Gol Tunggal Wahyu Teguh Menangkan Persibo

Pertandingan menarik terjadi di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro malam ini. Dan akhirnya tuan rumah berhasil menekuk tim tamu dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal Laskar Angling Dharmo dicetak oleh Wahyu Teguh di menit 73. Gol ini merupakan hasil kolaborasi dengan Samsul Arif yang mendapat bola dari sayap kiri.

Pertandingan yang digelar malam hari di Stadion Letjen H Soedirman memang dipenuhi oleh pendukung Persibo, Boromania. Hampir seluruh sisi luar pagar pembatas lapangan dengan tribun penonton disesaki oleh pendukung Persibo yang tak kebagian tempat.

Sayangnya, dalam laga ini Wasit Saripudin banyak mengeluarkan kartu kuning. Bahkan, satu pemain Persija, Rinto Ali,  harus dikartu merah karena akumulasi dua kartu kuning. Sedangkan pemain Persija lainnya yang kena kartu kuning adalah Hamdi Ramdan, Tito Purnomo, dan Diego Michiel. Sedangkan dari Persibo diberikan kepada Wahyu Teguh yang mencopot jerseynya usai mencetak gol.

Jalannya pertandingan itu sendiri berlangsung cukup menarik hingga babak kedua berakhir. Bahkan Persija sudah mengancam sejak menit-menit awal. Di menit 2 kerja sama sayap Sansan dengan Diego Michiel berhasil dijinakkan oleh penjaga gawang Persibo Fauzi Toldo. Persija banyak mengandalkan serangan sayap kiri kolaborasi Hendra Bayaw, Sansan, dan Diego.

Di menit 14 sempat terjadi kemelut di depan gawang Persija. Jairon yang sudah di depan gawang mendapat umpan sepak pojok. Tapi bola berhasil diselamatkan penjaga gawang Persija Adriansyah.
Kemudian tendangan keras Jairon menit 20 hasil umpan Samsul Arif berhasil dijinakkan Adriansyah. Sayangnya, koordinasi pemain tengah Persibo kurang rancak.  Lexe Anderson kerap melakukan umpan salah umpan kepada rekan-rekannya.

Hanya saja Persibo lebih dominan dalam serangan sayap kanan. Kerja sama Aulia Tri Hartanto dan Bijahlil Calwa cukup merepotkan barisan belakang Macan Kemayoran, julukan Persija.  Sedangkan ancaman Persija juga datang dari Danilo Fernando di menit 33 tapi berhasil ditepis kiper Toldo. Demikian pula dengan tuan rumah. Tendangan Samsul Arif di luar kotak 16 tipis pinggir kiri gawang Persija. Hingga babak pertama berakhir skor masih 0-0.

Di menit 49 tendangan bebas dari Mekan Nasirov berhasil ditangkap penjaga gawang Persija. Sementara, tak lama kemudian, tendangan Samsul Arif masih berhasil ditepis oleh kiper tim tamu. Demikian pula kerja sama yang rancak Jairon dan Samsul Arif yang menyandang ban kapten masih gagal diselesaikan di menit 63. Sementara, serangan balik Persija berhasil digagalkan oleh Aang Suparman.

Di menit 73 terjadilah gol yang ditunggu-tunggu oleh pendukung Persibo. Kerja sama rancak Samsul Arif dengan Wahyu Teguh di sayap kiri berhasil mengecoh kiper Adriansyah. Bol yang mengalir menyentuh tiang gawang sebelum masuk ke jaring. 1-0 untuk Persibo.

Beberapa menit sebelum berakhir pertandingan, di menit 80, Rinto Ali harus diusir wasit karena melakukan pelanggaran. Sebelumnya ia terkena kartu kuning pertama. Hilangnya Rinto Ali membuat Persija tampil timpang. Mereka akhirnya tak bisa menyamakan kedudukan hingga akhir pertandingan.(Rizki Daniarto)

Susunan Pemain

Persibo: Fauzi Toldo (g), Leke Anderson, Aang Suparman, Aulia Tri Hartanto/ Edy Sibung Sukamto (66’), Hari Syahputra, Mekan Nasirov, Novan Setia, Jajang Paliama, Bijahil Calwa/ Wahyu Teguh (46’), Samsul Arif (c), Jairon Feliciano/ Syahroni (92)

Cadangan: Aditya Harlan, Sigit Meko, Wahyudi Hidayat, Edy Sibung Sukamto, Syahroni, Wahyu Teguh, Didik Tri

Pelatih: Paolo Camargo

Persija: Adriansyah (g), Hamdi Ramdan, Tito Purnomo, Chairil Rivan/ Liswanto (83’), Ferdi Mose/ Sedek Sanaki (77’), Danilo Fernando (c), Arfan Ari Wijaya, Diego Robby Michiel, Rinto Ali, Hendra Adi Bayaw/ Cornelis Gedi (86’), Sansan Fauzi

Cadangan: Aleksander Vtrski, Liswanto, Ahmad Arbain, Cornelis Gedi, Sedek Sanaki, Ahman Sopian

Pelatih: Jaya Hartono

(LP.co.id)