Format Divisi Utama 2009/2010

Kompetisi sepak bola Divisi Utama mendekati ideal. PT Liga Indonesia (PT LI) memastikan hampir seluruh tim bisa ambil bagian dalam pertarungan kasta kedua sepak bola tanah air tersebut.

Hanya PS Banyuasin, Sumatera Selatan, yang tak turut serta. Maka, akan ada 35 klub yang bertarung nanti. Mereka bakal dikelompokkan dalam tiga wilayah berdasar geografis home base klub, yang menjadi grup I, II, dan III.

“Grup I hanya akan diikuti 11 klub dan sisanya tetap 12 klub. Regrouping baru hari besok (hari ini, Red). Dengan hanya satu klub yang mundur, sudah ada gambaran untuk pembagian grupnya,” ujar Joko Driyono, CEO PT LI, di Jakarta, kemarin (29/9).

Grup I dihuni klub-klub yang berada di wilayah Sumatera, grup II Jawa TeĀ­ngah dan Jawa Timur, serta pada grup III klub-klub dari Jawa Timur, KaliĀ­mantan, Sulawesi, dan Papua.

Kemungkinan besar Persibo akan tergabung di grup III bersama tim-tim Jawa Timur seperti Deltras, PSBI, Persipro, Mojokerto Putra, Gresik United dan dua tim kuat dari timur Indonesia, Persidafon Dafonsoro dan Persiram Raja Ampat.

Format Kompetisi
Nanti pada babak pendahuluan itu, klub-klub tersebut melakoni pertandingan dengan sistem kompetisi penuh menggunakan format kandang dan tandang. Artinya, klub-klub yang sukses menjadi pemuncak klasemen dan runner-up grup serta dua tim yang berperingkat ketiga terbaik berhak melaju ke delapan besar.

Nah, pada babak delapan besar nanti, masih akan dikelompokkan dalam dua grup, yakni grup A dan B. Format kompetisi tak lagi menggunakan sistem kompetisi penuh, tapi hanya setengah kompetisi dan home tournament. Peringkat satu dan dua dari setiap grup akan melangkah ke babak empat besar. Juara dan runner-up grup itu akan bertemu secara silang di semifinal. Setiap pemenang bisa ke final.

Peringkat pertama sampai ketiga otomatis bakal menuju Indonesia Super League (ISL). Tim yang menduduki urutan keempat berpeluang ke ISL, asal bisa memenangi laga playoff kontra tim ISL yang nangkring pada posisi ke-15.

Joko Driyono juga memberi ancer-ancer waktu Divisi Utama mulai 25 Oktober atau paling lambat pekan kedua November. (vem/diq/jpnn)