Camargo: “Luar Biasa”

Persibo Bojonegoro tampil luar biasa dalam lanjutan Indonesian Premier League saat mengalahkan Persijap Jepara 5-0 di kandang mereka Stadion Letjen Soedirman Bojonegoro, Ahad 5 Januari 2012.

Lima gol tercipta dari kaki penyerang Samsul Arif dan hattrick dari Ahmad Iskandar. Tampil di bawah guyuran hujan, Tim Oranye—julukan Persibo–tampil dengan formasi menyerang, yaitu 3-4-3. Striker masa depan Persibo, Samsul, yang Ahad sore ini diduetkan dengan Iskandar, cukup merepotkan barisan belakang Persijap yang dikomandani Banaken Basoken.

Sebuah pergerakan manis umpan pendek Mekan Nasirov dan Samsul Arif di menit-menit pertama membuahkan hasil menggembirakan. Sontekan kaki Samsul berhasil memperdayai kiper Persijap M. Yasir dan membuahkan gol. 1-0 Untuk Persibo Bojonegoro di menit ke-23.

Meski sudah unggul, semangat anak-anak asuh pelatih Paolo Camargo tetap tinggi. Umpan satu-dua antara Samsul dengan Mekan Nasirov membuat pertahanan pemain belakang Laskar Kalinyamat. Hingga sebuah umpan pendek tepat mengenai kaki Iskandar. Lalu bola yang meluncur rendah langsung disambar kaki kanan. Gol 2-0 untuk Persibo di menit ke-31.

Tensi serangan Persibo dari kaki dua penyerang dan gelandang serang sempat mengendur. Apalagi hujan yang turun lebat membuat pergerakan bola terhambat. Namun genangan air di lapangan rumput justru membuat serangan demi serangan berlanjut. Hingga sebuah pergerakan bola dari Jairon Feliciano, pemain tengah Persibo, dibawa Iskandar di areal garis penalti. Sempat dihadang pemain belakang, dengan kelincahannya striker ini lolos.

Dengan sekali tendang bola meluncur dan tak mampu diantisipasi. Akhirnya untuk ketiga kalinya penjaga gawang Persijap M. Yasir memungut bola dari jala gawang di menit ke-43 babak pertama. Hingga turun minum babak pertama, posisi Persibo unggul 3-0 atas Persijap.

Memasuki babak kedua para pemain Laskar Angling Darmo langsung melakukan serangan. Sebuah bola muntah langsung disambar Iskandar hingga membuahkan gol untuk ke empat kalinya di menit ke-58.

Tertinggal 4-0, Laskar Kali Nyamat langsung membuat pergerakan. Para penyerang seperti Made Wirahadi, Nurhadi, Julio Lopes, terus memburu bola dan membombardir serangan ke jantung pertahanan Persibo yang dikawal Lexe Anderson. Beberapa kali penyelamatan bagus dilakukan oleh kiper Persibo Fauzi Toldo.

Keasyikan menyerang membuat ruang di lapangan tengah dimanfaatkan para pemain Persibo. Bola yang dibawa Mekan kemudian dioperkan ke Samsul Arif. Pemain mungil yang dikenal lincah ini melewati satu pemain belakang Persijap. Begitu di areal kotak penalti, bola langsung disontek, dan gol di menit ke-75. Posisi di papan skor berubah menjadi 5-0 untuk kemenangan Laskar Angling Darmo.

Pelatih Persibo Bojonegoro, Paolo Camargo, memuji permainan anak asuhnya. Terutama, mereka main disiplin meski turun hujan. “Ya, sesuai dengan instruksi,” ujarnya dalam acara jumpa pers usai pertandingan.

Sementara Pelatih Persijap Jepara Agus Yuwono mengatakan pihaknya lengah. Terutama dari sisi anak asuhnya yang lemah pada penyelesaian akhir. “Ya, kami lemah di penyelesaian akhir,” ujarnya. (tempointeraktif)