Babak 4 Besar : Stadion Manahan Lebih Representatif

Stadion Manahan, Solo, kembali mendapat kehormatan. Setelah dipilih sebagai salah satu venue delapan besar Divisi Utama, kandang Persis Solo itu kini juga ditunjuk untuk menjadi tuan rumah partai semifinal dan final Divisi I.

Pertandingan semifinal Divisi I bakal dihajat 7 September mendatang. Tiga hari kemudian dilangsungkan laga perebutan gelar juara kasta kedua sepak bola Indonesia tersebut.

Penentuan Stadion Manahan sebagai host babak semifinal dan final Divisi I dilakukan tadi malam. Saat jajaran Komisi Eksekutif (Exco) PSSI menggelar rapat bersama dengan Direktur Kompetisi BLI (Badan Liga Sepak Bola Indonesia) Joko Driyono.

“Kami sudah memutuskan memilih Solo. Mengapa? Solo lebih representatif dibanding dengan stadion-stadion milik tim-tim Divisi I yang sudah lolos ke semifinal maupun yang akan lolos,” beber Joko tadi malam.

Selain Solo, sebenarnya, ada dua stadion lagi yang tadinya masuk nominasi sebagai arena partai semifinal dan final Divisi I. Keduanya adalah Stadion Jatidiri, Semarang, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Semarang tidak jadi kami pilih karena jadwalnya mepet dengan partai kandang PSIS. Kami tidak ingin memberikan beban berlebih pada Stadion Jatidiri yang bisa merusak rumputnya. Sedang, Jakarta batal karena ada beberapa alasan,” terang Joko.

Sementara itu, kompetisi Divisi I sendiri diikuti 38 tim yang tergabung dalam empat grup. Nah, pada 28 Agustus kompetisi Divisi I sudah memasuki pertandingan terakhir di babak penyisihan grup.

Masing-masing juara grup itulah yang berhak menggenggam tiket semifinal. Empat tim teratas dimasing-masing grup tersebut juga berhak melenggeng ke Divisi Utama musim depan. Tiket promosi itu juga menjadi jatah tim-tim peringkat kedua dimasing-masing grup.

Hingga saat ini, tercatat sudah empat tim yang sudah pasti melaju ke Divisi Utama. Keempatnya adalah PSP Padang, Persikad Depok, Persibo Bojonegoro, dan Mitra Kukar (Kutai Kartanegara). Sedang yang telah memastikan diri di semifinal sudah tiga tim yakni Persibo, Persikad, dan Mitra Kukar. (fim)
(Sumber : Indopos)