Dana Persibo Raib Rp 2 M

Dana keuangan Persibo Bojonegoro diduga bermasalah. Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur memberikan catatan ada selisih Rp 2 miliar dari laporan penggunaan dana Persibo pencairan tahap pertama Rp 5 miliar yang diterimakan 31 Maret 2008. Dana Rp 2 miliar itu diduga laporannya awu-awu, sehingga tidak sesuai peruntukkannya.

Sekkab Bojonegoro Suhadi Moeljono saat dihubungi wartawan koran ini memilih tak berkomentar banyak terkait temuan BPKP tersebut. Dia hanya menyatakan menunggu hasil BPKP yang masih diambilnya. ”Tapi intinya memang seperti itu. Ada uang Rp 2 miliar yang tidak digunakan oleh Persibo, tapi diatasnamakan Persibo dan itu harus kembali,” akunya.

Sementara Asisten Manajer Bidang Keuangan Persibo Abdul Mun’im menyatakan, pihaknya hanya menerima dana Rp 3 miliar dari manajer Persibo ketika Letkol (Inf) Kup Yanto Setiono. Namun, dia akhirnya diminta membuat laporan pertanggungjawaban dengan total dana Rp 5 miliar. Untuk mensiasati itu, Mun’im mengaku menambahi laporan pada beberapa item. Salah satunya, gaji pemain. Jika seharusnya gaji pemain dimulai pada Maret, maka dalam laporan tersebut tertulis Januari 2008. ”Kami tak pernah menggunakan dana (Rp 2 miliar) itu. Dengan terpaksa manajemen membuat LPJ dana sebesar Rp 5 miliar tidak sebesar Rp 3 miliar. Karena jika tidak dibuat Rp 5 miliar, maka dana Persibo selanjutnya tak bisa cair,” jelasnya.

Lantas ke mana dana Rp 2 miliar? Mun’im menyatakan belum tahu. Dia berjanji akan melakukan penelusuran dana tersebut. Kemungkinan dana Rp 2 miliar itu hasil ”deal” di level atas dan tidak diketahui manajemen. ”Karena itu manajemen sendiri tak tahu penggunaan dana tersebut,” ulangnya.

Mun’im menegaskan siap memberikan keterangan lengkap apabila menemukan hasil penelusuran dana tersebut. ”Intinya saya diminta membuat LPJ Rp 5 miliar, meski hanya menerima dana Rp 3 miliar. Kalau tidak saya lakukan, pasti dana Persibo tahap selanjutnya tak bisa dicairkan dan tentu Persibo akan berhenti di tengah jalan,” ujarnya.

Mun’im juga siap memberikan bukti-bukti mengenai dana yang hanya diterima Rp 3 miliar bagi Persibo. Menurut dia, masih ada waktu dua bulan yang diberikan BPKP agar uang Rp 2 miliar tersebut kembali. ”Meski kami tidak tahu dan Persibo sendiri tak pernah menggunakannya, tapi kami sebagai manajemen berusaha untuk ikut mengusahakan uang tersebut kembali,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris KONI Bojonegoro Sahari kepada Radar Bojonegoro menyatakan, laporan pertanggungjawaban Persibo memang masih dianggap bermasalah. Dia menuturkan, total dana yang diberikan Persibo dari APBD Rp 12,5 miliar. ”Dan itu diterima penuh semua dari KONI,” tuturnya.

Dia menjelaskan, dana sebesar itu dikucurkan dalam beberapa tahap. Pencairannya tidak berupa uang tunai, melainkan cek. ”Jadi kalaupun ada masalah bukan dari KONI,” tegasnya.

Sementara itu, mantan ketua umum sekaligus manajer Persibo Letkol (Inf) Kup Yanto Setiono hingga berita ini ditulis, belum berhasil dikonfirmasi. (ade/jpnn)

33 Responses to “Dana Persibo Raib Rp 2 M”

  1. rejz.boromania
    July 1, 2009 at 11:05 am #

    hebat ya, iso gae LPJ yang selisih nilainya gede banget (sampe 2 milyar)???
    top markotop wis nek gae LPJ awu-awu..

    mau di bawa kemana PERSIBO kita ini???

    untuk manajemen PERSIBO yang baru, ojo ditiru kelakuan koyok ngunu iku…..

    [Reply]

  2. Ngip
    July 1, 2009 at 11:20 am #

    Yo… yo…yo … PERSIBO Bakalan hancur jika masih dijadikan alat untuk kepentingan Pribadi….
    Jika masih di seperti ini umur PERSIBO ngak bakalan bertahan lama di kompetisi ….

    BASMI KORUPTOR DI DALAM KEPENGURUSAN PERSIBO jika TIDAK INGIN PERSIBO HANCUR dan KUKUT di PERSEPAK BOLAAN NASIONAL

    [Reply]

  3. Didik_Sulsel
    July 1, 2009 at 11:29 am #

    Kebangeten tenan rek,pokoke dana 2M itu hrus kmbli N perlu d tindak tegas pelaku ne…jman saiki kucing malah wedi tikus,soale tikuse gedhe2 kakean makan duit

    [Reply]

  4. Ninu
    July 1, 2009 at 11:30 am #

    Beritane kug ngene to yo yo..pak dadang kalau denger berita ini pasti kecewa,management katane transparan tp yo ijek enek ae kelakuan koyo tikus goreng..

    [Reply]

    Andie Reply:

    @unad
    Wenak nuh nad tikus goreng…Whahaha….G mesisan clurut bakar..

    [Reply]

  5. Andie
    July 1, 2009 at 12:20 pm #

    pelakunya dr luar tubuh manajemen…Wes ndang age pelakune d seret…Ngelek2i persibo..

    [Reply]

  6. Topex bvj
    July 1, 2009 at 12:38 pm #

    Suwe g enek brita enek brita kox menyedih kan…

    [Reply]

  7. OpiE
    July 1, 2009 at 12:44 pm #

    Salut buat yang udah ngebuat laporan

    Tapi tega2ne ngambil uang bukan jatah nya

    Mungkin itulah manusia, buta karena harta

    [Reply]

  8. bojesz
    July 1, 2009 at 1:01 pm #

    GORENG AJA PARA KORUPTOR BRENGSEK!!!

    Kapan PERSIBO bisa maju klo dari managementnya aja udah g bisa bersih??

    usut untas kasusnya, kami boromania/nita mau yg terbaik untuk persibo.

    Pemain bintang pd dijual, stadion blm rampung 100%, blm beli pemain, eeeeeeeeeeeeeeee…..lha kok uit’e di EMBAT!!!

    ra trimo kami semua sebagai pecinta sepak bola Bojonegoro……

    Pak Polisi tolong ditelusuri n diringkus semua oknum2 yg tk bertanggungjawab ini. N jgn malah ikut2an menikmati uang hasil “deal” para petinggi itu, repot ngko nek polisine ae di suap gelem……….

    maju terus PERSIBO……. maju kedepan, bukan mundur kebelakang!!! bangkit musim depan…dst

    [Reply]

  9. BODEM NgAMOEX
    July 1, 2009 at 1:18 pm #

    Ayo pak polisi,dgn smangat hari bayangkara ke-63,tngkap para bajingan2 yg maling duitx persibo…bktikan klo polisi bsa melayani masyarakat,.

    Opo’o brita k’ menyedhkan trus,kan guyune..

    [Reply]

  10. Suro T
    July 1, 2009 at 2:01 pm #

    Baru taw ya…?
    Klo q sih dah dngr dri dulu..

    [Reply]

  11. Fphoer
    July 1, 2009 at 2:09 pm #

    Wah 2 M d tukokne marNeNg sneNgaNe J_blank Hamid lak enTuk akeh nuh…
    @ suL
    engko nek sdo Ngampiri aq delok sepak bola ojo lali pesenanku “…”

    [Reply]

    Ngip Reply:

    2M nek ditukokne marneng malah sak bjn iso mangan marneng, nek ditukokne dawet sak bjn iso selurup ning dawet 😛

    [Reply]

  12. prashommer
    July 1, 2009 at 2:34 pm #

    Weleh weleh wiz ra beres iki
    2 miliar bisa di buat pa’an yow
    langsung aja dilaporin ke kpk…

    [Reply]

  13. Andie
    July 1, 2009 at 2:35 pm #

    Bukan manajemen yg korupsi tetapi pihak laen Yg ngasih 3M ke Persibo yg 2M d embat.yg kalang kabut manajemen hrus bwt laporan 5M agar dana selanjutnya dpt turun..

    [Reply]

  14. bobo
    July 1, 2009 at 3:15 pm #

    Mantaf !
    Sing liane angel golek mangan
    Angel golek penggawean
    Duwit rakyat 2 milyar malah di gelapno
    Jan gak ndwe moral
    2 milyar dinggo mbantu wong cilik malah becik

    [Reply]

  15. Mr.radenz
    July 1, 2009 at 4:15 pm #

    Nak ngene carane,mungkin persibo akan hancur.buat yg pkai duwit tolong di kembalikan demi PERSIBO tercinta.

    [Reply]

  16. Ninu
    July 1, 2009 at 4:30 pm #

    Uang 2milyar,dibuat bikin lampu stadion dah nyukupi blom?

    [Reply]

  17. tono
    July 1, 2009 at 4:43 pm #

    Wes resikone, nek pengen persibo tetep jalan terus yo emang udah resikonya
    Nek ak no faham ae, mben. Emang nek persibo ra enek ngunu kui ne ra bakalan mlaku
    Wong manajemen e yo butuh mangan (+luwihane), trus sing luwih pentg PSSI WI BUTUH LOBI-LOBI, trus sing gae sangu+mangan tamu, sangu wasid’e (mergane kbeh we yo ra metu notane) makane bingung olehe gawe laporan
    wkekeke…..

    [Reply]

  18. W1N BL
    July 1, 2009 at 5:02 pm #

    DUIT, DUIT & DUIIIIIIIIIIIIIITTTTTTTT…….

    [Reply]

  19. bojesz
    July 1, 2009 at 5:02 pm #

    wes ra bakal iso jaya nek ngunu kui……….

    [Reply]

  20. Fphoer
    July 1, 2009 at 5:23 pm #

    ItuLah IndoNesia….
    @ suL
    suwun yo.. mesti hadiahe durung cair tp aq wis d traktir hehe
    @ mas aris tuansyah
    ijek neng gresik tow? Aq mari tekan kacngan kok gk ktmu..

    [Reply]

  21. Rama D_COFMA
    July 1, 2009 at 5:32 pm #

    wah,,,, tikus2x beerdasi sedang beraksi,,,,? raip 2M,,,??? busetttttttttttttttttttt warek tenan wetenge,,tp yow kebangeten tenan,,rabakal maju rek2x nek ngunu kuwi,,

    RAIP 2M
    saumpomo 2M di tukokne es campur,,, suweger tenan yow,,iso di gae slurup mulai jenogoro sampe perbatasan lamongan,,,,wong sak jenogoro iso nngarasak ke,,tp nek di pangan dewe, wahhhhh ,,

    [Reply]

    OpiE Reply:

    Nak di pangan dewe kenek azab. meletusnya perut manusia karena kebanyakan minum dawet hasil dari korup
    hehehe 😀

    [Reply]

  22. bobo
    July 1, 2009 at 6:10 pm #

    Cukup nu
    Tapi daya-nya blum memenuhi standard

    [Reply]

  23. RIYAND
    July 1, 2009 at 6:21 pm #

    KEBACOT…999999 X
    MUGO2 WAE SING MANGAN DUIK E CEPET2 DI PANGGIL ALLAH SWT,,,,,,,///
    AMIN…………….

    [Reply]

  24. Maz'BOWO"
    July 1, 2009 at 6:55 pm #

    Duite kiy wiz di telasake,kok kon balek,ake yo mokal” paling nek kecekel yo di cekrek/gunjoro”
    heah… Malez

    [Reply]

  25. harry
    July 1, 2009 at 8:07 pm #

    kebacot tenan…..
    piye nek dirombakae menejemen…
    malu donk ama BORO MANIA….
    mereka datang untuk mendukung PERSIBO….

    [Reply]

  26. tono
    July 1, 2009 at 8:28 pm #

    ojo memprovokasi maneh, wi wes kawak.
    Wes ra usah di bukak maneh

    [Reply]

    Rama D_COFMA Reply:

    di lokne yowes

    [Reply]

  27. Aa Gimin
    July 1, 2009 at 9:22 pm #

    piye iki….diut sak munu kae je, ndae enak e di nggo tuku lumpia, piye boromania ojo meneng ae, ayo demo bareng2…..!!!!!

    kecewa sudah daku……

    [Reply]

  28. dias bonero
    July 2, 2009 at 1:11 am #

    mungkin kita juga akan melakukan hal yg sama jika kita menjadi mereka.
    kecuali org yg beriman.

    [Reply]

  29. apri BORO KALTIM
    July 2, 2009 at 9:02 am #

    Owalah kudu misuh aku. . . .

    Sungguh…tegax…tegax…tegax…
    Pada persibo ku. . .

    Sing rumungso mangan duwite awas lho yo kenek azab

    [Reply]

Leave a Reply