Gusnul Pimpin Langsung Latihan Fisik

Mulai hari ini hingga Rabu (16/7) tim Persibo Bojonegoro bakal menjalani latihan peningkatan fisik di Batu, Malang. Pelatih Gusnul Yakin sendiri yang akan memimpin latihan fisik tersebut.

Menurut Gusnul Yakin, program peningkatan fisik akan di-handle sendiri karena program yang ditawarkan oleh Ahmad Widodo, pelatih fisik dari Unesa Surabaya, kurang sesuai dengan pola di Persibo. “Karena sesuai itulah akhirnya saya ambil alih. Apalagi waktunya kan mepet,” katanya kemarin.

Dia menjelaskan, mulai sore ini para pemain diminta berkumpul di Batu. Selama di Batu mereka akan menginap di Hotel Asdi. “Saya rencanakan peningkatan fisik selama tiga hari mulai Senin sampai Rabu,” ujarnya.

Pria asal Malang itu mengungkapkan, saat perhelatan Liga Jatim beberapa waktu lalu sebenarnya fisik pemain sudah bagus. Sebab, dalam seminggu mereka harus jalani sampai empat kali pertandingan. “Sebenarnya dipertahankan saja sudah cukup. Namun, saya ingin lebih karena kompetisi (divisi utama) akan lebih ketat dibandingkan divisi satu musim lalu,” jelasnya.

Apa materi latihannya? Mantan pemain Arema Malang itu menjelaskan, selama di Batu para pemain akan diberi latihan fisik berupa cross country. Titik beratnya adalah lari di areal perbukitan yang naik turun. “Selain itu, latihan sprint (lari jarak pendek) dengan variasi bola juga kami akan terapkan,” bebernya.

Waktu tiga hari itu, tambah dia, cukup. Sebab, setelah itu Gusnul memprogramkan latihan sentuhan bola. Jika tidak, dikhawatirkan sentuhan bola pemain akan menjadi payah. “Dan waktu tersisa akan saya lakukan untuk meningkatkan kerja sama dan mengembalikan sentuhan bola,” imbuhnya.

Asisten Pelatih Persibo Bambang Pramuji menambahkan, saat menghadapi Persiku Kudus dalam uji coba di Stadion Willis Madiun lalu, kerja sama tim masih payah. Gol yang dicetak Persiku terjadi akibat kurangnya komunikasi lini belakang, meski hasil akhirnya adalah 1-1. Karena itu, kerja sama tim juga menjadi perhatian jajaran pelatih di waktu tersisa sebelum kompetisi diputar 26 Juli nanti. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)

No comments yet.

Leave a Reply