Bisa Disaksikan, tapi Harus Tertib

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Pertandingan lanjutan kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia antara tuan rumah Persibo melawan Perseman Manokwari bisa disaksikan penonton. “Namun, penonton harus tertib dan ikut menjaga keamanan pertandingan juga,” ingat Ketua Panpel Persibo Hendy K. kepada Radar Bojonegoro, kemarin (5/5).

Dia menegaskan, jika sampai terjadi keributan sedikit saja dalam laga nanti sore, maka pertandingan Persibo melawan Persebaya Surabaya akan dilakukan tanpa penonton. Dan itu akan sangat merugikan Persibo yang bertindak sebagai tuan rumah.

Karena itu, dia berharap Boromania dan seluruh pendukung Persibo tidak ikut campur dengan yang terjadi di lapangan. “Termasuk melempar sesuatu ke dalam lapangan. Jadi mari kita jaga bersama,” ajaknya.

Sementara itu, Kabagops Polres Bojonegoro Kompol Suharyono menjelaskan, nanti sore pihaknya akan menerjunkan sekitar 250 personel untuk mengamankan jalannya laga. Bahkan, tidak menutup kemungkinan polres juga akan menurunkan anjing pelacak. “Kami akan lebih ketat mengamankan pertandingan,” tandasnya.

Dia mengimbau para suporter yang hendak berangkat ke Stadion Letjen H. Soedirman untuk menggunakan salah satu lajur jalan saja. Sehingga, tidak menimbulkan kemacetan di jalan raya. “Termasuk tidak berkonvoi dalam jumlah besar dan menutup seluruh jalan,” ujarnya.

Suharyono juga minta para suporter mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan tertib di jalan raya. Jika ada yang tidak mematuhi imbauan ini, pihaknya akan menindak tegas. Selain itu, polres juga akan melakukan sweeping bagi suporter yang membawa benda keras dan tajam serta botol minuman. “Kita akan tempatkan petugas di antara sap penonton untuk memantau langsung,” imbuhnya.

Sebelumnya, saat laga melawan Persema Malang 8 Maret lalu Persibo sempat disanksi menggelar laga tanpa penonton saat melawan Perseman. Namun, setelah banding sanksi itu dihapus, sehingga pertandingan nanti sore boleh disaksikan penonton. (rb/ade)