Ditangkap tapi Tidak Dipolisikan

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Jalannya laga yang sempat memanas membuat aparat keamanan mengamankan asisten pelatih penjaga gawang Persema Malang Hendri Subagyo. Namun, Hendri tidak sampai dibawa ke polisi. Hendri diamankan karena dia memukul dan melempari muka asisten wasit Suyanto dengan pasir.

“Kita menunggu dari pengawas pertandingan bagaimana,” kata Kabag Ops Kompol Suharyono yang memimpin pengamanan dalam laga Persibo versus Persema kemarin (9/3). Menurut dia, semua tergantung pengawas pertandingan, karena hal itu terjadi di lapangan.

Pengawas pertandingan Persibo melawan Persema Yan Karyoso menjelaskan, masalah ini tidak akan dibawa ke polisi. Sebab, hal itu sangat biasa terjadi di lapangan. “Meskipun tadi (kemarin, Red) ada pemukulan yang dilakukan ofisial Persema,” terangnya.

Dia mengaku telah meminta pihak keamanan menjaga keselamatan seluruh rombongan tim Persema. Meski demikian, lagi-lagi dia mengatakan yang terjadi kemarin adalah hal yang biasa. “Nggak ada masalah, semua kami anggap lancar,” paparnya.

Sementara itu, begitu laga selesai aparat keamanan langsung mengamankan seluruh wasit. Bahkan, beberapa ofisial Persema yang sempat mendekati wasit, langsung dicegah.

Aparat pun dengan sigap membawa wasit keluar stadion.

Untuk mengendalikan situasi, beberapa saat setelah pertandingan tim Persema sempat tertahan selama 30 menit di Stadion Letjen H. Soedirman. Apalagi, saat itu sempat terjadi insiden di lapangan seusia pertandingan.

Insiden itu bermula saat Pelatih Persema Subangkit berjalan berkeliling di sekitar meja wasit cadangan. Saat itu, dia menunjukkan beberapa batu. Subangkit juga terlibat adu mulut dengan Boromania, sehingga menyebabkan aksi saling dorong. “Kamu jangan minta batu ini. Ini bukti,” teriak Subangkit sambil berlindung di balik aparat keamanan.

Aparat pun sigap dan meminta seluruh pemain dan ofisial tim Persema untuk ke tengah lapangan. Bahkan, aparat membuat lingkaran untuk melindungi tim Persema. Baru sekitar pukul 18.00 rombongan tim Persema keluar dari stadion dengan pengawalan ketat aparat keamanan. (ade)
(Radar Bojonegoro)

32 Responses to “Ditangkap tapi Tidak Dipolisikan”

  1. sawunggaling DC
    March 9, 2009 at 7:19 am #

    Yang pertama mulai tuh official n pemain persema…. Boromania nggak menyakiti kalau kalian tak mulai dulu..
    TAMU KURANG AJAR!!!

    [Reply]

  2. [boboholic]
    March 9, 2009 at 7:55 am #

    Kita liat aja apa yang bakal di lakukan komdis

    [Reply]

  3. Khoin
    March 9, 2009 at 8:01 am #

    Ooo katrok..n’ klah y0 d trim0, maen ko’ pngen mnang trus…

    [Reply]

  4. Sanun
    March 9, 2009 at 8:17 am #

    Ojo kepancing amarah persibo saiki ws apik dadine suportere yo kudu ndukung seng apik. Engko nek rusoh teros sok apan majune. Yo kabeh kuwi dolore dewe.

    [Reply]

  5. rizal
    March 9, 2009 at 9:54 am #

    Sebenarnya BOROMANIA sangat sabar,Akan tetapi kejadian kemarin memang membuat para BOROMANIA tidak bisa bersabar lagi…..PERSEMA memang BANGSAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTT……Apalagi Penjaga Gawangnya…..

    [Reply]

  6. fanta
    March 9, 2009 at 10:26 am #

    selamat atas kemenangan persibo..

    [Reply]

  7. dias bonero
    March 9, 2009 at 11:36 am #

    Untuk masy Bojonegoro + Boromanianya bila menjamu (tuan rumah) nggak usah menteror tamunya ingat bahwa kita nanti juga akan menjadi tamu (bermain tandang). Sikap yang dilakukan Official/Asistant+pelatihnya tidak usah ditiru. Kita juga harus intruspeksi bahwasannya kita belum menjadi tuan rumah yang baik, Itu semua menjadi pengalaman buat kita untuk nantinya bisa sedikit berpikir lebih dewasa. Kami bangsa Indonesia sebenarnnya ingin sepakbola kita maju hingga nanti mampu berbicara pada tingkat dunia, maka dari itu kita masy Bojonegoro+Boromania ingin Persibo menjadi pelopor sepakbola yang baik sportif dan fairplay ditanah air. Ayo!! bangkitlah Persibo dengan semangat pelopor sportifitas!! majulah Persibo!! majulah persepakbolaan tanah air.

    [Reply]

  8. aanzp
    March 9, 2009 at 12:44 pm #

    saya sudah menduga sbelumnya. coz pada waktu uji lapangan pada hari sabtu lusa pelatih persema sudah adu mulut dengan penonton yg menyaksikan langsung uji lapangan tim persema di stadion. Ada salah satu penonton yg sengaja mengolok2 dg kata “persema danc……k dibunuh saja”.sketika itu pelatih subangkit langsung menghampiri orang tersebut. lama kelamaan smua penonton terprofokasi atas kjadian itu. sampai2 Nama kaos yang dipakai pelatih subangkit bertuliskan (SB) diejek ma smua penonton dg sbutan
    Silet Bosok.
    NAh……………………………..belum tanding aja sudah geger,terjadi bner khan waktu pertandingan……….?

    [Reply]

  9. apri BORO KALTIM
    March 9, 2009 at 12:48 pm #

    Subangkit katrok luu. . . . . . .

    @all

    Pye mau gatheringe n futsale rame ga??
    Spo ae sing jebol gawange mas athur Hee

    [Reply]

  10. SYARIEF
    March 9, 2009 at 1:03 pm #

    @ apri
    athur tak bobol 2 gol mas, mari iku aq dadi koncone dadi yo gak bobol maneh.

    [Reply]

  11. tono
    March 9, 2009 at 2:41 pm #

    @All
    SIng sareh………

    [Reply]

  12. en4l
    March 9, 2009 at 3:28 pm #

    semoga saja persibo n panpelnya g dapat sangsi….

    batu yg di bawa subangit kmr sharusnya direbut trus dilempar dimukanya subangkit…hehehehe

    [Reply]

  13. Asror saifudin (batokan)
    March 9, 2009 at 4:00 pm #

    Maju truss persibo….rbut posisi pertama dr persema
    Q bngga dgn persibo….maju truss

    [Reply]

  14. Mas Oon
    March 9, 2009 at 4:00 pm #

    “Pengawas pertandingan Persibo melawan Persema Yan Karyoso menjelaskan, masalah ini tidak akan dibawa ke polisi. Sebab, hal itu sangat biasa terjadi di lapangan. “Meskipun tadi (kemarin, Red) ada pemukulan yang dilakukan ofisial Persema,” terangnya.

    Dia mengaku telah meminta pihak keamanan menjaga keselamatan seluruh rombongan tim Persema. Meski demikian, lagi-lagi dia mengatakan yang terjadi kemarin adalah hal yang biasa. “Nggak ada masalah, semua kami anggap lancar,” paparnya.

    Sebagai warga Bojonegoro dan pendukung PERSIBO yang baik, saya sangat tidak sependapat dengan statement Pengawas Pertandingan. Dia awal statement ada penegasan bahwa telah terjadi pemukulan oleh ofisial Persema, tetapi di statement lanjutana ada pernyataan bahwa itu adalah nggak masalah, dan dianggap lancar-lancar saja.

    Sebagai pihak yang bertanggungjawab atas kelancaran pertandingan, sebaiknya statement yang keluar bukannya opini yang bermaksud “menyelamatkan kinerja” anda sebagai pengawas pertandingan.

    Apakah bisa dimaklumi, kalo pemukulan itu hal yang biasa??
    artinya kalo ada pemukulan maka itu SAH sebagai kondisi yang “lancar”??

    Please dong Pak, jangan membuat opini massa yang seolah-olah menghalalkan tindakan pemukulan.

    Apakah perlu campur tangan MUI untuk membuat fatwa HARAM untuk tindakan pemukulan???

    Untuk saudara-saudaraku Boromania di seluruh jagad raya, serta family sesama pecinta sportifitas sepakbola dimanapun anda berada. Mari kita junjung tinggi sportifitas dan kedewasaan dalam memberikan dukungan kepada tim kesayangannya masing2…

    [Reply]

  15. dias bonero
    March 9, 2009 at 4:19 pm #

    @mas Oon saya sependapat dan setuju sekali, siapapun yang bersalah itu harus ditindak masalahnya hukum dinegeri kita ini memang perlu kerja keras untuk menegakkannya kalau hukum ini tegak jelas akan membuat efek jera.

    [Reply]

  16. Sanun
    March 9, 2009 at 5:33 pm #

    Seng wes yowes iki digawe peljran, seng penteng saiki kabeh boromania kudu dewasa jadilah suporter seng santun dan mendukung dadekno boro mania suporter seng apik n patut di contoh bg suporter lain ok. Par supar kon gak mudik ta?

    [Reply]

  17. Aa Gimin
    March 9, 2009 at 7:42 pm #

    Walah….nak mukul ora dadi masalah and hal biasa neng lapangan….laopo wingi subangkit gak dikeprok kursi wae…..???

    berarti sok nak persibo kenek sangsi goro2 penontone ngempar pemain, yo ndang ayo dprotes ae….”jare ngunuki hal yang biasa” iya gak…………???

    [Reply]

  18. Aa Gimin
    March 9, 2009 at 7:46 pm #

    wah mau futsal seru banget…sayang aku nguantuk plus nak maen “nyeker” pisan, dadi yow…..????

    [Reply]

  19. cak mad
    March 9, 2009 at 9:24 pm #

    awak dewe termasuk penikmat sepakbola cantik zonder kerusuhan…
    persibo vs persema kemarin rasane “eman” kalo berakhir rusuh apalagi nek sampe persibo kenek sangsi…ojo sampik, rek !!!
    kekhawatiran iki terus terang “ngganjel” nang ati…
    perjuangan persibo wis gak karu-karuan alias wis entek akeh…
    sak no po’o nang pemain, pengurus n para donatur sing terus “jungkir balik” berjuang…
    terlepas dari siapa yg memicu, jadikan sepakbola sbg. olahraga yg menghibur…
    BRAVO BOROMANIA, MAJU TERUS PERSIBO…!!!

    [Reply]

  20. TuKul
    March 9, 2009 at 9:42 pm #

    Persibo Menang terus,RUSUH G RUSUH yang penting MENANg.

    Ayo PERSIBO!!!!!!!!!!!!!!!!
    Bantai Semua MUSUH-MUSUHmu.
    g perlu d Belaskasiani, SASAK kabeh.

    [Reply]

  21. [boboholic]
    March 9, 2009 at 9:47 pm #

    Apakah perlu
    Reformasi organisasi boromania?

    Maaf jika aku harus ungkapkan di forum ini
    Karna begitu mengganjal dihati

    Karna faktanya

    -organisasi boromania dipimpin oleh orang orang tua dgn pemikiran kolot dan gak ada kreatifitasnya
    -mempunyai 3 dirijen yg ga bisa memimpin boromania
    -gerakan dan lagu2nya monoton gitu-gitu aja dari dulu sampe skrg
    -mulai jadi kendaraan politik para caleg

    Mohon maaf bila tdk sesuai dan menyinggung hati pembaca

    [Reply]

  22. Sanun
    March 9, 2009 at 9:49 pm #

    Aku setuju karo cak mad forza persibo

    [Reply]

  23. OZonE
    March 9, 2009 at 9:49 pm #

    AYI KONCO-KONCO dukung terus PERSIBO.
    AKU dari persatuan SREDEX’s mania dari BOCAH-bocah SAMPANG-Temayang.
    yang selalu mendukung setiap perjuangan LASKAR ANGKLING DHARMO.

    JAYA TERUS PERSIBO,ANAK sampang selalu MENDUKUNGMu.

    [Reply]

  24. [boboholic]
    March 9, 2009 at 9:52 pm #

    -punya korwil yang ga jlas keberadaanya

    [Reply]

  25. OZonE
    March 9, 2009 at 9:55 pm #

    yo emang ngunu iku,KITA sebagai generasi muda Harus iso memberikan DOBRAKAN_DOBRAKAN yang baru,jangan cuman ngekor nok mburi ae.
    sudah saatnya kita bergerak maju kedepan dan memberikan citra yang baik kepada seluruh rakyat INDONESIA kalo persibo bener-bener bangun dan berkembang dari KETERBATASAN.

    AYO BERSATU DEMI KEMAJUAN PERSIBO!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SETUJU??????????????????????

    [Reply]

  26. OZonE
    March 9, 2009 at 10:00 pm #

    lha piye bro?
    opo perlu di demo ae korwile.
    di copot ae yen gelek-ngeleki tok.

    piye penake?

    [Reply]

  27. dias bonero
    March 9, 2009 at 10:11 pm #

    @[boboholic] kalo gitu perlu itu, karena Persibo+boromania itu milik masy ya harus independent donk dan tak boleh di politisir, pengurus yg duduk di jabatan itu bukan jabatan politis tapi itu termasuk jabatan publik (masyarakat Bojonegoro}

    [Reply]

  28. OZonE
    March 9, 2009 at 10:26 pm #

    aaaaaaaaaaaaaaayyyyyyyyyyyyyyyyyooooooooooooooooooooooo………………………….

    [Reply]

  29. Aa Gimin
    March 10, 2009 at 12:20 am #

    @ Bobo

    bner bo, sbaiknya diperlukan perombakan pengurus, baik di panpel maupun di organisasi boromania sendiri, kalau di biarkan begini, boromania gak ada majunya…
    punya dirijen banyak, tapi gak bisa ngatur para boromania, sebenarnya kalau dirjennya asyik pasti boromania mau ikut nyanyi bersama,
    kita liht aja suporter arema, biarpun jenggotnya udah beruban, dia masih mau ikut bernyanyi dan bersorak, kalau kita …????

    [Reply]

  30. Andie2x lumut
    March 10, 2009 at 5:56 am #

    @bobo
    bener bo sing paling tak GELONI,JEMBRUONG,GETUNI,GETINGI yo kuwi boromania d jadikan POLITIK bwt kampanye CALEG…
    Boromania klo gini akan rusak..Sak..Sak
    harus da perombakan total..Pilih yg NETRAL g da urusan dg politik… jANGAN JADIKAN BOROMANIA SEBAGAI LADANG STRATEGIS UNTUK MENDAPATKAN SUARA DALAM PEMILU CALEG,Tindak tgas masalah korwil yg menjual tiket suporter ke calo..

    [Reply]

  31. aanzp
    March 10, 2009 at 7:53 am #

    damai bersaudara. boromania jangan sampai di skors sperti arema. q harap official persema yang dihukum

    [Reply]

  32. Didi
    March 10, 2009 at 8:33 am #

    NDESO

    [Reply]

Leave a Reply