Enam Tim Ajukan Tuan Rumah

Babak Delapan Besar, Diumumkan Selasa
Yang bakal menjadi tuan rumah babak delapan besar Divisi Utama musim 2009-2010 segera diketahui. PT Liga Indonesia (PT LI) akan mengumumkannya Selasa depan (6/4).

Joko Driyono, CEO PT LI, mengungkapkan bahwa ada enam tim yang secara resmi mengajukan sebagai tuan rumah. Mereka adalah Deltras Sidoarjo, Persibo Bojonegoro, Persiba Bantul, Persipasi, Persiram Raja Ampat, dan Semen Padang. “Jika tidak ada perubahan, Selasa kami umumkan,” kata Joko.

“Sekarang tengah ditelaah dua klub yang paling memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah babak delapan besar,” sambungnya. Joko menegaskan, PT LI hanya akan memilih tuan rumah yang paling memenuhi syarat agar babak delapan besar berjalan dengan maksimal.

Untuk menjadi tuan rumah, klub-klub yang masuk delapan besar harus memenuhi beberapa syarat. Di antaranya, punya stadion yang dilengkapi lampu penerangan karena akan ada pertandingan pada malam. Calon tuan rumah juga harus bisa menyiapkan stadion pendamping, lapangan latihan yang representatif, dan penginapan (hotel) yang memadai.

Di antara enam klub yang mengajukan diri menjadi tuan rumah itu, tidak semua memiliki syarat-syarat tersebut. Persipasi dan Persibo misalnya. stadion mereka hingga saat ini tidak memiliki lampu penerangan. Tapi, langkah antisipasi sudah dilakukan.

Persipasi sudah menyiapkan Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Kuningan, yang musim ini digunakan sebagai kandang Persitara sebagai ajang untuk mengadakan babak delapan besar jika diberi kepercayaan. Sementara itu, Persibo menyiapkan Stadion Surajaya Lamongan (markas Persela) dan Stadion Petrokimia Gresik (markas Gresik United).

“Kami sudah siap segala-galanya jika diberi kepercayaan menjadi tuan rumah babak delapan besar,” ujar Tjandra Utama, manajer Persipasi.

Deltras Sidoarjo juga menyatakan sudah bersiap diri menjadi tuan rumah yang baik. “Sekarang kami tinggal menunggu pengumuman dari PT LI,” kata Ayu Sartika Virianti, manajer Deltras Sidoarjo. Menurut Ayu, jika dibandingkan dengan tim-tim lain yang mengajukan diri, Deltras memiliki fasilitas yang lebih komplet. (ali/c6/ko/jpnn)