Betapa Kami Merindukan Kemenanganmu…

Pemain boleh datang dan pergi, pelatih dan manajemen juga silih berganti, tapi para suporter akan tetap setia menanti. Kami akan tetap menyisihkan tabungan, mengenakan jersey oranye, melintasi ratusan kilometer, dan bernyanyi tiada henti di dalam stadion.

Ya, barangkali sepak bola memang diawali dari kesetiaan suporter, bukan dari gelimang kejayaan sebuah klub. Sepak bola tidak dimulai dari berapa miliar rupiah kontrak dan gaji para pemain, tapi dimulai dari rasa cinta dan kesetiaan para penggemar. Miliaran rupiah kontrak dan gaji itu tak ada apa-apanya bila dibandingkan kesetiaan dan kecintaan Boromania kepada Persibo Bojonegoro.

Kita semua, para Boromania, menghayati hal tersebut di awal perhelatan Liga Super Indonesia musim ini yang terasa begitu berat bagi Persibo. Persibo belum sekali pun mereguk kemenangan. Lima kali pertandingan, tiga di antaranya partai kandang, kita hanya mampu meraup dua poin. Sungguh hasil yang jauh dari harapan.

Tapi toh kita tetap setia menanti. Kita tetap setia di pinggir lapangan, memasang spanduk raksasa, mengibarkan bendera, bertempik-sorak, meniup terompet, dan bernyanyi sampai serak.

Sebagian dari kita harus menyisihkan pendapatan, yang mungkin tak seberapa, untuk bisa membayar tiket rombongan Rp30.000 menuju Stadion Brawijaya Kediri. Bagi sebagian orang, Rp30.000 bukan duit yang sedikit. Ada yang mesti menjual ayam peliharaan, menyisihkan gaji harian, atau bahkan berutang ke tetangga.

Yang masih pelajar menyisihkan uang jajan untuk bisa membeli tiket, membeli kaus dan syal, serta membikin spanduk. Yang sudah bekerja, dengan berbagai cara menyisihkan gaji agar bisa bernyanyi bangga di dalam stadion dengan mengenakan jersey oranye.

Tujuannya hanya satu: melihat Persibo bermain cantik dan mendekap kemenangan. Hasilnya: kita kecewa.

Tapi toh kita tetap setia menanti. Saat bersua Persiwa Wamena, Minggu siang (24/10/2010) pukul 11.00, saya tiba di Stadion Brawijaya Kediri dan melihat banyak Boromania sudah berada di sekitar stadion. Makin siang makin ramai. Saat hujan deras pukul 14.00, gelombang kedatangan Boromania kian memuncak.

Banyak dari mereka yang basah kuyup karena berangkat mengendarai motor. Mereka melintasi ratusan kilometer, menembus belantara hutan di sepanjang Temayang hingga Nganjuk, mungkin dengan jalan yang tak mulus dan penuh gerowak. Ada seorang bapak bersama putranya yang baru berumur enam tahun menggigil kedinginan tepat di warung depan pintu masuk stadion. Hebatnya, tak ada yang mengeluh.

Tujuannya hanya satu: melihat Persibo bermain cantik dan mendekap kemenangan. Hasilnya: kita kecewa.

Itu cerita tentang kesetiaan Boromania, meski kesetiaan tersebut tahun ini harus dihadapkan pada kekecewaan yang bertubi-tubi. Saya kecewa, tapi saya sadar: justu dalam kondisi terjal seperti saat ini, cinta dan kesetiaan mendapat ujian yang paling sulit.

Ada satu cerita klasik tentang kesetiaan suporter di Fever Pitch karya Nick Hornby, sebuah kisah apik tentang kebanggaan penggemar kepada tim kesayangannya, sekali pun tim itu tengah dirubung kesulitan. Buku itu memenangi William Hill Sports Book of the Year 1992. Fever Pitch juga melambari pembuatan film dengan judul yang sama, film yang ditahbiskan Majalah Four-Four-Two sebagai 10 film terbaik tentang sepak bola.

Hornby menggunakan kata “keterikatan” untuk menggambarkan kesetiaan suporter kepada tim pujaannya. “Ayah mengajakku ke Spurs untuk menyaksikan aksi Jimmy Greaves menjebol gawang Sunderland hingga empat kali dan mengakhiri pertandingan dengan skor 5-1…gol-gol yang tercipta dan semua pemain dengan nama besar itu tak bisa membuatku terkesan dan kagum. Aku telah jatuh cinta pada tim lain yang menundukkan Stoke dengan skor 1-0,” tulis Hornby. Tim yang dicintai Hornby adalah Arsenal.

Arsenal, seperti tim lainnya, tak selamanya bisa mendekap kejayaan. Saat Arsenal dirundung banyak kesulitan, ia tetap setia menyaksikan pertandingan demi pertandingan. “Aku terikat dengan Arsenal…dan bagi kami tak ada ada kemungkinan lain,” tulisnya.

Banyak kelompok suporter di Inggris yang akhirnya mendefinisikan cintanya ke tim pujaan dengan kata relationship yang sebenarnya lebih lazim digunakan untuk hubungan cinta sesama manusia.

Saking kentalnya kesetiaan itu, CEO English Premier League Rick Parry pernah berkata, “You can change your job, you can change your wife, but you can’t change your soccer team….” Ya, kita bisa berganti pekerjaan, atau bahkan cerai dan kemudian ganti istri alias kawin lagi, tapi kita tak akan pernah bisa berganti tim pujaan.

Kata Rick Parry lagi, “You can move from one end of the country to another, but you never, ever lose your allegiance to your first team.” Kita, para Boromania, barangkali kini ada yang bekerja di Jakarta, Lamongan, Malang, atau Surabaya, dan bulan depan bervakansi ke Singapura atau Korea Selatan, tapi kita tak akan pernah bisa berganti tim kesayangan dan tiba-tiba menjadi LA Mania, Aremania, atau Bonekmania.

Begitulah kami setia di jalan ini, di jalan penuh liku perjuangan Persibo Bojonegoro. Di televisi kami melihat aksi memukau dan kemenangan gemilang Persipura Jayapura, PSM Makassar, Deltras Sidoarjo, atau Persija Jakarta. Tapi kami tak lantas menanggalkan jersey Persibo dan menjadi pendukung Persipura, PSM, Deltras, atau Persija.

Begitulah kami setia di jalan ini, di jalan penuh kelok perjuangan Persibo Bojonegoro. Sudah sejak di divisi antah-berantah bertahun-tahun silam kami selalu hadir di pinggir stadion, menyanyi sampai parau dan kering tenggorokan.

Saat berulang kali dihajar wasit di divisi utama musim lalu, kami tak henti-hentinya memompakan semangat. Boromania menembus jalanan dari Bojonegoro ke Sidoarjo, meski kami ditimpuki batu entah oleh siapa di sepanjang Lamongan. Kami melintasi hutan dari Bojonegoro ke Solo, meski jalanan berkelok dan hujan kerap mengguyur.

Kami sadar, perjuangan bukan seperti sebentang garis lurus di peta. Tak ada yang mudah, tapi kami tak pernah dan tak akan pernah jera.

Kami hanya ingin pelatih dan para pemain paham satu hal: betapa kami merindukan kemenangan itu…

Mohammad Eri Irawan, Boromania, tinggal di Sukorejo.
Twitter: @erirawan

58 Responses to “Betapa Kami Merindukan Kemenanganmu…”

  1. mbah dharmo
    October 25, 2010 at 1:51 pm #

    ayo boro ojo sampek loyo.nek boro loyo persibo juga loyo????

    horaas persibo………………

    [Reply]

  2. Pangsud
    October 25, 2010 at 1:56 pm #

    Semoga dengan ini semua Boromania akan lebih DEWASA, jangan sungkan-sungkan mengingatkan yang lain untuk bertindak anarkis, rasis dan emosional yang berlebihan.
    Mari kita ciptakan kedamainan & kenyaman disaat Persibo main di kandang stadion Letjen H. Soedirman menjadi angker (angker bukan berarti kita arogan/selalu berbuat onar di dalam maupun di luar stadion) bagi tim maupun suporter tamu-tamunya PERSIBO, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

    [Reply]

  3. samid parahyangan
    October 25, 2010 at 2:00 pm #

    Persibo selalu di hati…

    [Reply]

  4. frustrasi
    October 25, 2010 at 2:08 pm #

    BOROMANIA SEJATI.

    [Reply]

  5. FANZ
    October 25, 2010 at 2:10 pm #

    menang kalah seharusnya tetap beretika, dilempari apapun perangkat pertandingan ga pernah berubh, eman tenaga digunakan nglempar, seharusny kt harus berbuat positif utk team kalo gini siapa yg didenda? siapa yg rugi kalo kena hukuman tanpa penonton, jadilah suporter yg dewasa tanpa rasis dan anarkis

    [Reply]

    persipuramania Reply:

    setuju bro.

    [Reply]

    boromania puwakarta Reply:

    adoh tenan nak mrantao…

    [Reply]

  6. NJARJO 16
    October 25, 2010 at 2:14 pm #

    PERCAYALAH…
    KEMENANGAN SUDAH SEMAKIN DEKAT…
    KEMENANGAN SUDAH SEMAKIN DEKAT…
    KEMENANGAN SUDAH SEMAKIN DEKAT…

    [Reply]

    Gusleon Reply:

    Ojo ngimpi mas.. Sadar yo bhwa kita msh teramat lemah di ISL. Kita boromania msti satu hati brtekad mwujudkan hal yg lebih baik.. Cermati prkmbgan n lakukan ssuatu yg brmanfaat u kemajuan Persibo

    [Reply]

    NJARJO 16 Reply:

    Semua cuma masalah waktu. PERSIBO bukanlah yg teramat lemah. Terbukti main di kediri pun bisa merepotkan tim2 mapan isl.

    [Reply]

  7. BORO pingir BENgawaN akbar cgn
    October 25, 2010 at 2:25 pm #

    optimis 1000% besk menang.menang.menang.. ..menang truz pokokE

    [Reply]

  8. mbenk.boro nggalek
    October 25, 2010 at 2:27 pm #

    btl apa yg anda tliskan kawan.,,
    kt tdak boleh pts wlaupun persibo blum meraih hasil sempurna.
    Persibo dan boromania adalah satu,tnpa persibo boromania tdak ada bgt pula sblixnya,
    jangn sampai anarkis tman2,qt smua adalah saudara…

    [Reply]

  9. kapten arlan
    October 25, 2010 at 2:34 pm #

    jdikan lwan persipura sbg awal kbangkitanmu persibo…..

    [Reply]

  10. amnesia
    October 25, 2010 at 2:37 pm #

    menerjang badai dan bara
    maju bahu membahu
    ayo persibo bangkit lah
    jadi lah nomer satu

    tak kenal lelah
    pantang menyerah
    hadapilah lawanmu
    oren sejati takkan berhenti
    persibo sampai mati

    [Reply]

    rantang Reply:

    ninja hatori?
    hahaha

    [Reply]

  11. Pangsud
    October 25, 2010 at 2:37 pm #

    Mulailah/awalilah selalu berjabat tangan atau bergandengan tangan untuk persaudaraan antar Boromania satu dengan lainnya dari ujung keujung, percayalah ini semua akan mendapat nilai tersendiri sebagai wajah asli BOROmania yang sejati, buat iri suporter mania bola Indonesia khususnya dan International pada umumnya. Boromania pasti bisa, HIDUP BOROMANIA ku…

    [Reply]

  12. nickz
    October 25, 2010 at 3:03 pm #

    duh kasian persibo…apa mungkin karena tim kalian materinya kurang mantap!!
    semoga dapet hasil yg lebih baik deh kedepannya…..
    salam dr wong solo….

    [Reply]

    Gusleon Reply:

    Materi tim skrg ini adalah materi pilihan MAKELAR 2010

    [Reply]

  13. Farida
    October 25, 2010 at 3:08 pm #

    tulisan yang menggetarkan. ayo boromania, bergandeng tangan lebih erat lagi….

    [Reply]

  14. Pakde Wawan
    October 25, 2010 at 3:26 pm #

    the giants killer meski bangkit kembali!!!, betapa kami masih teringat semangat kalian di divisi Utama, Ayo bangkit !!!

    [Reply]

  15. PIACENZA
    October 25, 2010 at 3:27 pm #

    YOU NEVER WALK ALONE

    [Reply]

  16. telon13+
    October 25, 2010 at 3:32 pm #

    bersatulah

    [Reply]

  17. dudul
    October 25, 2010 at 3:37 pm #

    ayuk lah

    [Reply]

  18. Boro Kidul Stadion
    October 25, 2010 at 3:47 pm #

    ingat perjuangan divisi utama tahun lalu juga tidak semudah yg kalian kiraa…
    Kita juga banyak mendapat coba’an. . .seperti di kasta super liga ini.
    Yg penting tetap dukung persiboo …
    Walaupun nantinya turun di kasta palin bawah sekalipun.

    [Reply]

    Gusleon Reply:

    Salut kang.. Mari kt srtakan persibo dlm doa2 shalat kita

    [Reply]

  19. vinchent
    October 25, 2010 at 4:02 pm #

    relationship for PERSIBO…………………………never die,,,,,,,,,,,,,,,

    [Reply]

  20. HAVROUN
    October 25, 2010 at 4:02 pm #

    Persibo the Giant Killer,
    kalo 2009-2010 aja slogan ini ga hanya sekedar slogan. terbukti PERSIBO bisa ! (bahkan sampe juara Divisi Utama!! ) kenapa ngga untuk musim 2010-2011 eksistensi PERSIBO juga jadi Pembunuh Raksasa bagi tim2 elit Superliga??

    wahai PERSIBO, kami ngga menuntut banyak untukmu (menjadi Juara SuperLiga). tapi buatlah kami bangga menjadi bagian dari Boromania, sebagai pendukung setia dari sebuah TIM yang mengalahkan tim-tim raksasa di level sepakbola teratas di Indonesia.

    JAYALAH PERSIBO !! nothing is impossible…

    [Reply]

  21. Eri Irawan
    October 25, 2010 at 4:46 pm #

    Teman-teman yang baik, sekadar diskusi ringan nih. Menurut teman-teman yang menonton langsung pertandingan lawan Persiwa kemarin, apakah pergantian Sumardi oleh Hamzah dan Irfan oleh Kang Hyun sudah tepat?

    Menurut saya, pergantian Sumardi kurang tepat. Sumardi memang beberapa kali salah dalam melakukan umpan silang dari sisi sebelah kanan Persibo. Tapi Sumardi harus diakui sangat agresif dan mampu menerobos pertahanan Persiwa. Bahkan, di pertengahan babak kedua, Sumardi mampu lolos di ujung kiri kotak penalti Persiwa dan melepaskan tendangan keras yang sayangnya masih menyamping. Kalau dasar pergantian Sartono hanya soal salah umpan, tentu patut disayangkan. Agresivitas Sumardi yang mampu berkali-kali menerobos sisi kiri Persiwa patut diapresiasi. Saya kira tinggal menunggu waktu di babak kedua, pasti Sumardi mampu melakukan banyak hal.

    Kita melihat sendiri Hamzah pada babak kedua hanya mampu melepas umpan lambung dari posisi yang sangat jauh dan sangat mudah dipatahkan pemain Persiwa yang secara postur lebih tinggi daripada pemain Persibo. Sungguh aneh jika Hamzah dimasukkan hanya untuk memompa umpan lambung ke daerah Persiwa (saya melihat saat istirahat babak pertama, asisten pelatih Bambang Pramuji mengajak Hamzah umpan-umpanan dari jarak setengah lapangan), karena secara postur penyerang kita kalah. Samsul berpostur kecil, Dadi sama sekali tak spartan dalam berduel udara.

    Saya sih nggak pandai teori sepak bola. Ini hanya sekadar ajakan diskusi ringan untuk kebaikan Persibo ke depannya.

    [Reply]

  22. Eri Irawan
    October 25, 2010 at 4:47 pm #

    Sorry ralat: . Bahkan, di pertengahan babak kedua, Sumardi mampu lolos di ujung kiri kotak penalti Persiwa dan melepaskan tendangan keras yang sayangnya masih menyamping. Semestinya itu babak pertama.

    [Reply]

  23. Eri Irawan
    October 25, 2010 at 4:55 pm #

    Kemudian, apakah pergantian Irfan oleh Kang Hyun cukup signifikan mendongkrak permainan Persibo? Saya kira Irfan masih on fire di babak kedua. Kecepatannya berkali-kali merepotkan pemain Persiwa. Irfan sendiri begitu diganti terlihat sangat kaget. Dia langsung memegangi kepalanya dengan ekspresi kaget. Itu wajar karena Irfan mungkin merasa masih sangat bugar dan tampil bagus. Semestinya, menghadapi tim dengan fisik kuat seperti Persiwa, yang dibutuhkan adalah pemain-pemain ngeyel macam Irfan. Kang Hyun beberapa kali kalah lari dengan pemain Persiwa. Bahkan, hanya semenit masuk ke lapangan, Kang Hyun sudah emosi dan terlibat perang mulut dengan pemain Persiwa karena duel badan dan kalah.

    [Reply]

    amnesia Reply:

    sebenernya yang harus diganti tuh victor
    untuk pertandingan kemaren
    victor terlihat kepayahan
    kurang begitu maksimal
    butuh pendobrak dari lini tengah
    dai / cucu harus dicoba

    victor udah kemakan umur
    harus disimpan tenaganya

    dadi sama sekali tidak ada kontribusi
    walaupun pelanggaran terhadap dia di babak pertama menghasilkan tendangn bebas buat bizzaro

    [Reply]

  24. andy...XYZ
    October 25, 2010 at 5:00 pm #

    Pertandingan yang akan datang pasti kita menang
    tetap semangat persibo
    lupakan soal lampu lupakan soal hadiah
    tetaplah fokus pada permainan yang cantik
    pantang menyerah…
    boromania tetpa selalu mendukungmu
    MARI ORANYEKAN KANDANG KITA…..

    [Reply]

  25. Mr.Jemblong boro mania Jakarta selatan
    October 25, 2010 at 5:10 pm #

    Team persibo dan Boro mania masih dalam tahap belajar di ISL,rasa kecewa kekecewaan itu sudah jadi hal yang biasa,selain dari pada itu soal materi memang juga kurang mendukung tim persibo,sebenarnya kunci utama kemenangan adalah berada di distadion jln letjen sudirman,tapi apa mau apa dikata kenyataanya kita ngau bisa main kandang di bumi bojonegoro,mungkin semangat dari boro mania aja ngak cukup kuat untuk mengantar persibo meraih kemenangan,tapi ada satu hal yang akan mengetarkan mental musuh kalau musuh bertanding diatas tanahnya sendiri lawan,tapi kita sebagai boro mania sejati tak akan pernah surut menyuarakan orange,ingat boro mania kita sudah punya martabat yang tinggi dengan julukan the big killer,ingat kita warga bojonegoro sudah biasa menjalani hidup yang serba terbatas,dan bergaris keras.Kiranya itu menjadi modal kita untuk selalu mencintai persibo dalam keadaan apapun.Aku sendiri juga terbentur masalah ekonomi yang membelit jadi aku ngak bisa lihat langsung pertandingan persibo disetiap laga kami hanya dapat memantau dari televisi,tapi aku Mr.Jemblong selalalu mendukungmu lewat do’a,aku kecewa dengan hasil yang diperoleh di ISL tapi aku tak pernah kecewa menjadi salah satu bagian boro mania,PERSIBO DAN BORO MANIA you rock…

    [Reply]

  26. cah dong dem
    October 25, 2010 at 5:13 pm #

    “rahasia didunia ini adalah yakin….
    ..ngk da jalan yg ngk bisa dilewati,jika kita mau tuk berusaha……
    ..tak ada yg tdk mungkin didunia ini,semua serba mungkin……
    ..keyakinan terhdap keberhasilan yg akn diraih mrupakn bekal awal dri keberhasilan..
    ..dibalik kesulitan PERSIBO pasti akn ada kemudahan..
    ..apa yg terjadi tak mngkib terulang kembali,mari songsong hri esok tg lbih baik…..
    ..berusaha mnjadi yg terbaik,bukanlah hrus nomer 1…
    ..tunjukkn pada dunia bahwa PERSIBO memng mampu dan bisa..

    “yo ayo ….
    ..ayo PERSIBO…
    ..ku ingin…..
    ..kita harus menang…

    “PERSIBO….kami memang rindu akan kmenanganmu,,wlaupun kau tk kunjung meraih
    kemenhang tp kami akn terus..dan terus mmberikan suport buatmu…
    walaupun aq jauh dirantau….Amiinn…!

    BOROMANIA KORSEL
    SADABE
    syaif

    [Reply]

  27. lowo
    October 25, 2010 at 5:33 pm #

    sore & slamat sobbb smuaa…..
    sorry numpang sarannn…. kayaknya kiper persibo kurang mantab….. kmarin yg ikut waktu Divisi Utama bagus tuh yg rambutnya agak panjang…… hery siapa gitu lengkapnya….. mantab lohh… kok ga di pasang lagi knapa…???? dibanding dengan yg skarang…

    key trimmm lam knal smua
    tetap mantab & maju trusss Boro kuuuuuu…….

    [Reply]

  28. Pangsud
    October 25, 2010 at 5:47 pm #

    Namanya HERI PRASETYO arek malang musim lalu waktu masih di Divisi Utama, dia sekarang berlabuh di Persik Kediri karena tidak deal dengan kontrak baru, ya begitulah broo… klo cuma hanya mengejar materi bukan prestasi, kan harusnya keduanya jalan beriringan antara Hak dan Kewajiban.
    Maju terus Persibo tunjukkan bahwa kamu bisa…

    [Reply]

  29. Eka THE BORO
    October 25, 2010 at 5:52 pm #

    tetap semangat persiboku pantang mundur,ingat julukan kita sebagai THE GIANT KILLER…BOROMANIA selalu setia mendukung………

    [Reply]

  30. khadot cah miri
    October 25, 2010 at 5:57 pm #

    heri pindah dipersik bro,

    [Reply]

  31. Ninu
    October 25, 2010 at 6:11 pm #

    Please make Me PROUD of You PERSIBO

    [Reply]

  32. Aq love
    October 25, 2010 at 6:20 pm #

    The giant killer bwt persibo. .
    Hrus ttap the giant killer. . .
    Ayo the boromania,
    smangt lah bwt persibo. . .

    [Reply]

  33. danyAf
    October 25, 2010 at 6:32 pm #

    Matoh rik tulisane…. Sing nang perantauan pokoke te2p PERSIBO!!!

    [Reply]

  34. Recky lng
    October 25, 2010 at 8:57 pm #

    Salut buat boromania,..

    [Reply]

  35. Gusleon
    October 25, 2010 at 10:57 pm #

    hai mas eri, mt knal y.. Mnurut aku sh prgntian sumardi ke hamzah gk akan bw prubahan yg sgnifikan.. Pd babak ke-2 yg shrusx d lakukan adalah mrubah pola maen mnjadi agk brtahan dsrtai counter atack dg penambhan 1gelandang tengah Diharapkan agar DMF mereka bisa trpancing keluar shgga samsul n slamet gak sllu d keroyok dmf n bek persiwa. Maaf ni skdar obrolan d warun kopi

    [Reply]

  36. NJARJO 16
    October 26, 2010 at 1:36 am #

    Menang kalah tetep dukung Persibo…
    Lha wong Bojonegoro oq…

    [Reply]

  37. blangkintut
    October 26, 2010 at 1:05 pm #

    apapun yg terjadi. Q kn slalu ada untukmu…..

    [Reply]

  38. bojesz
    October 26, 2010 at 1:33 pm #

    klo PERSIBO loyo, klo PERSIBO loyo, bukan PERSIBO tp PUTRI SOLO !!!

    [Reply]

  39. RIZQI BOROMANIA
    October 27, 2010 at 11:01 am #

    Semoga BOROMANIA tetap stia mendukung PERSIBO, walaupun diawal- awal musim PERSIBO selalu menuai kegagalan, tetapi yaqinlah awal kegagalan adalah sebagi tangga menuju kesuksesan……BRAVO PERSIBO

    [Reply]

  40. Bah menang Bah kalah….. tetep PERSIBOku….nek iso kudu menang teruss,, koyaken segoro orat arit kabeh musuh musuh….. Pemain PERSIBO sing GA PRODUKTIF buak ae nek nggawan…adoh adoh di bon , wes ngetokno duwek akeh ra iso opo opo… panceno wc umum tenan…..
    ok dulur…ayo dukung terus persibo iki….
    salam putus – – putus ( kadang ndelok – kadang ora )

    [Reply]

  41. budex
    October 28, 2010 at 10:58 pm #

    Munkin da yang kurang pas di skuad PERSIBO, Suporter OK, Pemain OK, Pelatih 1/2 OK, Manajemen Is Not OK (karena harus mikir tanggungan beban tahun lalu, bolak-balik di Hayam Wuruk jadi pesakitan/disidang) jadi ruwet. Yang paling tidak pas BAPAKE Wong Jonegoro kok roso-roso gak mikir PERSIBO babar blas. TAPI KALAH MENANG TETEP TAK DUKUNG PERSIBO. Ayo wong Jonegoro eman duit milyaran wis kadung kecemplung ning Persibo nek gak di dukung. MAJU TERUS PERSIBO, SIKAT HABIS LAWAN-LAWANMU. POKOK AWAK SEHAT, SEMPAT, DAN DA RAGAD PASTI AKU AKAN DATANG DI STADION DIMANA KAMU BERTANDING.

    [Reply]

  42. jhebox boromania
    November 13, 2010 at 12:07 pm #

    biarpun 10rbu orang mulai ragu,aq akn tetap mendukungmu…
    apapun hasil yg km peroleh,aq akn tetap ngacungin jempol…
    karna kau adalah tim kesayanganku…
    PERSIBO’KU jersey oranye akan selala aq pakai untuk mendukungmu…

    [Reply]

  43. tohiron
    November 14, 2010 at 7:36 pm #

    SELAMAT ATAS KEMENANGAN PERSIBO, tapi cepetan di update donk untuk situsnya, jadi para BOROMANIA yang berada di jauh biar cepet tau, oke Gan..

    [Reply]

  44. gagarin prakoso boro mania selatan
    November 25, 2010 at 8:59 pm #

    gini lo bos or spa…
    di fb saya tu di komen ama ank LA nah ktya aglg germo lah apa lah,
    solusi ya apa . ///??????????????????????////

    [Reply]

  45. mbah mo cinta persibo
    January 26, 2011 at 8:49 am #

    ancuk bro.. mbrebes mili aku,baca tulisanmu!!!
    karna salah satu dari mereka adalah saya,
    I luv Persibo, Ayo smangat….

    [Reply]

  46. lintang
    February 8, 2011 at 2:53 pm #

    menang kalah tetep mendukungmu

    [Reply]

  47. lintang
    February 8, 2011 at 2:54 pm #

    sing penting maine enak nek iso yo menang

    [Reply]

  48. lintang
    February 8, 2011 at 2:55 pm #

    mohon info boromania nok jakarta……podo ngumpul nok ndi yoooo

    [Reply]

    boromania puwakarta Reply:

    setuju…

    [Reply]

  49. hasan
    February 23, 2011 at 10:53 pm #

    aku sangat rindu akan kemenangan tim persibo, tapi apa yang aku lihat hanyalah kekecewaan, jujur aku kecewa dengan manajemen persibo, kalau kita tidak bangkit sampai kapan kita akan terus dipecundangi tim lawan…..
    ayo persibo bangkit dari tidur panjangmu…..

    [Reply]

Leave a Reply