Ditangkap tapi Tidak Dipolisikan

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Jalannya laga yang sempat memanas membuat aparat keamanan mengamankan asisten pelatih penjaga gawang Persema Malang Hendri Subagyo. Namun, Hendri tidak sampai dibawa ke polisi. Hendri diamankan karena dia memukul dan melempari muka asisten wasit Suyanto dengan pasir.

“Kita menunggu dari pengawas pertandingan bagaimana,” kata Kabag Ops Kompol Suharyono yang memimpin pengamanan dalam laga Persibo versus Persema kemarin (9/3). Menurut dia, semua tergantung pengawas pertandingan, karena hal itu terjadi di lapangan.

Pengawas pertandingan Persibo melawan Persema Yan Karyoso menjelaskan, masalah ini tidak akan dibawa ke polisi. Sebab, hal itu sangat biasa terjadi di lapangan. “Meskipun tadi (kemarin, Red) ada pemukulan yang dilakukan ofisial Persema,” terangnya.

Dia mengaku telah meminta pihak keamanan menjaga keselamatan seluruh rombongan tim Persema. Meski demikian, lagi-lagi dia mengatakan yang terjadi kemarin adalah hal yang biasa. “Nggak ada masalah, semua kami anggap lancar,” paparnya.

Sementara itu, begitu laga selesai aparat keamanan langsung mengamankan seluruh wasit. Bahkan, beberapa ofisial Persema yang sempat mendekati wasit, langsung dicegah.

Aparat pun dengan sigap membawa wasit keluar stadion.

Untuk mengendalikan situasi, beberapa saat setelah pertandingan tim Persema sempat tertahan selama 30 menit di Stadion Letjen H. Soedirman. Apalagi, saat itu sempat terjadi insiden di lapangan seusia pertandingan.

Insiden itu bermula saat Pelatih Persema Subangkit berjalan berkeliling di sekitar meja wasit cadangan. Saat itu, dia menunjukkan beberapa batu. Subangkit juga terlibat adu mulut dengan Boromania, sehingga menyebabkan aksi saling dorong. “Kamu jangan minta batu ini. Ini bukti,” teriak Subangkit sambil berlindung di balik aparat keamanan.

Aparat pun sigap dan meminta seluruh pemain dan ofisial tim Persema untuk ke tengah lapangan. Bahkan, aparat membuat lingkaran untuk melindungi tim Persema. Baru sekitar pukul 18.00 rombongan tim Persema keluar dari stadion dengan pengawalan ketat aparat keamanan. (ade)
(Radar Bojonegoro)