blank
    naning wes bok tukokno tiket po durung?
    mosok ngajak boronita tapi kok gak wani nukokno TIKET+LUMPIA.
    tikete pancet 12,5rb.
    doakan aq moga urusanku cepat selesai, saiki dadi pengawas try out UASBN, engko awan ono audit internal PNPM dari kecamatan.
    nasib..ya..nasib..!

    [Reply]

  2. fphoer
    March 12, 2009 at 10:20 am #

    @ Syarif
    Wah ternyata jadi orang sibu ya????

    [Reply]

  3. Boronita_brunei
    March 12, 2009 at 10:56 am #

    Kita berdoa semoga persibo menang maju trs boromania luar negri slu dkng x

    [Reply]

  4. rokim
    March 12, 2009 at 11:01 am #

    persibo tetep jaya selamanya semoga nantinya persebo menjuarai seluruh laga di dunia sepak bola.

    [Reply]

  5. boro_mania kec.ngambon
    March 12, 2009 at 11:08 am #

    dukung persebo penuh perjuangan karena harus lewati jalan yang berlubang-lubang tapi semangat tidak gentar untuk ngedukung persebo sampai persebo jaya. oranyekan lawan persebo biar lawan-lawan yang bertanding dengan persebo, luluh tanpa mencetak goal satu pun.

    “by.anak Ngrapah. Ds. Sengon, Kec. Ngambon”

    ttd

    (Rokim)

    [Reply]

  6. Asror saifudin
    March 12, 2009 at 2:20 pm #

    Ayo…! Persibo mju trus…! Rai mimpimu ke super liga

    [Reply]

  7. Mbah Hadi
    March 13, 2009 at 3:45 pm #

    Salam SMANGAT & salam kenal kanggo BOROMANI kabeh ………

    SUDAH SAATNYA MASYARAKAT BOJONEGORO PUNYA SESUATU YANG DAPAT DIBANGGAKAN
    DAN PERSIBO-LAH YANG JADI DUTA MASYARAKAT BOJONEGORO.

    Saya BOROMANIA ditanah rantau sangat bangga atas prestasi yang dicapi PERSIBO, smoga prestasi ini dapat berlanjut sampai menjadi juara copa Dji sam soe 2009.

    Terimakasih buat smua Krew PERSIBO (PEMAIN & PENGURUS)
    BISMILLAHHIROHMANIROKHIM PERSIBO juara copa djisamsoe 2009

    [Reply]

  8. dias bonero
    March 16, 2009 at 7:18 pm #

    nbah e hoby bola juga.

    [Reply]

  9. Mbah Hadi
    March 17, 2009 at 6:56 pm #

    iyo le ….
    tapi hobine balbalan sa’ joke PERSIBO disiarno TV
    he he he ………

    [Reply]

  10. Grezix city
    April 24, 2009 at 9:02 pm #

    Hari ini boromania ajur di gresik. Selamat, itu adalah balasan setimpal bro

    [Reply]

  11. EKO GARONG
    June 2, 2009 at 12:41 am #

    LENCONG EVIL KARANG REJO BAURENO.GO………….PERSIBO

    [Reply]

  12. achnad rokim
    September 30, 2009 at 11:24 am #

    hai BORO aku anak ngambon tolong dong anak2 ngambon, tepatnya sengon-ngrapah diberi kesempatan tuk meramaikan kemenangan PERSIBO, angotaku 40 orang satu komplek d deket gardu persibo NGRAPAHcity. SEMOGA PERSIBO MENANG TERUS…………………………………………………………………………………..KAMI DUKUNG TERUS PERSIBO PASTI MRNANG

    [Reply]

  13. dolllllllll
    December 4, 2009 at 11:37 pm #

    mr.orange bubulan akan dkung abis persibo…………..

    [Reply]

  14. Amirul mu'minin
    May 1, 2010 at 12:40 am #

    Amjt

    [Reply]

  15. ZyPPO,boro papua
    August 15, 2010 at 10:09 pm #

    Go,,,Go,,,Go,,,,,
    Persebo jngn mw klh BANTAI lawan mu ! Ku dukung kamu dari bumi Ngrejeng !!!!!!!

    [Reply]

  16. Sujud aja
    January 17, 2011 at 9:34 pm #

    Persebo maine seng apek

    [Reply]

  17. Sujud aja
    January 17, 2011 at 9:38 pm #

    Aku boromania wog kalimatan alias sampit seng apek maine persebo aku dukung

    [Reply]

  18. selalu boro
    December 21, 2011 at 9:01 am #

    pppppppeeeeeeerrrrrrrrrsssssiiiiiiiiibbbbbbbbooooooooooooo pemainne eeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkk

    [Reply]

Leave a Reply