Boro – Bonek Tetap Satu Hati

Penulis: Purnomo, fphoer_ring@yahoo.com

Sebelum dilangsungkannya pertandingan Persibo vs Persebaya pada hari Minggu 10 Mei 2009 di Stadion Letjen Soedirman terdapat pemandangan yang berbeda dari biasanya, yaitu adanya spanduk yang bertuliskan “BORO dan BONEK tetap SATU HATI” yang dibawa oleh dua orang suporter Boromania mengelilingi Lapangan. Aplause dan sambutan luar biasa menyertai spanduk tersebut ketika melintas di depan tribun penonton yang memadati stadion kebanggaan masyarakat Bojonegoro.

borobonek_saudara
Spanduk yang dibentang oleh teman-teman Boromania itu bukan hanya slogan belaka, melainkan memiliki makna yang mendalam, ikatan rasa persahabatan yang melekat antara Boromania dengan saudara tuanya Bonekmania, dan tentunya keharmonisan antar kedua suporter harapannya akan senantiasa terjaga.

Bukti akan harmonisnya hubungan antar kedua kelompok suporter tersebut dapat dilihat ketika kedua kubu mulai memadati stadion guna mendukung kesebelasan masing-masing. Meski tidak ada pagar Pembatas antara Boromania dengan Bonekmania, namun tidak terjadi gesekan antara kedua pendukung di dalam stadion. Bahkan pendukung fanatik tim Bajul Ijo itu dapat menerima hasil pertandingan Persibo vs Persebaya dengan lapang dada dan legowo.

borobonek_saudara2
Bahkan ada juga Boromania yang sempat foto bareng dengan teman-teman dari Bonekmania, bercanda ria, dan juga ada yang hanya sekedar tukar atribut dari masing-masing komunitas. Merekapun keluar dari Stadion yang terletak disebelah Timur kota Bojonegoro ini secara tertib dan teratur.

Seandainya suasana seperti itu dapat juga diterapkan di stadion-stadion lain di Indonesia, alangkah indahnya. Tidak ada permusuhan, tidak ada tawuran, tidak ada aksi anarkis. Dengan terciptanya kondisi seperti itu diharapkan semua masyarakat pecinta bola akan bisa merasakan suasana stadion dengan penuh rasa aman, tidak cemas, tidak dalam suasana mencekam dan was-was dalam menyaksikan sebuah pertandingan.

77 Responses to “Boro – Bonek Tetap Satu Hati”

  1. Ngip
    May 14, 2009 at 7:46 am #

    BUANG BUDAYA ANARKIS……

    [Reply]

    El ninu Reply:

    BUANG BUDAYA ANARKIS,TERUSKAN BUDAYA NARSIS

    [Reply]

  2. fphoer
    May 14, 2009 at 8:03 am #

    Damai….damai….Saudaraku…..!!!!!!
    BOROmANia Suporter Cinta Damai dan Anti Anarkis,,!!!
    BOROMANIA CYBER COMMUNITY Cinta Damai…!!!!!
    Dengan Slogan Bukan Sekedar Fanatik Tapi Juga Berkode Etik…!!!!

    [Reply]

    nogo5amin Reply:

    Wah mas pur narsis e metu
    Padahal photo boro bonek sing bareng2 onok lho
    Sing dipasan photone maspur+bonita

    [Reply]

    fphoer Reply:

    Aq yow gk ngerti mas, nek d wenehi foto koyok ngunu kuwi??
    Cz aq maeng cm kirim artikel tok je.????

    [Reply]

    fphoer Reply:

    Aq yow gk ngerti mas, nek d wenehi foto koyok ngunu kuwi??
    Cz aq maeng cm kirim artikel tok je.????

    @ Rejz
    Piye foto+Video “Goal Pertama Persibo Vs Persebaya” wis di upload k FB??

    [Reply]

    rejz.boromania Reply:

    durung sempet mas, lali gak tak gowo je, insyaAllah mene..

    sido nang mas wied ngko??andi wis gak sabar..

    nogo5amin Reply:

    Carane upload video piye toh?

  3. Lumut
    May 14, 2009 at 8:08 am #

    @fphor
    Fotone sopo kiy?
    Hahaha :)
    @rejes
    awakmu d goleki onde2x panas… 😀

    [Reply]

    fphoer Reply:

    Iyo Fotone Boronita tow???
    sLhe gak melu delok nok stadion,,!!!
    Mas Wid, Tono, Gimin, Danu kuwi low pling sing kenalan..!!!

    [Reply]

    rejz.boromania Reply:

    mantaf… geulis pisan euy…

    [Reply]

    nogo5amin Reply:

    Wingi sing cedak adik mu jez

    [Reply]

  4. Ngip
    May 14, 2009 at 8:24 am #

    Wis ra iso muji opo tekon asal usule
    iso ne cuma ngelek idu ae Ndie 😀
    Ancen Poer kok yo ngerti selerane koncone iku nek seneng sawang sinawang 😀
    Golek sing akeh POER

    [Reply]

    fphoer Reply:

    Ben iso golek sing akeh kudu gowo gantungan Kunci karo Stiker Bomber sing uuuakeh mas,,!!! hehehe
    Adakah donatur yang mau nyumbang buat bikin gantungan Kunci + stiker sing uaaakeh..!!!
    kalau ada tentunya kami mewakili Boromania Cyber mengucapkan terima kasih yang sebesear-besarnya..!!!
    Kami tunggu aspirasinya..!!!!
    Sok nek waktu Persibo Vs SFC biar bisa di bagi d stadion kebanggan masyarakat Bojonegoro..???

    [Reply]

  5. El ninu
    May 14, 2009 at 8:25 am #

    Andai saja warna biru,merah,putih,hijau,orange,kuning,ungu,bersatu melebur bergandeng tangan tanpa ada saling selisih nan indahnya persaudaraan…kapan yow boronita aman dan nyaman ktika lihat persibo di dalam stadion,tanpa sorakan,tanpa ejekan..smuga boromania cyber bsa menjadi tonggak utk merubah prbuatan itu,aku yakin boromania cyber pecinta wanita..he he he
    @onde2 nglumuti
    naksir ye,mas bobo sing duwe nopene

    [Reply]

    athur juniaramad 20 Reply:

    @el ninu & swedia
    yo awakmu karo mas mu to seng pecinta wanita. heeeee…heeeee.
    nger enek cewek mesti wang sinawang lan binggung golek no hp ne……

    [Reply]

    sweedia Reply:

    begh, padahal aku wingi iku gak ngreken blas lo kok sik kenek fitnah ae to yo

    [Reply]

    nogo5amin Reply:

    Heleh
    Neng ym wingi ngomong opo kwe?
    Wes to mas, nek tertarik yo ngomong tertarik ngunu lho
    Ojo gengsian to

    Tapi trus seng bonita (gadis bonek) piye?

    Pizz…

  6. rejz.boromania
    May 14, 2009 at 8:46 am #

    Tidak akan pernah ada sebuah cerita perdamaian yang muncul secara instan.
    Semua berawal dari kesadaran dari pribadi masing-masing untuk tidak membuat sebuah gesekan sesama ataupun antar suporter.
    Patut diacungi jempol jika kita mampu menerima dengan lapang dada keberagaman yang ada, jangan selalu memandang perbedaan warna, tetapi pandanglah perbedaan sebagai keberagaman yang kita miliki.

    Kita awali dari diri kita sendiri, kalau tidak sekarang KAPAN LAGI?? (he9..kayak iklan ae)

    awas onde-onde panas…

    [Reply]

  7. BoRovers
    May 14, 2009 at 8:53 am #

    Begitulah seharusnya…g perlu ada provokator

    [Reply]

  8. prashommer
    May 14, 2009 at 9:02 am #

    Indahnya perdamaian..

    [Reply]

  9. BLÉDÉX'Z jakarta
    May 14, 2009 at 9:27 am #

    ilmu yg paling sakti didunia ini hanya ada satu ”AKEH KEKANCAN” oce…

    [Reply]

  10. arisTelon
    May 14, 2009 at 9:29 am #

    Sekarang besok dan selamanya
    Boro Bonek tetap satu hati

    [Reply]

  11. suro
    May 14, 2009 at 9:43 am #

    fotone sopo rek iki……?
    damai itu indah….
    indah itu manajernya persebaya…..he….he…

    [Reply]

  12. Ngip
    May 14, 2009 at 10:00 am #

    Sudah mulai terbongkar kasusnya…
    Sekarang Poer, Lumut, Bobo dan Reza silakan membentuk Tim Khusus untuk menyelesaikan kasus ini…
    @ Swedia dan Danu…
    Siap-siap untuk di periksa sama Tim Khusus

    [Reply]

    rejz.boromania Reply:

    mas areke wedi lho…

    [Reply]

    sweedia Reply:

    mesti ngisruh ae,,, dasar provokatrok :)

    [Reply]

  13. nogo5amin
    May 14, 2009 at 10:02 am #

    BORO-BONEK SATU HATI .

    REVOLUSI P.S.S.I HARGA MATI !

    [Reply]

  14. nogo5amin
    May 14, 2009 at 10:15 am #

    Final copa del rey
    Athl.bilbao – barcelona 1-4

    Finale coppa italia
    Lazio – sampdoria 1-1
    Adu penalti 6-5

    Lazio juara coppa dan berhak tampil di europa league (wajah baru uefa cup)

    Dan tahun ini hanya 2 klub italia yang meraih gelar

    Internazionale – scudetto

    Lazio – coppa

    [Reply]

  15. Ojie
    May 14, 2009 at 10:23 am #

    Boro bonek satu hati, anti LA-ultras hehe..

    [Reply]

  16. Doellah
    May 14, 2009 at 10:37 am #

    BONEKMANIA SECARA TIDAK RESMI MEMUJI KREATIFITAS BOROMANIA..KITA PATUT BANGGA!!!

    [Reply]

  17. nogo5amin
    May 14, 2009 at 11:01 am #

    Piye kiy ?
    Bomber ngadakno nobar gak?
    Pertanding sriwijaya vs persibo

    [Reply]

    athur juniaramad 20 Reply:

    ayo bo. danu ngejak nang mcm. wes terserah wes nang ndi. nang omahe dilla ae wenak.

    [Reply]

    nogo5amin Reply:

    Omahe dilla wes di booking to ik

    [Reply]

    athur juniaramad 20 Reply:

    durung bo. la ndok ndi no enak e

    nogo5amin Reply:

    Lha jare wes di booking tono

    nogo5amin Reply:

    Nek dilla bersedia yo ga popo
    Neng omahe dilla ae

    [Reply]

  18. El ninu
    May 14, 2009 at 11:05 am #

    Hayo nang MCM mas bo?he he he

    [Reply]

    nogo5amin Reply:

    Serius iki nu
    Neng MCM danane sopo?

    [Reply]

    athur juniaramad 20 Reply:

    danane yo urunan to bo.

    [Reply]

    nogo5amin Reply:

    Trus piye prosedure nek meh ngadakno nobar neng MCM ?

  19. Dilla
    May 14, 2009 at 11:42 am #

    N0k omahq nobar karo bpk ibukq + tonggo2 q..wkeke..eh,fto cwek e spo kui?knlno to

    [Reply]

    athur juniaramad 20 Reply:

    iku ngono wang sinawang dua kakak beradik dill.

    [Reply]

  20. Boro'ngatam'
    May 14, 2009 at 11:53 am #

    Klo Bomber cinta damai tidak ada namanya anti-antian karo supporter laen yang ada buka komunikasi, jalin hubungan baik, ciptakan kerjasama dgn supporter laen dan terakhir beri contoh kayak sing no foto, tapi alangkah lebih baik klo kedua supporter yang membentangkan spanduk.
    Dan yang tak kalah penting bomber yang cinta damai ini bisa menularkan ke Boromania laennya bukan hanya di dalam stadion tapi juga ketika di jalan baik saat berangkat atau pulang.
    Kenapa ini saya sampaikan karena saudara-saudara kita boromania masih ada yang belum tertib saat di jalan tlg hormati pengguna jalan laennya. OC

    Sukses Persibo….

    [Reply]

    ghotung bomber Reply:

    Maaf mas.. bomber itu supporter dari persib bandung yaitu BOBOTOH MAUNG BERSATU itu berdiri sejak 2001 dan namanya juga bomber,tapi mohon maaf nggih aku yo sbg anggota bomber persib cuma ngendari hehe

    [Reply]

  21. Ngip
    May 14, 2009 at 11:59 am #

    Ning Omahku ae…. semua aku tanggung serba gratis bukan serba seribu tetapi Transportasi ora tak tanggung yo????
    @ poer…
    Bulan depan aku akan kirim 100rb aja ya untuk membantu bikin gantungan kunci karean untuk bulan ini banyak …. dan wajar baru mulai …., tapi ini bukan untuk menarik boronita yang mau di foto ya?? :D, karena kasus pertama dengan 2 tersangka 2 bersaudara masih lom tuntas 😀 ,
    dan tolong sekalian no Rek untuk transfer, klo bisa Bank Mandiri ya???

    [Reply]

  22. Ngip
    May 14, 2009 at 12:01 pm #

    @ Dilla ….
    Mosok cewek arep kenalan karo cewek … 😀

    [Reply]

    Dilla Reply:

    Ora ngunu mas,aq pngn ngrti iku gebetan baru ne spo?kq ga crta2..hehe

    [Reply]

  23. NARODO
    May 14, 2009 at 12:27 pm #

    Yo brow jgn simpan kèdengkian berlarut2!!! jare cinta dame tp sink 2 ora kamsute piye??? kbeh mau dlur yow brow” api mbok siram nganggo bensin soyo gede apine” siramen gae banyu INSYA,ALLOH bkln padam” ngalah wae brow, ingat mengalah bkn berarti tuk klh!!! nanti org laen yg bkln nilai kt”sink sareh yo brow!!!

    [Reply]

  24. FANZ
    May 14, 2009 at 12:46 pm #

    WALAH RAME KERIUMET DULUR TO KABEH…

    [Reply]

  25. aqiem_boromania
    May 14, 2009 at 1:49 pm #

    wah yo ancene kudu ngunu rek mbe dulur dwe..tp nek mbe LA + G.U PREI KENCENG!!!!!!

    [Reply]

  26. ooow
    May 14, 2009 at 3:21 pm #

    sing ngisor dewe koyo tau tumon aq 😛

    [Reply]

  27. Basty boro
    May 14, 2009 at 4:04 pm #

    @Dila
    Arek kncro 1 ta??bnr g..

    [Reply]

    Dilla Reply:

    Iyoo…tonggo dewe ms0k lali?

    [Reply]

  28. deftiar_zaenuddin14
    May 14, 2009 at 4:06 pm #

    damai bersaudara borobonex……..forza persibo bravo boromania……oke coy

    [Reply]

  29. NARODO
    May 14, 2009 at 4:40 pm #

    Wäh 2x”umpomo ono boronita ngunukui 5000 mezty stadio semakin penuh”

    [Reply]

  30. vela boromania
    May 14, 2009 at 5:46 pm #

    @ poer

    kirim no.rek sampean via sms ke no.031 7797736.kalo ada bca yo mas….insyALLAH Aq nyumbang tapi gak akeh.tq

    [Reply]

  31. vela boromania
    May 14, 2009 at 5:57 pm #

    @ poer
    no.hpne kliru sing bener 03177977366.

    [Reply]

  32. Basty boro
    May 14, 2009 at 7:29 pm #

    Ualah..yo ra to dil,,pkir q mlah kon sing g ngrti aq…
    Aq kek’i nope’mu po’o??

    [Reply]

  33. tono
    May 14, 2009 at 8:08 pm #

    Byuh,
    hatur nuhun, sing ikut nyumbang ada banyak nih

    [Reply]

  34. FANZ
    May 14, 2009 at 9:40 pm #

    AYO TAMBAH MANEH SUMBANGANE YO NGINIKI BOMBER BERDIKARI DEMI SOSIALìSASI PERSIBO N CNTA DAMAI

    [Reply]

  35. oon
    May 15, 2009 at 1:28 am #

    Boromania cinta damai..

    cinta damai tanpa syarat. Tak cuma bonek saja, tp LA Mania dan ULTRAS pun harus kita rangkul bersama utk perdamaian suporter Indonesia..

    [Reply]

    boromania joshepira Reply:

    setuju,,,,,,,,,

    [Reply]

  36. ciprut_naga edan
    May 15, 2009 at 3:14 am #

    aq g ngurus bonek cahhhhhhh,,,cz aku tau knek sawat watune bonek pas kerusuhan nang gresik,
    viva BOROMANIA go to ISL PERSIBO

    [Reply]

  37. cakmujibonek
    May 15, 2009 at 1:40 pm #

    BOROBONEK SATOE HATI ? … wahhh… itu sudah lama terjadi. Biarkan aja mereka bersatu. gak usah di provokasi atau ditambah-tambahi. Kalau mau sotoe hati dengan yang lain, gakmasalah, seng penting yang sudah baik itu dipertahankan. dulu suporter Persebaya yang paling fanatik selain dari Pasuruan (Sakeramania) salah satu-nya ya dari bojonegoro (Boromania). banyak kejadian yang diberitakan di koran-koran Nasional (Kompas) termasuk ada korban 2 orang suporter bonek di senayan asal Bojonegoro.

    [Reply]

  38. cakmujibonek
    May 15, 2009 at 1:50 pm #

    Yang Penting : Jangan sampai Terprovokasi ! Mempertahankan Persatoe-an iku lebih sulit daripada mencari musuh. dan kalau sudah bermusuhan itu susah untuk disatukan. Kalah menang itu biasa, Buktinya Boro-Bonek berbaur jadi satu sama-sama fanatik, sama-sama semangat namun mana ada sedikitpun cacian atau gesekan.

    [Reply]

  39. jiwagus
    May 16, 2009 at 8:51 pm #

    setubuh… bonek dan boromania satu hati….
    koncoku akeh arek bojonegaro yo seneng karo persebaya… malahan paling seneng tuku klambi berlogo BONEK… neng tambaksari..

    gawe mas ciprut naga edan … sepurone mas lak kenek sawat?… sampeyan se g ati2 hahaha….
    sampeyan iku yo ngono, lak kenek sawat watu ngomong, tapi ak kenek sawat ONde-onDE panas, sampeyan meneng ae… hahahahahahahah…..

    piss n love untuk sodaraku…

    [Reply]

  40. HASYIM NUR REYZA
    May 24, 2009 at 2:06 pm #

    bonek boro tetap satu hati salam damai untuk bonek boromana. hasyim B’ritu

    [Reply]

  41. EKO GARONG
    June 2, 2009 at 12:33 am #

    GO……PERSIBO .KM BORO “LENCONG EVIL” mendukungmu.KARANG REJO BAURENO.

    [Reply]

  42. GECOL
    June 5, 2009 at 2:25 pm #

    persibo semoga sukses

    [Reply]

  43. reza
    June 25, 2009 at 11:45 am #

    salam untuk BONEK & BORO MANIAMANIA,slalu 1hati”Arema theJack HARUS MATI!!!!”
    dolor kabeh ati2 ambek provokasi seng isok mbuyarno persahabatan Bonek & BoroMania

    [Reply]

    boromania joshepira Reply:

    borobonek boleh 1 hati…….
    aremania the jack juga sodara kami…..jadi kami mohon,jangan jngn jadi provokator!!

    kenapa g satu hati sama semua suporter indonesia?

    MAAF……PISS

    [Reply]

    Boromania Bisa Berpikir Reply:

    Y Benar, fanatik boleh asal tidak berlebihan.

    [Reply]

  44. mochusman23
    August 8, 2009 at 12:38 pm #

    maju terus para suporter untuk damai selalu dan jgn ada yg bertengkar
    biar indonesia tidak jeleki oleh luar negri

    [Reply]

  45. Abimanyu Bobo Mania
    November 19, 2009 at 11:06 pm #

    ayo persibo maju terus tembus ISL Bonek-Boro Mania SATU hati Horaaaaaaaaaaaaas Cooooooooooooooooy

    [Reply]

  46. Endro The Boro Demak (Depan Makam Kembar )
    May 13, 2011 at 1:44 pm #

    Lha lek podo rukun lak penak tho…..Boromania Asli Cinta Damai Bro.

    [Reply]

  47. bagus boro mania bakalan
    September 21, 2011 at 12:13 pm #

    persibo kok ky ngne,sartono kyo ngne.sartono asu

    [Reply]

Leave a Reply