Didenda Akibat Ulah Suporter

Manajemen Persibo Bojonegoro, Jawa Timur dikenai sanksi denda sebesar Rp25 juta akibat ulah suporter yang dinilai tidak simpatik dalam pertandingan antara Persibo melawan Persipasi Bekasi di Stadion Delta Sidoarjo.

“Kami baru saja menerima surat pemberitahuan sanksi denda dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI,” kata Asisten Manajer Bidang Teknis Persibo Bojonegoro, Imam Sardjono, Rabu.

Sanksi denda Rp25 juta tersebut berdasarkan surat keputusan Komdis PSSI yang diterima melalui faksimil dengan nomer 58/KEP/KD/DU-XV/V-10 tertanggal 18 Mei dengan ditandatangani langsung oleh Ketuanya, Hinca IP Panjaitan.

Dalam surat itu disebutkan, ketika pertandingan terbukti pendukung Persibo bertingkah laku buruk dengan melakukan tindakan tidak sportif.

Tindakan itu salah satunya adalah berupa nyanyian yang bernada melecehkan perangkat pertandingan yang sedang bertugas, sehingga Persibo harus bertanggung jawab.

Hukuman yang diberikan adalah membayar denda Rp25 juta dan batas akhir pembayaran pada tanggal 16 Juni 2010. “Kalau kami tidak membayar, maka kami bisa kena tambahan denda dan keputusan ini tidak bisa dimohonkan banding,” katanya.

Secara terpisah, Presiden Boromania Bojonegoro, Basar menyatakan, pihaknya berjanji akan lebih tertib dalam mendukung Persibo.

“Sebenarnya, sejak awal para suporter Persibo sudah diminta tertib dalam memberikan dukungan, namun mereka terpancing kepemimpinan wasit, akhirnya para suporter Persibo berulah. Cara kepemimpinan wasit itulah yang memicu ulah Boromania,” katanya.

Dia menambahkan, dalam pertandingan melawan Persidafon Dafonsoro, suporter Persibo yang berangkat minimal 30 bus.

“Kami sudah sepakat untuk lebih tertib dalam memberikan dukungan,” katanya.(antara)