Bau Busuk Tuan Nurdin

Oleh Mohammad Eri Irawan

Riwayat PSSI di masa kekuasaan Yang Terkutuk Nurdin Halid adalah riwayat tentang kebobrokan yang kian parah. Kekuasaan Nurdin adalah tipe kekuasaan yang hobi berak di sepanjang jalan sambil berkoar-koar soal kesucian diri. Tipe kekuasaan macam ini tak akan pernah kita temui di buku-buku manajemen organisasi.

Tuan Koruptor Nurdin jauh dari becus untuk mengurus sepak bola. Di masa kekuasaan (dan bukan kepemimpinan) Nurdin, tak ada prestasi yang membanggakan. Yang ada malah segudang tipu-muslihat: pertandingan penuh skenario, penalti rekayasa, mafia wasit, kerusuhan, hingga adu pukul antarpemain. Siapa yang didegradasi atau siapa yang diloloskan bisa diatur.

Jauh sebelum kompetisi rampung, tim papan atas sudah ditentukan. Sang juara sudah dilantik sebelum peluit wasit disemprit. Urusan kualitas teknik pemain, terutama di level divisi III, II, I, dan Divisi Utama, tak perlu banyak dipikirkan. Walikota, bupati, atau calon kepala daerah, atau siapa saja tokoh yang ingin tenar lewat sepak bola daerah, bisa dimenangkan timnya. Tentu saja asal urusan “administrasi” sudah dibereskan.

Tapi, yang namanya maling, mana mau dia mengaku. Kalau semua maling mengaku, bisa-bisa satu kompleks penjara penuh dengan orang-orang sepak bola kita. Wajar saja, sih, kalau berita suap dan mafia-mafia banyak mengiringi perjalanan PSSI. Lha wong juragannya saja koruptor tukang makan duit rakyat yang kesandung kasus impor gula, beras, dan minyak goreng.

Sulit untuk menyangkal adaya kisah culas dalam sepak bola kita, meski Nurdin dan antek-anteknya rajin membantah. Mengikuti pertandingan tim favorit saya, Persibo Bojonegoro, terutama di Divisi Utama musim lalu, saya merasakan betul kongkalikong itu. Persibo dihajar dan dikerjai habis-habisan. Selalu saja ada penalti aneh dan mengada-ada.

Saat itu tersiar kabar bahwa Persibo bukan tim yang diskenario masuk Liga Super. Deltras Sidoarjo adalah tim yang didesain jadi kampiun Divisi Utama. Persibo sempat dihajar Deltras lewat dua penalti konyol di babak delapan besar. Manajemen Persibo, yang sudah kerap marah-marah, saat itu kian tersulut apinya. “Wasit kurang ajar. Deltras diperkuat 14 orang, bagaimana bisa menang coba?” kata Manajer Persibo Taufiq Risnendar.

Semua orang tahu siapa sosok di balik Deltras. Penalti demi penalti yang didapat Deltras membuat Kompas menulis, “Percayalah, ’tangan ajaib’ selalu menyertai Deltras.” Tapi nasib berkata lain: Persibo jadi juara Divisi Utama setelah menekuk Deltras di laga final.

Memasuki Liga Super, Persibo tetap saja jadi bulan-bulanan. Pernyataan Pelatih Persibo Sartono Anwar soal mafia wasit malah berujung pada ancaman sanksi untuk dirinya dengan tuduhan melecehkan PSSI.

Bagi Anda yang tak sering ikut tur mengiringi perjalanan tim favorit yang selalu dikerjai, mungkin tak akan bisa menangkap perasaan saya. Saya bersama pendukung Persibo lainnya hadir di banyak kota. Untuk tur di kota yang dekat, seperti Solo atau Sidoarjo, minimal uang Rp 30.000 harus dikeluarkan. Bagi sebagian warga Bojonegoro, itu bukan jumlah kecil. Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bojonegoro hanya Rp 825.000 per bulan atau Rp 31.730 per hari dengan asumsi 26 hari kerja. Itu berarti, untuk melihat Persibo di luar kandang, suporter yang seorang buruh dengan gaji pas UMK harus merelakan satu hari gajinya.

Saya menemui ada bapak separo baya yang rela memangkas uang makannya untuk bisa melihat Persibo bermain. Sebagian lain ada yang harus menjual ayam peliharaan dan berutang ke tetangga. Beberapa bocah membawa bekal makanan dari rumah agar tak kelaparan seusai bernyanyi di stadion. Semuanya tulus mencintai sepak bola. Semuanya ingin melihat permainan yang indah dan bersih. Tapi PSSI di bawah kuasa Yang Terkutuk Nurdin telah mematahkan cinta tulus mereka.

Bau busuk Nurdin kian meresap di hidung kalau kita sadar bahwa hiruk-pikuk sepak bola kotor ini malah dibiayai oleh duit rakyat. Saban tahun setiap klub di Liga Super menghabiskan dana sedikitnya Rp 15 miliar. Nilai itu jauh di atas pos-pos anggaran yang berhubungan langsung dengan kesejahteraan rakyat. Dari duit itulah sepak bola kotor ini dijalankan: wasit-wasit disuap, negosiasi juara dilakukan, tawar-menawar sanksi dijalankan.

Maka, kebusukan mana lagi yang hendak kau tutupi, Tuan Nurdin? Di televisi mulut busukmu bicara, “Kalau tuntutan mundur itu dipenuhi, rusaklah negeri ini.” Goblok sekali Anda! Mana mungkin rumah akan rusak kalau tikus-tikus pengganggu kita bersihkan? Justru rumah itu akan bersih, bisa kita cat dan tata ulang agar kian menawan. Rumah itu akan harum karena kotoran tikus tak lagi bertebaran, karena berak Anda, Tuan Nurdin, tak lagi berserakan.

Mohammad Eri Irawan, Boromania, tinggal di Sukorejo. Twitter: @erirawan

[Tulisan ini sudah dimuat di buletin PLAK! edisi 2, media independen terbitan pencinta sepak bola Indonesia yang beredar di seputaran Gelora Bung Karno saat timnas berlaga melawan Malaysia, Rabu (29/12/2010)]

Download Buletin Plak II

52 Responses to “Bau Busuk Tuan Nurdin”

  1. kuli bangunan
    December 30, 2010 at 10:22 am #

    kami awali

    [Reply]

  2. Erwin Kerabat Bomber
    December 30, 2010 at 10:29 am #

    telat ti2k wae

    [Reply]

  3. nyun2 korea..
    December 30, 2010 at 10:35 am #

    5 jmpol buat mas eri irawan…mju trus..

    [Reply]

  4. Erwin Kerabat Bomber
    December 30, 2010 at 10:36 am #

    siip bwt eri irawan…

    [Reply]

  5. wong jambean
    December 30, 2010 at 10:38 am #

    nko sore sido uji coba msuh persebaya pora?

    [Reply]

    sweedia Reply:

    gak sido, ora oleh ijin keamanan

    [Reply]

  6. Boro karawang
    December 30, 2010 at 11:06 am #

    Dua puluh jempol gae pean kang eri. Gak usah driji po jentik, tangan sikel jempol kabeh.
    Semoga yg pro isl moco dan sadar akan penuhnya kebusukan dibalik gemerlapnya isl.
    Taon depan yg ganti nurdin jg sudan diskenariokan.

    [Reply]

  7. danang suco wijoyo
    December 30, 2010 at 11:54 am #

    lumayan kang

    [Reply]

  8. Sopir Taxi Gelap
    December 30, 2010 at 12:11 pm #

    Yes Kang… LIKE THIS

    [Reply]

  9. Sopir Taxi Gelap
    December 30, 2010 at 12:13 pm #

    Terahe Nurdin Halid iku matane puwicek … pki

    [Reply]

  10. boro banjar
    December 30, 2010 at 12:52 pm #

    Mantabs mas eri smoga yang baca pada sadar dan ga perlu gontok gontok an antara yg pro isl dan pro lpi ……..kita butuh perubahan……

    [Reply]

  11. Butter
    December 30, 2010 at 1:42 pm #

    Wis ruh kuwabeh lek’e nurdin kuwi buwajingan, arek umur 12 th wae podo ruh….cuman yo’opo carane kate nyopot kucing garong(nurdin) bangsat iku tapi kudue ambek sak kroni2e trmasuk besosceleng, driyonokadal, bakriecoro, iwan budiantobajol, haruna sumitrobedigal (menungso2 laknat iku sing memporakporandakan ambisi persebaya saat ingin brtahan di ISL ketika melawan persik kediri)…..kelakuane ngluwihi tikus2e rezim orba, A S L I pssi isine menungso2 kotor…..betul mas eri iriawan selama era nurdin bola tanah air tanpa ada prestasi.

    [Reply]

  12. Deden paegro
    December 30, 2010 at 1:42 pm #

    Lanjutkan & sebarkan biar seluruh indonesi tahu, persibo LPI yes

    [Reply]

  13. Boromania Suroboyo
    December 30, 2010 at 1:51 pm #

    Untuk yang pro ISL Silahkan Baca artikel yang di tulis dengan apa adanya,dan memang kenyataannya seperti itu.Pro n Kontra boleh asalkan apa yang diusung itu benar apa adanya. Kita gak usah munafik tentang kebusukan PSSI. Untuk itu Saya harap DPP Boromania yang di komandani oleh Kang Basar yang saya hormati, Tolong lebih jeli dalam menyikapi apa yang diambil management untuk mundur dari ISL dan ikut dalam LPI dan berfikir untuk jangka panjang untuk kemajuan Persibo dan sepak bola di indonesia. Jujur saja ISL selama di pegang PSSI nurdin cs jangan harap Club akan Profesional dan Fairplay. Selanjutnya saya memohon dengan hormat DPP Boromania mengambil sikap yang relevan dan arif demi PERSIBO.
    Saya pribadi setuju PERSIBO mundur dari ISL dan ikut LPI, sekarang yang penting adalah memonitor berjalannya PERSIBO di LPI baik keuangan, pemain, management harus Profesional dan Fairplay.

    [Reply]

    bojesz Reply:

    yg jelek itu bukan liganya (ISL) tp para pelaku alias oknum oknumnya (nurdin bangsat, nugraha gak becus, dll). jd, bisa membedakan kan?? toh nurdin tahun 2011 masa baktinya udah habis dan tak bisa mencalonkan lagi. nah ini baru,,, ketua LPI arifin panigoro kita dukung agar jadi ketua PSSI. dgn begini gak ada LPI LPI_an. kompetisi opooooooooooooooooo

    ra enek degradasi, juarane yo ora iso berlaga di liga champions asia. dll. ra enek piala liga, dll

    [Reply]

    wahid_boromania Solo Reply:

    … habis dan tak bisa mencalonkan lagi.
    Setahu saya, dalam statuta FIFA (yang diandalin jadi tameng NH selama ini) tidak ada batasan berapa kali seseorang / idividu menduduki jabatan sebagai ketua sebuah federasi. Dan kita sudah sangat paham dengan tabiat si NH, mana mungkin mau melepas kesempatan menduduki jabatan itu, meski dengan cara apapun. Kalaupun pada akhirnya NH benar2 tidak mau mencalonkan diri di 2011 karena dia sudah mengincar posisi yang lebih tinggi yaitu sebagai anggota Komite Eksekutif AFC
    http://www.pssi-football.com/id/view_news_111082.php?id=2981

    [Reply]

  14. telon13+
    December 30, 2010 at 1:55 pm #

    siip kang eri.
    suwe gak buka web.isine kok tukaran kbeh.hahagaga.
    hidup LPI

    [Reply]

  15. adit wib
    December 30, 2010 at 2:15 pm #

    revolusi pssi!
    Turunkan nurdin!
    Jauhkan pssi dari politisasi dan kkn!

    Salam jari tengah buat trouble maker di tubuh pssi!

    [Reply]

  16. soko boro
    December 30, 2010 at 2:18 pm #

    Aq salut oleh mas eri irawan

    [Reply]

  17. danang suco wijoyo
    December 30, 2010 at 2:48 pm #

    aku ura patek salud wkwkwk… Tp lmyn bguz artikele heheheee… Web e cepy leh goro2 persibo nan lpi tp mengko lek persibo wez jaya nan lpi lak rame meneh

    [Reply]

  18. Angling Dharma
    December 30, 2010 at 4:00 pm #

    I like it

    [Reply]

  19. MERAH PUTIH
    December 30, 2010 at 5:04 pm #

    Bagus . . . .
    Nurdin halid kui pancen tai . . . Isone duek duek duek dan duek . . .

    [Reply]

  20. Bambangboromania
    December 30, 2010 at 5:28 pm #

    Setuju ganti aja LIGA SEkunder INDONESIA DG LPI

    [Reply]

  21. besoes banci
    December 30, 2010 at 7:19 pm #

    pssi mulai ketakutan stlh tiga klub menyatakan mundur kata becus lpi banci pdhl yg banci itu pssi wkwkwk

    [Reply]

    BORO-SORONG Reply:

    BARU TAU AKU KLU BECUS ITU BANCI.?HAHAHA.NURDIN:BABI.

    [Reply]

  22. AB
    December 30, 2010 at 9:31 pm #

    Artikel yg cerdas nan kritis..setuju dg mas Eri.
    Yg mantap dr LPI itu klo sy krn klub dilatih mandiri tanpa apbd.Kayakx cm di Indo ada istilah tim plat merah.Kasian rakyat kecil yg ga peduli bola.
    Sukses bwt LPI.

    [Reply]

  23. LucatoniBoromania
    December 30, 2010 at 9:40 pm #

    Emang benar kepengurusan PSSI dibawah Nurdin Halid benar2 hancur, krn didlmnya ada antek2 PKI yg hanya mau nguras uang negara. seharusnya Nurdin Halid cocoknya jd ketua PMI (Perserikatan Maling Indonesia). sebaiknya kita berdoa aja smoga Nurdin Halid cpt2 mati.

    [Reply]

  24. BORO-SORONG
    December 30, 2010 at 9:52 pm #

    buat boro mania dan sluruh suporter indo.ada kbr baik.hasil voting bkal calon ketum PSSI.PRESENTASE:ARIFIN:48,94..IMAM ARIF:29,9..NIRWAN:4,84..JOKO DRIONO:3,55..NURDIN BABI:2,06..!NI DARI GOAL COM.mari kita doakan moga ada pemimpn baru yg lebh bgus dari nurdin baby.SADABE.presentasè terus berubah buat pak arifin.

    [Reply]

  25. danang suco wijoyo
    December 30, 2010 at 10:16 pm #

    tenane lek ?

    [Reply]

    Butter Reply:

    Tenan iku, aku mari moco ndek Goal.com….

    [Reply]

  26. cah kalitidu
    December 31, 2010 at 12:43 am #

    alhamdulillaah,,mugo2 hasil voting dadi kenyataan

    [Reply]

  27. RAKYAT MESKEN
    December 31, 2010 at 12:53 am #

    Woooiii aku gak seneng bal2an duite ojok di nggo obral2an mbayari pemain sampek milyatan, aku butuh bantuan tuku sembako wae ora kuat bal-balan yo bal-balan tapi nganggo duit oleh asilmu dewe, mboh piye carane sing penting ojok duite negoro, enek sing luwih mbutuhke yoiku rakyat jelata koyok aku ngene iki, pak bupati duite ojok di nggo bal-balan.

    [Reply]

  28. Jack Sparrow
    December 31, 2010 at 6:11 am #

    Namanya aja udah NURDIN KELID ya………….. pasti dong pandai berkelid, NURDIN ntu RAI TEMBOK enek wae alasane si NURDIN……!!!!!!

    [Reply]

  29. BORO BUMISAKERA
    December 31, 2010 at 10:15 am #

    PERSEMA, PSM, PERSIBO dibilang banci ma nugroho becus krn pindah LPI dan akan disanksi

    [Reply]

  30. Boro karawang
    December 31, 2010 at 10:34 am #

    Nurdin cs menggonggong LPI tetap berlalu.

    [Reply]

  31. Knge
    December 31, 2010 at 10:47 am #

    Info dari goal.com:
    presentasi calon ketum pssi 2011:
    1.arifin panigoro 48,79%
    2.imam arif 29,47%
    3.nirwan bakrie 4,78%
    4.djoko driyono 3,72%
    5.nurdin halid 2,31%
    6.lainnya 10,93%

    [Reply]

  32. Boromania jogja
    December 31, 2010 at 12:38 pm #

    bener tmen2…,bajingan bwt nurdin cs,mang q aga’kcwa klo persibo mundur dari ISL,tapi demi kebangkitan persibo,q kan dukung sllu persibo,,,.boromania DAMAI BERSAUDARA

    [Reply]

  33. Boromania jogja
    December 31, 2010 at 12:40 pm #

    LPI kawete kpan brow?

    [Reply]

  34. Lumut
    December 31, 2010 at 12:43 pm #

    Ngesakne anake nurdin cah,pake d rasani elek sak indonesia.. Hahaha..

    [Reply]

  35. Knge
    December 31, 2010 at 2:37 pm #

    Lpi mulai bergulir tgl 8 januari 2011,ayo dukung persibo di LPI.. Maju teruz persibo tunjukkan pd pssi u bisa..

    [Reply]

  36. Dedik
    December 31, 2010 at 3:05 pm #

    aku gak ngerti cah, padahal nak senayan wingi saat final. wah, yo ra ngerti kalau ada boromania nak kono.

    salam
    Dedik
    boromania yang tinggal di jaksel

    [Reply]

  37. AREK BAURENO
    December 31, 2010 at 3:39 pm #

    Salut kang Eri tulisan yg cantik, aku di belakang sampean ayo BASMI TIKUS2 DI Pssi , ojo mundur sak jengkal pun..

    [Reply]

  38. khadot cah miri
    December 31, 2010 at 6:24 pm #

    selama bakri masih dibelakang nurdin kayaknya sulit menggantinya. Tp semua akan trjadi jika suporter seindonesia brgabung dan menggulingkn nurdin,persis dgn lengsernya soeharto… Ingin kita

    [Reply]

  39. Agung Boromania Kanten
    January 1, 2011 at 4:22 pm #

    bagus mas,,teruskan perjungan untuk menuju sepak bola yang sehat…mari kita bersama – sama menjunjung tinggi sportifitas,,bersama – sama melawan kebusukan PSSI,,ayo berjuang BOROMANIA…..

    [Reply]

  40. priya Xtidoe
    January 1, 2011 at 5:31 pm #

    ya ampun,…. Ambune ngluwihi badeke batang tikus mati nek sawah ……..

    [Reply]

  41. comarie boro dander
    January 1, 2011 at 7:34 pm #

    nurdin g taw malu

    [Reply]

  42. LILIEK INDARTO
    January 4, 2011 at 11:21 am #

    saya, mendukung and dik ERI IRAWAN, apa yg anda katakan benar, saya sangat ngenes membaca artikel anda, Kita sama sama orang Bojonegoro, walopun sekarang saya di Pamulang jaksel, saya bisa merasakan apa yg anda tulis, anak kecil bawa bekal nasi, ada yg jual ayam, ada yg pinjam uang smua itu hanya untuk melihat sepak bola indah yg bersih , saya bisa merasakan itu dan pernah mengalami waktu masih SMP, gak punya uang ikut truk sampah sampai ke NGAWI. ke JOMBANG demi melihat PERSIBO berlaga di piala PIRING MAS, dgn ketulusan masyarakat seperti yg anda tulis demi kemajuan SEPAK BOLA INDONESIA, tetapi orang orang seperti NURDIN dan para punokawannya tdk pernah berpikir sampai ke bawah dik, mereka itu mengejar uang,uang dan uang, dahyat memang , mereka senang berlumuran dosa. saya salut sama anda dik ERI IRAWAN, tulisan anda mengena dan menyentuh hati smoga bisa bisa di fahami rakyat BOJONEGORO dari segala lapisan pendidikan, type orang BOJONEGORO dimana saja adalah TENANG MEMPELAJARI SITUASI DAN SELALU INGIN YG BERSI DAN JUJUR, jayalah RAJAKWESI/BOJONEGORO, VIVA PERSIBO. TERIMAKASIH…….!

    [Reply]

  43. LILIEK INDARTO
    January 4, 2011 at 11:27 am #

    saya, mendukung anda dik ERI IRAWAN, apa yg anda katakan benar, saya sangat ngenes membaca artikel anda, Kita sama sama orang Bojonegoro, walopun sekarang saya di Pamulang jaksel, saya bisa merasakan apa yg anda tulis, anak kecil bawa bekal nasi, ada yg jual ayam, ada yg pinjam uang smua itu hanya untuk melihat sepak bola indah yg bersih , saya bisa merasakan itu dan pernah mengalami waktu masih SMP, gak punya uang ikut truk sampah sampai ke NGAWI. ke JOMBANG demi melihat PERSIBO berlaga di piala PIRING MAS, dgn ketulusan masyarakat seperti yg anda tulis demi kemajuan SEPAK BOLA INDONESIA, tetapi orang orang seperti NURDIN dan para punokawannya tdk pernah berpikir sampai ke bawah dik, mereka itu mengejar uang,uang dan uang, dahyat memang , mereka senang berlumuran dosa. saya salut sama anda dik ERI IRAWAN, tulisan anda mengena dan menyentuh hati smoga bisa bisa di fahami rakyat BOJONEGORO dari segala lapisan pendidikan, type orang BOJONEGORO dimana saja adalah TENANG MEMPELAJARI SITUASI DAN SELALU INGIN YG BERSIh DAN JUJUR, jayalah RAJAKWESI/BOJONEGORO, VIVA PERSIBO. TERIMAKASIH…….!

    [Reply]

  44. londo
    January 6, 2011 at 2:34 pm #

    kita turun ke jalan brooo,,,,TURUNKAN NURDIN,,,,

    [Reply]

  45. iBeL
    January 6, 2011 at 4:01 pm #

    ayo izinkan rakyat untuk bisa turunkaan nurdin halid..
    rakyat sudah bosan dengan kinerja dia di PSSI..
    PSSi bobrok krn dia..
    ayo Nurdin turun lah segara, berjiwa besar Lah…

    [Reply]

  46. joniprayoga
    January 7, 2011 at 1:09 pm #

    Walaupun dari mulut seorang suporter PERSIBO, tapi ini adalah perwakilan suara suporter seluruh Indonesia
    semua orang dinegara ini sudah tau busuk n bobroknya pengurus PSSI kita, tapi mengapa Nurdin masih nyaman menari nari di atas penderitaan pencinta BOLA tanahair, kemudian tampil sebagai diktator, merasa bahwa SEPAKBOLA ini adalah meilik dia beserta koloni2nya yang kurang ajar…Mengapa Nurdin tidak bisa turun?Mengapa dia tidak bisa diturunkan seperti Soeharto dulu?saya juga tidak tahu gan,,, Saya hanya berharap tuntutan seluruh suporter Indonesia terealisasikan untuk menurunkan Si Nurdin Goblok!!!

    Salam untuk PERSIBO dan seluruh pencinta bola disana,,, Semoga PERSIBO bisa memperoleh kesuksesan di LPI nanti, sampai bertemu dengan BALI DE VATA FC. hehehe 😀

    [Reply]

  47. wong tegal
    January 8, 2011 at 5:30 pm #

    hawa ne mules nek weruh berita tentang nurdin haid…
    Ayo dukung nurdin dadi ketum Copet!

    [Reply]

Leave a Reply