Dana Sedikit Prestasi Melejit, Mampukah?

dikirim: Purnomo, fphoer_ring@yahoo.com

6.5 Milyar merupakan dana yang akan digunakan Persibo untuk mengarungi ketatnya kompetisi sepak bola Divisi Utama tahun 2009/2010, yang menurut rencana akan digelar mulai bulan Oktober 2009. Jumlah anggaran tersebut dirasa cukup sedikit jika harus dipakai buat menutupi seluruh biaya operasional terkait dengan kebutuhan tim.

Uang sebesar itu harus dipakai untuk gaji pemain, pelatih, akomodasi, dll. Sehingga manajemen Persibo dituntut harus mampu mengatur kondisi keuangan yang ada secara efektif dan efisian, dengan begitu, maka segala keperluan yang dibutuhkan oleh tim akan dapat terpenuhi. Apabila semua kebutuhan yang ada tidak dapat dipenuhi oleh manajemen, mustahil musim depan laskar Angling Dharma akan memiliki prestasi yang lebih baik dari musim sebelumnya.

Namun demikian, anggaran yang akan dikucurkan lewat hibah dari KONI ini sampai sejauh ini belum dapat dipastikan kapan bisa dicairkan, hal inilah yang menyebabkan manajemen belum berani bergerak untuk merekrut pelatih sekaligus pemain. Sehingga persiapan tim kebanggaan masyarakat Bojonegoro menjadi sedikit tersendat.

Seperti diketahui pada musim lalu dengan dana sekitar 12 M, Persibo mampu lolos babak delapan besar gelaran Copa Dji Sam Soe Indonesia dan mampu finish pada urutan keenam kompetisi sepak bola Divisi Utama wilayah Timur. Sekarang pertanyaannya mampukah Persibo meraih prestasi maksimal dengan besaran dana yang minimal?

Salah satu Boromania yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, “Meski dengan anggaran sedikit diharapkan Persibo mampu berprestasi, sehingga Persibo dan Bojonegoro akan semakin dikenal dipenjuru Nusantara”. Selain itu juga berharap agar kasus penyelewengan dana yang terjadi pada musim sebelumnya jangan sampai terulang, karena apabila hal itu sampai terjadi nasib Persibo akan semakin mencengangkan.