Digelar Sesuai Jadwal

Badan Liga Indonesia (BLI) berusaha konsisten untuk menyelenggarakan kompetisi divisi utama sesuai jadwal yang telah disusun. Menurut Joko Driyono, direktur kompetisi BLI, kompetisi divisi utama tahun ini tetap akan digelar 26 Juli mendatang.

Pada tahun ini, kompetisi divisi utama bakal dibagi menjadi tiga grup. Yakni, grup barat, grup tengah, dan grup timur. ”Sementara pembagian grupnya sesuai dengan pertimbangan geografis,” tutur Joko.

Dari tiga grup tersebut, lanjut dia, dua tim teratas lolos ke babak delapan besar bersama dua tim berperingkat tiga terbaik. ”Sistem pertandingan per grup adalah sistem kompetisi penuh,” imbuhnya.

Pada babak delapan besar, bakal dibagi dua grup. Tim peserta babak ini bertanding secara home tournament di dua tempat. Dari masing-masing grup babak delapan besar tersebut, hanya dua tim teratas yang lolos ke babak semifinal. ”Dan juara pertama sampai tiga langsung lolos ke superliga,” jelasnya.

Untuk peringkat keempat, kata Joko, masih tetap diberi harapan lolos ke superliga. Namun, tim tersebut harus lolos dari playoff ketika melawan peringkat 15 di klasemen akhir superliga. Jika menang, maka tim tersebut bisa promosi. Namun, jika kalah, maka tim itu harus tetap berada di divisi utama tahun depan.

Bagaimana dengan degradasi tim divisi utama? Joko menjelaskan, dua tim peringkat terbawah di masing-masing babak penyisihan grup akan langsung terdegradasi ke divisi I. Berdasarkan rencana BLI, nantinya ada delapan tim yang terdegradasi dari divisi utama. ”Namun kami masih godok semua mana yang terbaik dan akan dijelaskan di manager meeting pada pertengahan Juli nanti,” ujarnya.

Yang jelas, tutur Joko, superliga maupun divisi utama tetap digelar sesuai jadwal. Sebab, jika mundur, maka konsekuensinya baru dua pertandingan digelar sudah libur Ramadan. ”Dan itu kan sangat tidak nyaman sekali,” katanya.

Bagaimana dengan pengisian kekosongan dua tim superliga yang dicoret karena dianggap tak memenuhi syarat? Menurut Joko, Senin nanti sudah ada keputusan siapa tim pengganti Persmin Minahasa dan Persiter Ternate. Namun, dia enggan berkomentar saat disodorkan sejumlah klub yang berpeluang menggantikan dua tim tersebut. ”Nanti saja. Kalau saya pinginnya malah Persibo,” katanya sambil tertawa. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)

One Response to “Digelar Sesuai Jadwal”

  1. dons
    June 11, 2008 at 11:08 am #

    susah dipercaya !!!! , nanti pada saatnya pasti mencla mencle lagi. Promosi Degradasi di Liga Indonesia gak pernah jelas.

    [Reply]

Leave a Reply