Balas Kekalahan

Persibo vs Persiram
Balas kekalahan. Itulah misi yang diusung skuad Persibo Bojonegoro saat menjamu Persiram Raja Ampat pada laga lanjutan kompetisi divisi utama wilayah III di Stadion Letjen H. Soedirman.

Persibo ingin membalas kekalahan karena di putaran pertama lalu mereka takluk 1-3 saat berlaga di kandang Persiram, Stadion KM 16 Sorong. “Kita ingin membalas kekalahan di Sorong,” kata kapten tim Persibo Aris Tuansyah.

Persibo tak dapat menurunkan kekuatan penuh di laga ini. Stopper Steven Eko Kasangke hingga kemarin masih menderita cedera. Sementara Novan Setia harus menjalani hukuman larangan tampil akibat akumulasi kartu kuning. “Kita sudah siapkan penggantinya,” kata pelatih Persibo Sartono Anwar tak terlalu risau.

Meski bermain tanpa dua pilar, mantan pelatih PSIS Semarang itu optimistis timnya akan mampu merebut poin penuh. Menurut dia, dukungan pendukung Persibo akan mampu mengobarkan semangat para pemain di lapangan. “Yang jelas adalah jangan meremehkan lawan dan waspadai tendangan jarak jauh,” ingatnya.

Dia menjelaskan, Persiram adalah tim bagus dengan materi pemain yang komplet. Bahkan, tim polesan Raja Isa itu kini berada di puncak klasemen sementara wilayah III. “Itu kan berarti timnya bagus,” katanya.

Persibo sangat membutuhkan kemenangan atas Persiram. Donasi tiga poin dapat membuat tim berkostum kebesaran oranye ini bersaing di papan atas klasemen sementara. Bahkan, bukan tidak mungkin Persibo bakal menduduki posisi runner up di klasemen sementara apabila memetik kemenangan nanti sore.

Menurut Sartono, bagi anak asuhnya, wajib hukumnya menang saat tampil di kandang. Namun, dia enggan menjelaskan strategi yang akan diterapkan nanti sore. “Kita akan bermain normal di 15 menit pertama,” tuturnya.

Sementara itu, pelatih Persiram Raja Isa memuji kekuatan Persibo. “Persibo adalah tim baik dan kuat,” katanya di sela-sela menjajal Stadion Letjen H Soedirman kemarin (18/2) sore.

Dia menuturkan, Persibo mempunyai target lolos ke Indonesia Super League (ISL) musim depan. Target itu sama dengan timnya. Dengan mengusung target lolos ke ISL, Raja Isa memperkirakan pertandingan nanti sore menarik unutk disaksikan. Mantan pelatih Persipura Jayapura mengaku siap memberikan hiburan kepada masyarakat Bojonegoro. “Apalagi pecinta bola di Bojonegoro cukup banyak,” ujarnya.

Persiram tak ada masalah teknis saat menghadapi Persibo. Pemain yang kenyang pengalaman seperti Marthen Tao, Mbom-Mbom Julian, dan pencetak gol terbanyak Titus Jhon siap diturunkan. “Kami akan turun full team,” janji pelatih asal Malaysia tersebut.

Menurut Raja Isa, dirinya tidak diberi target tertentu dalam dua laga tur ke Jawa. Terpenting, anak asuhnya bermain baik dan maksimal. “Intinya hanya itu,” katanya. (ade/jpnn)