Dukung Persibo Kapanpun Dan Dimanapun

Penulis : Purnomo, fphoer_ring@yahoo.com

Prestasi kesebelasan Persibo akhir-akhir ini memang cukup membanggakan sehingga pendukung fanatiknya yang menamakan dirinya dengan sebutan Boromania selalu memadati stadion kebanggaan masyarakat Bojonegoro untuk mendukung tim kesayangannya berlaga, bahkan ketika Persibo bertanding di luar Stadion Letjedn Soedirman pun banyak Boromania yang meluangkan waktunya untuk bisa mendampingi Laskar Angling Dharma bertanding.

Pertanyaannya, akankah loyalitas tanpa batas yang ditunjukkan oleh Boromania dalam mendukung tim kesayangannya dapat dipertahankan sepanjang masa? Mungkin hanya waktu yang dapat menjawabnya.

Kalau kita cermati loyalitas suporter yang ada di Indonesia dalam mendukung kesebelasannya adalah berbanding lurus dengan prestasi yang digapai oleh klub dalam mengarungi roda kompetisi. Sebut saja PSIS Semarang (SNEX), Gresik United (Ultras), PSS Sleman (Slemania), Persis Solo (Pasoepati), Persekabpas Pasuruan (Sakeramania) dan lain-lain. Ketika masih memiliki prestasi yang membanggakan hampir dipastikan setiap tim pujaannya berlaga, stadion akan dipadati oleh ribuan suporter fanatiknya. Tetapi bagaiamana dengan sekarang? Ketika prestasi kesebelasannya tak seindah dulu kala pendukungnya perlahan mulai meninggalkannya.

Akankah Persibo juga akan mengalami nasib yang sama? Yaitu ditinggalkan pendukung fanatiknya karena tidak memiliki prestasi yang luar biasa?

Sebagai Boromania tentunya kita tidak ingin memiliki nasib yang sama dengan tim-tim yang pernah berjaya tetapi sekarang sudah tidak terdengar lagi gaungnya

Hal itu mungkin tidak akan menimpa Persibo apabila Boromania memiliki Visi ke depan yang jelas dan mampu menjalankan manajemen suporter yang profesional. Sekarang tinggal bagaimana DPP Boromania melakukan koordinasi, sosialiasi, dan evaluasi dengan Korwil-korwil yang ada di wiliyahnya demi mempertahankan eksistensinya. Dan kita juga mesti sadar bahwa di dunia ini tidak ada yang abadi sehingga apapun prestasi yang diperoleh Iswandi Da’I dkk sekarang atau kelak dikemudian hari apresiasi harus tetap kita berikan padanya.