Gagal Juarai Piala Walikota Madiun

Madiun Putra FC vs Persibo Bojonegoro: 1-1
Persibo Bojonegoro hanya bisa bermain imbang dengan Madiun Putra FC (MPFC) 1-1 dalam laga pamungkas Piala Walikota Madiun 2011 di Stadion Wilis Kota Madiun, Jumat (7/10/2011) malam.

Sejak peluit pertandingan ditiup oleh wasit, kedua tim langsung memeragakan permainan terbuka dengan tempo cepat. Hal ini membuat kedua tim, baik Madiun Putra maupun Persibo, sama-sama memiliki peluang untuk memjebol gawang lawan.

Persibo - Piala Walikota Madiun

Namun berkat kedisiplinan para pemain belakang membuat serangan yang dibangun selalu kandas dan belum membuahkan hasil.

Gol pertama pecah pada menit ke-42 dari laskar Angling Darmo yang berhasil menjebol gawang Madiun Putra melalui sundulan Rony. Sundulan lemah pemain bernomor punggung 6 ini tidak mampu diantisipasi dengan oleh Jupri yang berdiri dibawah mistar gawang Madiun Putra.

Tertinggal satu angka membuat tim tuan rumah meningkatkan serangan. Namun sayang tendangan dari para pemain Madiun Putra masih terbentur tembok pertahanan Persibo. Keunggulan satu gol untuk Persibo ini akhirnya bertahan hingga turun minum.

Serangan sporadis yang dibangun tim besutan Hanafi akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-77 melalui sundulan kepala Patrick Kaiyen. Gol pemain berkebangsaan Kamerun ini lahir dari kemelut di depan gawang Persibo.

Gol tersebut langsung disambut teriakan dan gemuruh dari arah tribun penonton yang dipenuhi “The Madmania” julukan suporter fanatik Madiun Putra. Kedudukan 1-1 ini bertahan hingga peluit panjang ditiup oleh wasit asal Magetan, Heru.

Pelatih Madiun Putra, Hanafi, usai pertandingan mengaku puas dengan permaian anak asuhnya meskipun ia sedikit kecewa dengan salah satu penyerangnya, Rico Bangun. Pemain bernomor punggung 10 ini dinilai bermain kurang maksimal.

“Secara keseluruhan pemain bermain dengan baik kecuali Rico yang memang permainannya menurun. Saya terpaksa menggantinya dengan pemain cadangan di babak kedua,” ujarnya.

Dengan hasil imbang ini, Madiun Putra berhasil merebut Piala Wali Kota Madiun dengan torehan empat poin dari dua kali pertandingan. Di tempat kedua Persibo Bojonegoro dengan dua poin, sementara Persiwa Wamena Papua berada di juru kunci dengan satu poin.

Seusai pertandingan, Ketua Pencab PSSI Kota Madiun Bambang Irianto menyempatkan diri menyerahkan piala kepada juara satu Madiun Putra dan juara dua Persibo Bojonegoro. Selain piala, juga diserahkan uang pembinaan kepada kedua tim.

“Saya bangga turnamen ini dapat berjalan lancar dan kondusif. Turnamen ini seklaigus sebagai turnamen pemanasan jelang kompetisi musim 2011/2012 bagi ketiga tim,” ujar Bambang yang juga menjabat sebagai Wali Kota Madiun. (*/antarajatim.com)