Bonekmania Tak Dikuota

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Aksi brutal Bonekmania–sebutan suporter Persebaya Surabaya–mendapat perhatian serius dari panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persibo Bojonegoro. Kemarin (7/5) panpel Persibo menyatakan tak akan memberikan kuota bagi Bonekmania saat Persebaya berlaga di Stadion Letjen H. Soedirman Minggu (10/5) lusa.

“Kami mohon maaf karena belum bisa memberikan kuota bagi Bonekmania,” kata Ketua Panpel Persibo Hendy K kepada Radar Bojonegoro.

Dia beralasan panpel tidak bisa memberikan jaminan keamanan kepada Bonekmania. Sebab, hasil koordinasi panpel dengan pihak keamanan merekomendasikan tidak ada kuota bagi Bonekmania saat laga Persibo versus Persebaya nanti. “Namun kalau mereka datang ke sini secara tidak terkoordinasi, kami tidak masalah. Hanya keamanan tidak bisa kami jamin,” ujarnya.

Selain itu, kapasitas Stadion Letjen H. Soedirman juga terbatas. Panpel memerkirakan stadion itu bakal penuh pada laga Minggu lusa. Alasannya, laga tersebut merupakan laga terakhir Persibo di ajang kompetisi divisi utama. Lawan yang dihadapi juga tim tangguh di wilayah timur.

Untuk menghadapi laga tersebut, Hendy menyatakan, panpel bakal menambah jumlah personel keamanan. “Sebab partai ini adalah partai penmting bagi Persibo,” ujarnya.

Menurut dia, panpel tidak ingin kecolongan dalam menggelar laga bergengsi tersebut. Dia khawatir banyaknya penonton bisa memicu masalah di lapangan. “Kami juga meminta kesadaran Boromania dan pendukung Persibo untuk ikut menjaga keamanan selama pertandingan,” pintanya.

Pria yang juga Danramil Balen itu menambahkan, apabila terjadi sedikit saja masalah dalam partai tersebut, bukan tidak mungkin Persibo akan kena sanksi. Jika sanksi berupa larangan menggelar laga di kandang, maka Persibo bakal rugi. ‘Termasuk saat babak delapan besar Copa Indonesia,” katanya. (rb/ade)