Boaz Bungkam Persibo

Persibo Bojonegoro kedatangan Persipura Jayapura pada lanjutan kompetisi ISL hari Rabu, 27 Oktober 2010. Bertarung di stadion Brawijaya Kediri, Persipura berhasil memetik kemenangan tipis 1-0.

Dengan tambahan tiga poin, Persipura memantapkan posisi mereka di puncak klasemen. Dari 6 pertandingan, Mutiara Hitam kini punya 16 poin tanpa pernah kalah.

Sedangkan Persibo kian terperosok di papan bawah. Mereka baru punya 2 poin hasil dari dua kali imbang.

Pertarungan antara Persibo menghadapi Persipura berjalan dalam tempo lambat. Namun Persibo yang dilatih Sartono Anwar punya beberapa peluang yang cukup baik di 45 menit pertama.

Di menit 24 misalnya. Cucu Hidayat yang menguasai bola melepaskan tendangan kaki kiri yang keras dari luar kotak penalti. Bola terbang dengan cepat menuju sasaran namun kiper Persipura Yoo Jae Hoon masih bisa mementahkan peluang ini.

Selang tiga menit Persibo kembali mendapatkan peluang emas. Kapten mereka Victor da Silva melakukan free header sayang masih terlalu lemah.

Di menit 30 giliran Samsul Arif yang mengancam gawang Persipura. Namun lagi-lagi penampilan cemerlang kiper tim Mutiara Hitam Yoo Jae Hoon yang terbang menepis bola masih bisa menjaga gawangnya tetap aman.

Persipura sendiri tidak terlalu bernafsu dalam melakukan serangan. Boaz Solossa kurang mendapatkan suplai bola yang matang dari lini kedua. Hingga turun minum skor masih 0-0.

Pada babak kedua Persipura mulai bisa mengambil alih lapangan tengah. Namun gol untuk mereka baru hadir di penghujung pertandingan.

Gol ini terjadi lewat kerja sama satu-dua antara Boaz dan Zah Rahan. Bola umpan Zah Rahan di dalam kotak penalti berhasil diselesaikan Boaz menjadi gol dengan memperdaya kiper Wahyudi.

Persibo nyaris menyamakan kedudukan di injury time. Sayang tendangan jarak jauh Jajang Paliama masih bisa ditepis Yoo Jae Hoon. Sampai pertandingan selesai skor tetap 1-0 untuk Persipura.

Pertandingan tersebut juga berjalan cukup keras. Wasit Ahmad Suparman terpaksa mengeluarkan tujuh kartu kuning yang diberikan kepada pemain Persibo A Sumardi di menit ke-25, Aang Suparman menit ke-48, Cucu Hidayat menit ke-52, dan Jajang Paliama menit ke-88.

Sementara itu, tiga kartu kuning diberikan kepada pemain Persipura yakni Ortizan Salossa menit ke-22, Boaz Salossa menit ke-72, dan Zah Rahan menit ke-88.

Pelatih Persibo Bojonegoro, Sartono Anwar mengaku kondisi fisik anak-anak asuhnya menurun, terlebih saat babak kedua.

Ia juga mengaku, jebolnya pertahanan lini belakang Persibo karena kesalahan sendiri. Umpan yang seharusnya diberikan kepada rekan, ternyata dengan mudah beralih ke kaki lawan.

Sementara itu Pelatih Persipura Jacksen F Tiago mengaku kemenangan yang terjadi di menit terakhir pertandingan adalah keberuntungan. Di tengah kondisi fisik pemain yang turun, setelah pertandingan, maupun perjalanan jauh, mereka ternyata masih mampu mengalahkan lawan.