Dua Opsi untuk Lini Belakang

Pelatih Persibo Bojonegoro Sartono Anwar masih mencari formasi terbaik guna mengisi lini belakang yang ditinggal sejumlah pilarnya. “Saat ini memang ada beberapa pemain yang bisa dioptimalkan guna mengisi lini belakang,” kata Sartono Anwar, kemarin (15/3).

Dia menuturkan, sampai saat ini pihaknya masih belum menentukan bagaimana format pengisian lini belakang yang ditinggal absen tiga pilar. Yang pasti, di posisi belakang tinggal menyisakan Joko Sugiarto. Namun, masih diperlukan satu pemain lagi untuk mendampingi Joko. “Kalau untuk itu, kita ada dua pilihan,” terangnya.

Pilihan pertama, lanjut Sartono, menempatkan Modestus, pemain baru Persibo, yang sama sekali belum pernah diturunkan di lini belakang. Pilihan itu darurat, karena posisi asli Modestus adalah gelandang. Namun, Modestus bisa bermain di stoper karena awalnya dia seorang stoper.

Pilihan kedua, kata Sartono, menetapkan Victor da Silva di posisi stoper. Opsi ini juga spekulatif, meski Victor sebelumnya juga berposisi sebagai stoper. “Saat Slamet Sampurno dikartu merah dan Aris Tuansyah cedera, saat melawan PSIM, Victor juga menjadi stoper,” terangnya. Karena itu, dia mengaku akan memantau perkembangan pemain selama beberapa hari ini. Yang pasti, dua pemain tersebut mau tidak mau tetap harus dioptimalkan.

Seperti diberitakan, lini belakang Persibo dalam kondisi gawat saat meladeni PSBI Blitar 18 Maret nanti di Stadion Letjen H. Soedirman. Setelah Steven Eko cedera lama, selama melawan PSIM, Aris giliran cedera hamstring. Selain itu, Slamet Sampurno juga terkena kartu merah dan dipastikan absen saat melawan PSBI.

Sementara itu, kemarin sore para pemain Persibo mulai menjalani latihan rutin di Stadion Letjen H. Soedirman setelah libur sehari. Semua pemain yang fit hadir. Aris Tuansyah dan Steven Eko masih absen karena cedera. “Memang sudah agak baikan, tapi belum bisa diturunkan dalam laga nanti,” ujar Asisten Pelatih Persibo Bambang Pramuji. (ade/jpnn)s