CEO BICARA: Ferry Kodrat dan Straw System

Dukungan besar yang diberikan para suporter terhadap Persibo setiap bertanding, membuat beberapa perusahaan – baik lokal maupun asing – berminat untuk menjalin kerja sama dengan klub kebanggaan masyarakat Bojonegoro itu. Profesionalisme yang diusung klub-klub Liga Primer Indonesia (LPI), juga menjadi daya tarik tersendiri. Nah, dalam hal sponsor, manajemen Persibo kini menerapkan straw system.

Menurut Feryawan Widyanto Kodrat – akrab disapa Ferry Kodrat – straw system adalah cara mendapatkan sponsor, di mana klub-klub yang berada di dalam satu wilayah regional juga mendapat bagian.

Ia lantas memberikan gambaran. Karena peluang untuk mendapatkan sponsor lebih besar di Surabaya, maka Persebaya 1927 paling besar bagiannya. “Kalau misalnya Persebaya 1927 mendapatkan sponsor senilai Rp 10 miliar, maka Rp 2 miliar untuk Persibo. Jadi, di samping menjadi sponsor Persebaya 1927, perusahaan yang sama juga menjadi sponsor Persibo,” ia menjelaskan.

Dengan adanya sistem itu, masih menurut Ferry Kodrat, klub-klub yang berada di dalam suatu wilayah regional seperti Jawa Timur-Bali, bisa sama-sama menikmati dan merasakan peran sponsor yang sama. “Jadi, saling bantu. Persebaya 1927 tidak di atas terus, sementara kita di bawah saja,” CEO Persibo itu memberi gambaran.

Straw Systemdan langkah profesional Persibo dalam mengelola klub, telah membuka mata pemilik dan pengelola beberapa perusahaan untuk membantu pendanaan klub. “Dari lokal saja sudah kita dapat, di antaranya BRI,” ungkap Ferry Kodrat. Menurutnya, bank plat merah itu sudah menyatakan kesediaan untuk membantu klub yang ia kelola itu. Sedangkan beberapa perusahaan lain, di antaranya Bank Mandiri dan Telkomsel, tengah dalam tahap negosiasi.

Kalau harus memilih, Ferry Kodrat lebih condong pada BRI. Salah satu alasannya, bank ini lebih cocok dengan misi Persibo dalam memasyarakatkan sepakbola di Bojonegoro. BRI, misalnya, sangat tertarik pada program Goes to School yang sedang digalakkan manajemen Persibo.

Selain mensponsori tim senior, bank ini juga akan mensponsori tim U-13. Bank BRI pulalah yang bakal mendanai setiap laga kandang Persibo. “Selama ini, BRI tidak minta kompensasi segala macam. Itu yang saya suka,” Ferry Kodrat menjelaskan. Hanya saja, BRI meminta kompensasi agar seluruh pemain Persibo membuka tabungan di BRI. Suatu hal yang lumrah, tentunya.

Manajemen Persibo juga tengah menggagas kerja sama dengan beberapa perusahaan perminyakan di Bojonegoro. Petro China, di antaranya. Seperti kita ketahui, perut bumi Bojonegoro dan sekitarnya kaya akan kandungan mineral. Membuat cukup banyak perusahaan minyak melakukan eksplorasi di sana. Potensi itulah yang dicoba digali manajemen Persibo.

Selain itu, perusahaan operator telekomunikasi dan perusahaan minuman berenergi juga tertarik untuk mensponsori tim berjuluk Laskar Angling Dharmo ini. (Rizki Daniarto/ligaprimer.co.id)

37 Responses to “CEO BICARA: Ferry Kodrat dan Straw System”

  1. Ngip
    June 14, 2011 at 5:02 pm #

    Good Luck Persibo………

    [Reply]

    rejz Reply:

    selamat dapat pertamax

    [Reply]

    fphoer Reply:

    tumben wong iki muncul

    [Reply]

    amnesia Reply:

    tumben wong telu iki muncul bareng

  2. a BORO bumi BORNEO
    June 14, 2011 at 6:02 pm #

    lanjutkan
    perjuangan mu. . . .

    [Reply]

  3. PaKDhe OziL
    June 14, 2011 at 6:04 pm #

    Alhamdulillaaahhhh Yaa ALLAH…

    [Reply]

  4. falatehan afel batu
    June 14, 2011 at 6:08 pm #

    hemmm bguuuuusss semoga sponsor utamanya dr exxon ato petrochina..pst uang e g kn ngadat…tp tu smua harus sinergis m team develompent biar si sponsor2 td g mrasa sia-sia mndanai psibo….
    SEMOGA LANCAR LANGKAH U PERSIBO

    [Reply]

  5. Njarjo 16
    June 15, 2011 at 1:00 am #

    Mantep surantep.
    Isl kukooot…

    [Reply]

    saya Reply:

    ISL tempatnya klub2 mapan..masih lebih mudah cari sponsor di tim ISL daripada tim LPI…coz semua perusahaan pasti memerhatikan legal formal kompetisi/ even yang akan disposnsori.mereka tidfak mau ambil resiko…

    [Reply]

  6. Butter
    June 15, 2011 at 8:33 am #

    Tenan pooora e, umpomo tenan lak yo padang dalane jembar lapangane.

    [Reply]

  7. shooppie
    June 15, 2011 at 9:28 am #

    Syukur alhamdulillah ajaa,,,,, muga makin mantep aje persibo,,,,,,,

    [Reply]

  8. telon13+
    June 15, 2011 at 9:54 am #

    amin

    [Reply]

  9. saya
    June 15, 2011 at 10:05 am #

    KOYOK YOK YOKO..REALISAINYA?????

    [Reply]

    rejz Reply:

    ya dilihat saja kang kedepannya, hasil dari rencana kan juga butuh waktu to. syukurlah tim persibo sudah mulai belajar menjadi profesional (meskipun belum sepenuhnya profesional). gimana dengan klub anda?

    [Reply]

  10. PaKDhe OziL
    June 15, 2011 at 10:53 am #

    P

    E

    R

    S

    I

    B

    O

    [Reply]

  11. Fanz
    June 15, 2011 at 3:16 pm #

    Alhamdulillah masio lg kabar

    [Reply]

    tono Reply:

    kabar apa bung, kabar burung? hehehe

    [Reply]

  12. boro 69
    June 16, 2011 at 3:04 am #

    sssssssiiiiiiiiiiiiiiiipppppppppppppp.,.,.,
    ngunu lak matoh.,,,,,,,,,,,,,,,

    [Reply]

  13. Boromania kota
    June 16, 2011 at 7:32 am #

    terus berusaha mnjdi profesional…!

    [Reply]

  14. BoroMasiv
    June 16, 2011 at 12:11 pm #

    alhamdulillah , mugo* lang terealisai .

    [Reply]

  15. suwarno wong tani lope persibo
    June 16, 2011 at 8:40 pm #

    slmt mlm

    [Reply]

  16. Lumut
    June 16, 2011 at 9:54 pm #

    Suka

    [Reply]

  17. tanto batam
    June 17, 2011 at 11:14 am #

    tambah sip ae

    [Reply]

  18. aku
    June 17, 2011 at 1:15 pm #

    mantaaaaps.

    [Reply]

  19. vinchent
    June 17, 2011 at 8:33 pm #

    sponsor
    elpiji 3kg,,,,,,,

    [Reply]

  20. Mboh
    June 18, 2011 at 6:56 am #

    Paling cuma ngedabrus. Koyok g ngerti adate wae.

    [Reply]

  21. Mboh
    June 18, 2011 at 8:42 am #

    Aku yo wong jenogoro tapi jengkel sakjok persibo melok LPI

    [Reply]

    amnesia Reply:

    karepmuh..
    urip urip muh

    [Reply]

    Mboh Reply:

    Heh sopo gawe id ku iki. Lancang

    [Reply]

    Mboh Reply:

    Kang ndek gw id ojo dipadakne we. Yg tau cuma adminnya. Nek gak seneng gaweo id liyo lancang.

    [Reply]

  22. amnesia
    June 18, 2011 at 10:06 am #

    LPI Dukung Starbol-Unite for Indonesia

    Jakarta – Liga Primer Indonesia (LPI) mendukung penuh kegiatan pertandingan persahabatan yang melibatkan para pemain bintangnasional maupun asing pada Rabu (22/6) pekan depan mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

    LPI akan mengikutsertakan 12 pemainnya di pertandingan persahabatan bertajuk Starbol-Unite for Football Indonesia itu. Mereka adalah Kurniawan Dwi Yulianto (Tangerang Wolves), Andik Vermansyah, Otavio Dutra (Persebaya 1927), Samsul Arif (Persibo Bojonegoro), Bima Sakti, Kim Kurniawan, Irfan Bachdim (Persema Malang), Amaral (Manado United), Aleks Vrteksi (Solo FC), Emmanuel De Porras (Jakarta FC), Juan Manuel Cortez, dan Javier Rocha (Batavia Union).

    Starbol digagas sejumlah pemain nasional Indonesia. Pihak penyelenggara rencananya juga mendatangkan Giovanni van Bronckhorst sebagai bintang tamu. Bronckhorst adalah kapten tim nasional Belanda yang menjadi finalis pada Piala Dunia 2010. Pemain yang akrab disapa Gio ini punya darah Indonesia. Ibunya, Fransien Sapulete, berasal dari Saparua, Maluku. Sedangkan ayahnya, Victor van Bronckhorst, berdarah Belanda.

    Dalam pertandingan persahabatan Starbol-Unite for Football Indonesia, para pemain akan dibagi menjadi dua tim. Yaitu Dream Team of Indonesia (Tim Merah) dan International Stars (Tim Putih). Tim Merah berisi para pemain bintang Indonesia dari berbagai generasi dan akan ditangani pelatihRahmad Darmawan. Sedangkan Tim Putih yang merupakan kumpulan para pemain asing yang bermain di Indonesia dipoles pelatih Jacksen F. Tiago.

    “LPI mendukung setiap kegiatan yang berkontribusi positif terhadap perkembangan sepakbola nasional. Starbol-Unite for Football Indonesiamerupakan upaya mempersatukan seluruh pemain yang berkompetisi di Indonesia. LPI ingin bergandegan tangan dengan seluruh pemain yang berkompetisi di Indonesia. Dan ini baik sekali untuk sepakbola kita,” kata Juru Bicara LPI Abi Hasantoso di Jakarta, Jumat (17/6).

    LPI merasa ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan prestasi sepakbola nasional. Karena itu, LPI akan proaktif terhadap segala kegiatan yang melibatkan seluruh pemain yang muaranya untuk mendongkrak prestasi sepakbola Indonesia.

    Hal terpenting yang juga dilakukan LPI untuk kemajuan sepakbola Indonesia adalah bertemu dengan Komite Normalisasi. Seperti diketahui, Komite Normalisasi ditugaskan FIFA untuk menormalkan kondisi sepakbola Indonesia setelah pembekuan pengurus PSSI di bawah Nurdin Halid-Nirwan D. Bakrie-Nugraha Besoes, yang dianggap gagal dalam menjalankan roda organisasi. Salah satu tugas yang diamanatkan FIFA kepada Komite Normalisasi pada 4 April lalu adalah merangkul LPI sebagai bagian dari kompetisi yang mendapatkan afiliasi dari PSSI.

    Seperti diketahui, sejak awal LPI sudah melakukan lobi-lobi kepada para petinggi PSSI supaya mendapatkan pengakuan. Selain lobi, LPI pun secara resmi mengirimkan surat tertanggal 22 Desember 2010 yang meminta PSSI untuk memberikan bimbingan, arahan, dan kerjasama dalam menyelenggarakan LPI seperti yang digariskan FIFA dan AFC. Yaitu menjalankan kompetisi liga profesional mandiri menuju sepakbola industri yang tidak menggunakan dana APBD lagi.

    “LPI berharap pekan-pekan depan dapat melakukan pertemuan. Jadwal pastinya akan ditentukan Komite Normalisasi. Dalam pertemuan nanti, kami akan mempresentasikan secara detail konsep LPI sehingga jelas semuanya,” ungkap Abi.

    Terjalinnya komunikasi dengan Komite Normalisasi menjadi penting menjelang diselenggarakannya Kongres PSSI yang rencananya digelar di Kota Solo pada 9 Juli mendatang. Dari pertemuan LPI-Komite Normalisasi ini diharapkan didapat kesamaan titik pandang bagaimana menyelenggarakan kompetisi liga profesional mandiri. Pertemuan juga akan membahas kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi berkaitan dengan hasil Kongres PSSI yang akan mengukuhkan pengurus baru PSSI periode 2011 – 2015.

    “Kami yakin pertemuan dengan Komite Normalisasi akan mendapatkan hasil yang baik untuk semua, baik untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Karena penyelenggaraan kompetisi liga profesional mandiri sudah menjadi keharusan untuk mengejar ketertinggalan kita selama ini dari negara-negara maju lainnya,” jelas Abi

    [Reply]

  23. amnesia
    June 18, 2011 at 10:24 am #

    CEO Persebaya: Persibo Gantikan PSM di Turnamen Segi Empat

    Kamis, 16 Juni 2011 11:40:26 WIB
    Reporter : M. Syafaruddin

    Surabaya (beritajatim.com) – PSM Makassar nampaknya bakal absen di turnamen segi empat Liga Primer Indonesia (LPI), pertengahan Juli di Surabaya. Sebagai gantinya, Juku Eja akan digantikan Persibo Bojonegoro.

    Turnamen segi empat adalah ajang tim-tim LPI mempersiapkan diri jelang putaran kedua digelar September mendatang.

    Sebelumnya, ada empat tim yang akan berpartisipasi, yakni Persebaya 1927, Persema Malang, PSM Makassar, dan Bali Devata. Turnamen berlabel Battle of Fantastic Four ini bakal digelar pertengahan Juli di Surabaya.

    “Mengenai tempat, itu hasil keputusan Jakarta,” jelas Media Relation Persebaya 1927, Ram Surahman.

    Terbaru, CEO Persebaya, Llano Mahardika, Kamis (16/6/2011) memastikan PSM tidak akan terlibat. “Saat ini lagi direncanakan, tapi PSM ngak terlibat,” kata Llano.

    Terkait pengganti, Llano menyatakan tim itu berasal dari Jatim. Karena Persebaya 1927 dan Persema sudah berpartisipasi, maka satu-satunya tim Jatim yang dipastikan menggantikan PSM adalah Persibo.

    “Kemungkinan besar iya,” ucape Llano.

    [Reply]

  24. amnesia
    June 18, 2011 at 10:26 am #

    Persibo Tak Keberatan Penggabungan LSI dan LPI

    TEMPO Interaktif, Bojonegoro – Penasehat Persibo Bojonegoro Letnan Kolonel Taufik Risnendar mengatakan bahwa manajemen Persibo menyambut secara terbuka keinginan PSSI menyatukan Liga Super Indonesia dengan Liga Primer Indonesia. “Kalau tujuannya untuk memperbaiki mutu persepakbolaan nasional, kami menyambut baik keinginan itu,” kata Taufik kepada Tempo, Kamis, 16 Juni 2011.

    Namun, Taufik mengingatkan dua syarat yang harus diperhatikan PSSI. Pertama, penggabungan Liga Super Indonesia (LSI) dan Liga Primer Indonesia (LPI) harus menjunjung tinggi asas profesionalisme.

    Profesionalisme dalam pengelolaan sepak bola, kata Taufik, adalah kemandirian masing-masing klub sepak bola mendanai operasionalnya. Dengan demikian, setiap klub tidak lagi diperbolehkan mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebagai sumber biaya. ”Sepak bola profesional harus tanpa APBD. Akan bertolak belakang jika jargonnya profesional tapi pengelolaannya masih amatiran karena bergantung pada anggaran pemerintah,” kata Taufik, Komandan Kodim Bojonegoro yang juga petinggi Pengurus Daerah PSSI Bojonegoro itu.

    Taufik menegaskan, salah satu alasan utama Persibo Bojonegoro keluar dari LSI dan bergabung dengan LPI karena ingin mandiri dan profesional dalam soal pendanaan. Awalnya Persibo memang mendapat kucuran dana dari APBD Bojonegoro hingga tahun 2010. Konsep pendanaan yang ditawarkan LPI didasarkan pada profesionalisme dan melepaskan diri dari APBD. “Setelah bergabung dengan LSI, justeru menguntungkan Pemerintah Bojonegoro,” ujarnya.

    Syarat kedua yang ditekankan Taufik, tidak boleh ada pemaksaan bagi klub-klub asal LPI untuk memulai jenjang dan harus terlebih dahulu berlaga di Divisi III. ”Kami menolak keras keharusan semacam itu,” ucapnya.

    Dari segi kemampuan, kata Taufik pula, Persibo yang berjulukan Laskar Angling Darmo, sudah masuk level liga tertinggi ketika masih bergabung dengan LSI.

    [Reply]

  25. Sinyo
    June 18, 2011 at 4:09 pm #

    Semoga g lupa ingatan.

    [Reply]

  26. ELKO
    June 18, 2011 at 8:56 pm #

    heeeeee. . . . 😀

    [Reply]

  27. ace
    June 19, 2011 at 2:09 pm #

    OK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    -Semoga semakin profesional,, dan manajemen yang baru punya kredibelitas yang bagus guna membawa PERSIBO semakin maju.
    -Semoga lebih banyak dapat sponsor.. AMIEN…………………..

    [Reply]

  28. koplak
    June 19, 2011 at 8:38 pm #

    seluruh anggota tim kudu diEvaluasi kabeh sebelum putaran 2,,,
    dan jangan lupa cari sponsor sebanyak-banyaknya biar Persibo bisa tetep jalan..

    [Reply]

Leave a Reply