Dana Tak Cair, Pemain Tak Gajian

Menjelang bergulirnya kompetisi Divisi Utama sisa dana Persibo Bojonegoro yang berupa hibah dari KONI sebesar Rp 5 Milliar tidak bisa dicairkan. Sebab KONI sendiri menganggap dana tersebut tidak bisa dicairkan sesuai Peraturan menteri Dalam Negeri nomor 59 tentang larangan penggunaan dana APBD unutk klub sepak Bola Profesional.

Padahal saat ini pihak pemkab sendiri yang dipimpin Bupati Bojonegoro Suyoto dan wakil Bupati Setyo Hartono sudah bertemu dengan manajemen Persibo Bojonegoro serta KONI yang diwakili ketua hariannya Taufiq. Pertemuan itu sendiri dilangsungkan di ruang kerja Bupati kemarin siang.

“Secara prinsip kita siap mencairkan dana asalkan ada pengajuan dari KONI,” kata Bupati Bojonegoro Suyoto. Alasannya menurut dia sesuai dengan peruntukannya dana hibah bagi Persibo dilewatkan melalui KONI untuk selanjutnya diberikan Persibo.

Namun saat itu ketua harian KONI Taufiq menolak mengajukann. Alasannya tidak ada yang bertanggung jawab terhadap penggunaan dana tersebut. “Apalagi aturan Mendagri kan jelas klub profesional tidak bisa didanai APBD,” tegasnya.

Sementara menurut Abdul Mun’im yang bertanggung jawab adalah manajemen Persibo bahkan pihaknya siap jika memang yang mengelola uang adalah KONI dan manajemen tinggal mengajukan. Bahkan Mun’im juga menjelaskan bahwa sebelumnya uang sudah cair sebagian dan tinggal mengikuti yang ada saja. “Apalagi ini kan bukan hibah kepada Klub Persibo tapi KONI ya penggunaannya kan terserah KONI,” tegansnya.

Sementara itu asisten manajer Persibo bidang teknis menjelaskan Persibo membutuhkan dana segar segera. Sebab Minggu ini sudah harus berangkat ke Surbaya dan Manokwari untuk pertandingan. Karena itu minimal harus ada talangan,” tegasnya

Menanggapi hal tersebut Bupati Bojonegoro Suyoto akhirnya memberikan dana talangan bagi keberangkatan Persibo saja. Namun dia meminta agar KONI berpikir ulang terkait hal tersebut dan membicaraknnya dengan manajemen Persibo. “Intinya kita siap mencairkan gak ada masalah,” tegasnya.

Hanya akibat tidak cairnya dana tersebut para pemain Persibo harus bersabar. Sebab meski sudah memasuki pergantian bulan namun para pemain belum akan menerima gaji. “Selain gaji kebutuhan lain juga kita tahan dulu karena uangnya memang belum ada,” ungkapnya. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)

One Response to “Dana Tak Cair, Pemain Tak Gajian”

  1. aziz
    August 3, 2008 at 9:19 pm #

    aduhhh kasian bgt neee, ada yang mau jadi donatur ngga?

    [Reply]

Leave a Reply