Bersiap Bikin Kejutan Lagi

Entah mengapa, ketika berhadapan dengan Persibo Bojonegoro, Persebaya Surabaya seperti kehilangan taring. Meski level Persibo satu strip di bawah Persebaya, tapi Laskar Angling Dharma lah yang selalu unggul dan pulang dengan kepala tegak.

Masih jelas teringat, pada pra kompetisi musim 2009/2010 lalu, kedua tim ini sempat bertemu dalam pertandingan uji coba di stadion Gelora 10 Nopember. Hasilnya, Persebaya harus tertunduk malu. Andi Oddang cs dibungkam dengan skor telak 3-1.

Kemenangan Persibo atas Persebaya bukan saat itu saja. Sebelumnya, mereka juga menggunduli Bajul Ijo dua kali beruntun. Kedua kemenangan Persibo lahir di kompetisi Divisi Utama. Kemenangan pertama mereka dapat di Surabaya, selanjutnya mereka berhasil merengkuhnya ketika menjadi tuan rumah.

Kali ini, dengan bermodalkan 22 pemain, pelatih Sartono Anwar siap membuat kejutan. Mereka ingin mendapatkan kemenangan keempat, sekaligus kemenangan ketiga di rumah Persebaya. Hal itu bisa saja terjadi. Sebab Sartono sudah menyiapkan timnya dalam beberapa minggu terakhir.

“Kami tidak akan gentar meski pertandingan akan dilakukan di kandang Persebaya,” koar asisten manajer Persibo, Imam Sardjono, Sabtu (8/5/2010).

Status tim kecil ternyata tidak menciutkan nyali Persibo. Untuk pentas Piala Indonesia, Aries Tuansyah cs mendapat julukan tim pembunuh raksasa. Itu tak lepas dari prestasi mereka yang mampu menembus babak perempatfinal sebelum akhirnya tumbang atas Persijap Jepara.

Prestasi gemilang itu berlanjut musim ini. Berada satu grup dengan Persik Kediri, Persitara Jakarta Utara dan PSBI Blitar, Persibo lolos sebagai pendamping Persik. Mereka bahkan bisa menyingkirkan Persitara dengan skor tipis 2-1.

Sayang bayang-bayang cedera menghantui tim asal Kota Ledre itu, terutama di lini belakang. Pada pertandingan yang akan dilangsungkan di stadion Gelora 10 Nopember, Minggu (9/5/2010) besok malam, Laskar Angling Dharma tidak bisa menurunkan Steven Eko lantaran cedera. Sebagai gantinya, Sartono sudah menyiapkan Slamet Sampurno.

Meski lini belakang sedikit keropos, tapi nyali Persibo untuk mengalahkan Persebaya tetap tinggi. “Kami sudah melihat dan tahu bagaimana gaya permainan Persebaya. Targetnya, kalau bisa ya mengulangi kenangan manis dengan mengalahkan Persebaya lagi,” pungkasnya.

Untuk pertandingan besok, Sartono akan menurunkan tim utamanya. Posisi penjaga gawang dipercayakan pada Hery Prasetyo. Empat pemain belakangnya adalah, Aries Tuansyah, Novan Setia, M Hamzah dan Nurhidayat.

Barisan lini tengah akan disisi M Irfan, Victor da Silva, Jajang Paliama serta Abel Cielo. Sebagai ujung tombak, Sartono memasang duet Perry Sah Kollie dan Busari.(sya/beritajatim.com)