Boromania Fokus ke Solo

Tak Berangkat Dukung Laga Terakhir Persibo di Sidoarjo
Pasca kejadian di Lamongan Kamis malam lalu, Boromania memutuskan tidak akan memberangkatkan suporter pada laga pamungkas Persibo Bojonegoro di Gelora Delta Sidoarjo.

“Kami memilih lebih berkonsentrasi menghadapi semifinal di Solo,” kata Presiden Boromania, Basar kepada Radar Bojonegoro, kemarin.

Basar menjelaskan, alasan utama Boromania tidak berangkat ke Sidoarjo bukan masalah kejadian di Lamongan. Sebab, kejadian seperti itu, menurut Basar, tak akan menyurutkan tekad Boromania. “Kami anggap itu sebagai kerikil kecil saja,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa hal ini sebagai bentuk hemat energi Boromania dalam mendukung Persibo. Apalagi, lanjut dia, pertandingan nanti sore tak lagi menentukan karena Laskar Angling Dharma sudah dipastikan lolos ke semifinal. “Karena itu lebih baik dukungan difokuskan laga semifinal di Solo nanti,” tuturnya.

Meski tak berangkat, dia optimistis Persibo akan mampu berbuat banyak dalam laga pamungkas babak 8 besar menghadapi tuan rumah Deltras Sidoarjo. Sebab, menurut dia, Boromania tetap memberikan dukungan meski tak hadir penuh di stadion. “Tetap ada beberapa orang yang berangkat,” katanya.

Basar menyatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan rencana keberangkatan ke Solo. Menurut dia, di Solo nanti Boromania akan mengerahkan kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan saat babak 8 besar di Sidoarjo. “Sebab jarak juga relatif dekat dan mudah dijangkau,” ujarnya.

Sebelum ini, secara berturut-turut Boromania memberangkatkan sedikitnya empat ribu suporter selama dua kali pertandingan Persibo. Yakni, saat melawan Persipasi Bekasi dan Persidafon Dafonsoro. Manajemen Persibo juga didenda Rp 25 juta oleh Komisi Disiplin PSSI karena ada nyanyian dari Boromania yang dianggap melecehkan perangkat pertandingan saat laga lawan Persipasi.

Kemudian, terjadi peristiwa di Lamongan usai Boromania mendukung Persibo saat lawan Persidafon. Dalam peristiwa tersebut, 12 kaca bus pecah dan lebih dari 20 Boromania terluka. (ade/wid/jpnn)